“WORLD FRIENDS INDONESIA-KOREA SOCIAL WORK STUDENT VOLUNTEER PROGRAMS” in Bandung & Pangalengan 11 January- 24 January 2011

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Alhamdulillah, nikmat Allah memang sungguh tak terkira. Awalnya aku sudah pesimis bahwa diri ini tidak akan bisa mengikuti kegiatan Kemah Bhakti bersama dengan 50 mahasiswa dari Chonbuk National University Korea Selatan di Pangalengan nanti. Tapi itulah, jalan Allah sungguh tak terduga, biaya Rp 300.000,- memang cukup memberatkan bagi mahasiswa seperti saya ini, oleh karena itu hingga pendaftaran ditutup, aku tidak mendaftarkan diri. Dan akhirnya pada hari Senin, 10 Januari 2011 kemarin, saya boleh mendaftar(berhubung ada teman yang tidak jadi ikut) dengan biaya Rp 200.000,- dan dipinjami dulu oleh Kak Alamsyah, mahasiswa cerdas dari Makasar yang berstatus Ikatan Dinas di kampus Bandung College of Social Welfare (BCSW) tercinta.

Bersambung,,,,, (^_^)

Ditulis pada hari Selasa Malam, 11 Januari 2011 di Bandung

****

Liputan Kemah Bhakti mahasiswa Social Work Korea-Indonesia Hari #1

Alhamdulillah, hari ini teman-teman mahasiswa dari Chonbuk National University tiba di kampus Bandung College of Social Welfare (BCSW) tepat pada pukul 04.30wib. Karena bertepatan dengan waktu sholat Shubuh, maka saya pun setelah berbincang-bincang beberapa menit, kemudian melanjutkan menuju masjid Al Ihsan BCSW untuk menunaikan ibadah sholat Shubuh. Setelah itu baru saya kembali bergabung bersama dengan teman-teman yang lain untuk menemani para mahasiswa dari Korea tersebut.

Sebelumnya, persiapan sudah lumayan panjang dan melelahkan. 4 orang mahasiswa BCSW melakukan penjemputan di Bandara Soekarno Hatta Jakarta dan berangkat dari sana menuju Bandung sekitar pukul 01.30wib. Nah, saya dan beberapa teman seperti Anto(ketua HMJ Rehsos STKS Bandung), Ocky, Uut, Kang Hanif, dan juga Lili tidur di Set MHJ Rehsos STKS Bandung sembari mempersiapkan berbagai hal untuk esok paginya. Alhamdulillah lancar dan kendala hanya pada air kamar mandi yang tidak keluar air nya saja.

Pada pukul 06.30wib, para mahasiswa Chonbuk National University diperkenankan untuk having a breakfast di ruang 1.6 hingga pukul 07.30wib, kemudian dilanjutkan pementasan alat musik tradisional Korea that called Khuga yang dimainkan oleh teman-teman Rehsos BCSW. Cukup meriah dan para mahasiswa Korea sangat senang dan kagum melihat mahasiswa kami bisa memainkan alat tradisional Korea. Acara selanjutnya adalah pembukaan oleh Pak Wawan (ketua BCSW) dan beberapa kata pengantar dari Pak Adi Fahrudin (BCSW) dan Prof. Choi (Chonbuk) dan Prof. Yun (Jeallonamdo Social Workers Association). Dan yang menarik adalah di sela-sela acara, teman-teman Rehsos menyuarakan lagu β€œHappy Birthday” untuk Pak Adi Fahrudin. Ya, ternyata hari ini, Rabu 12 Januari 2011 adalah hari Ulang Tahunnya Pak Adi Fahrudin. Selamat ulang tahun untuk Pak Adi dan semoga sehat serta sukses selalu, amiinn

Sekitar pukul 09.30wib akhirnya kami berangkat dari kampus BCSW menuju Pangalengan, tepatnya di Penginapan Malabar Desa Sukamanah. Kami sampai selepas waktu Dhuhur dengan dilanjutkan makan siang buatan mahasiswa Korea itu sendiri. Hmm,, nasi dengan oseng sayur berwarna merah, dan mie rasanya sama-sama pedaaassss hohohoho πŸ˜€ denger-denger sich menggunakan bubuk cabe gitu dech. Dan sore harinya pukul 15.30wib adalah acara penyambutan dan pembukaan acara kegiatan ini dari Kepala Desa Sukamanah, sekaligus memperkenalkan maksud dan tujuan dari kerjasama mahasiswa Korea-Bandung College of Social Welfare ini.

InsyaAllah esok hari agenda pertama adalah Kerja Bhakti di desa dan dilanjutkan dengan pengajaran bahasa Korea kepada anak-anak SD.

Salam semangat selalu

Ditulis di Penginapan Malabar, pada waktu maghrib tanggal 12 Januari 2011 di Desa Sukamanah Kecamatan Pangalengan.

By Muhammad Joe Sekigawa, Mahasiswa Diploma IV Jurusan Rehabilitasi Sosial

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung = Bandung College of Social Welfare

Comments
18 Responses to ““WORLD FRIENDS INDONESIA-KOREA SOCIAL WORK STUDENT VOLUNTEER PROGRAMS” in Bandung & Pangalengan 11 January- 24 January 2011”
  1. wah bikin jadi infill , gemes , pingin krtrmu sama orang2 luar negeri seperti korea

  2. Lili says:

    jokooo…aq merinding baca cerita kamu…
    T.T
    bikin aq makin kangen ngumpul2 lg…ngomong pake bhs.isyarat kalo ga tau bhs.inggrisx apa…ketawa bareng…joget2 bareng…and so pasti belajar bareng…

    • Hmm,,, benarkah demikian,,??? he he he πŸ™‚

      Hohohoho, memang kok Lili, banyak sekali kenangan yang tak akan mungkin terlupakan, makanya itu harusnya menjadi semangat kita untuk berjuang agar bisa sampai ke Korea sana, gantian donk πŸ˜€

      Salam semangat selalu

  3. anla arinda says:

    wah wah, benar-benar mahasiswa yang penuh semangat membara…
    vivat!

  4. Umatun Karomah says:

    hmmmm
    bener bener,,
    gk capek mas?? ^^

  5. Kakaakin says:

    Hohoho… bikin iri aja nih…
    Aku pengen banget ketemu native Korean πŸ˜€

  6. Nisa says:

    waahh seru ya πŸ˜€

  7. komuter says:

    baru mampir lagi nih…
    apa hubungannya dengan japan foundation ??

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: