Mudik Kampung Ala AMKMJS

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Tak terasa Hari Raya Idul Fitri tinggal kurang dari 5 hari saja. Begitu cepat terasa ramadhan kali ini, padahal banyak hati yang mendamba bahwa ia senantiasa masih selalu ada hingga semua Muslim di seluruh dunia bisa merasakan ibadah yang di bulan ini terdapat bulan seribu bulan.

Sebagai seorang pendatang di tanah Sunda ini, tentu saja fenomena tahunan yang dirasakan setiap orang yang kampung halamannya jauh di mata, adalah MUDIK. Satu kata sakti yang sarat dengan keramaian, kemacetan, kemahalan(harga naik). Dan itupun terjadi pada diri saya, AMKMJS ๐Ÿ™‚

Sumber Gambar

Mudik ala AMKMJS bukanlah mudik yang spesial. Tulisan kali ini hanya akan bercerita mengenai cara mudik dengan “backpacker”. Yups, istilah lainnya adalah dari terminal ke terminal lainnya.

Perjalanan ini dimulai dari Bandung-Cirebon-Tegal-Kendal-Semarang-Bojonegoro. Baru kemudian melanjutkan ke tanah kelahiran, Desa Bancar Kabupaten Tuban, Jawa Timur ๐Ÿ™‚

Memang demikian sudah menjadi agenda tahunan saya. Sejak masih berdomisili di Jakarta tahun 2007-2008 silam, mudik pun saya lakukan dengan menaiki kereta Ekonomi dari Pasar Senen-Bojonegoro. Sungguh pengalaman yang luar biasa berjubel dengan puluhan penumpang lain di tempat sempit dan pengap tanpa tempat duduk. Namun alhamdulillah saya tetap masih bisa sampai dengan selamat, dan bahkan saat ini bisa menuliskan ceritanya di sini ๐Ÿ˜‰

Menjelang lebaran tahun 2009 lalu, saya melakukan perjalanan dari Bancar-Semarang-Cirebon-Bandung hingga mencapai 18 jam tanpa jeda, perjalanan yang amat sangat melelahkan, namun juga menyenangkan ๐Ÿ˜€

Dan saat ini, pada kesempatan mudik tahun 2010 ini, perjalanan saya pun menggunakan pesawat terbang, kereta eksekutif, ataupun bus dari travel agent. Tetap seperti dahulu, naik ekonomi dari terminal ke terminal. Dengan begitu saya dapat merasakan apa yang dirasakan saudara-saudara saya di dunia yang nyata, kehidupan keras dengan berjuta batu sandungan. Suatu saat kelak jika saya menjadi orang yang berhasil dan sukses, saya tidak akan pernah melupakan kenangan-kenangan menjadi “orang mlarat”. Semoga Allah menetapi ketentuan hati ini.

NB: Owh iya, sebagai catatan tambahan, pada hari Sabtu, 04 September 2010 saya mengantarkan MJSAMK ke Bekasi naik bus Primajasa tujuan Bekasi Kota Harapan Indah dan siangnya saya langsung kembali menuju Bandung naik kereta Argo-Parahyangan dan sampai di Bandung tepat sebelum Adzan Ashar berkumandang.

Ditulis oleh AMKMJS, Undergraduate Student of Bandung College of Social Welfare, Department of Social Rehabilitation 2008

Pada 04 September 2010 di NERU Net @17.55wib Dago-Bandung, Jawa Barat

Comments
46 Responses to “Mudik Kampung Ala AMKMJS”
  1. ramlannarie says:

    salam kenal, kunjungan balik ditunggu

  2. intan says:

    helo helo, sudah pulangkah!!

  3. Kakaakin says:

    Selamat Idul Fitri ya, Joe…
    Mohon maaf lahir batin… ๐Ÿ™‚

  4. selamat hari raya lebaran sob

  5. holmes1412 says:

    selamat Idul Fitri ya…
    Maaf lahir bathin

  6. komuter says:

    alhamdulillah, mudik saya cuma pakai sepedah motor. dua jam sampai

  7. Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi,
    Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa,
    Dalam kelembutan lidah ada juga keterlanjuran kata,
    Dalam gurau tentu ada ikhlaf dan dosa,
    Segenap Keluarga Besar Indra Kusuma Sejati dan
    “Ejawantah’s Blog”
    Mengucapkan
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H / 2010 M
    Taqobbalallahu minna wa minkum
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    Salam untuk keluarga.

  8. An says:

    Saya ndak pernah mudik. Kalo lebaran paling cuma lompat doang ke surabaya.
    Jadi pingin ngerasain mudik juga ๐Ÿ˜€

  9. Abdul Aziz says:

    Assalamuโ€™alaikum,

    Saya sekeluarga mengucapkan Selamat Idul Fitri.
    Mohon maaf atas segala hal yang mungkin membuat hati kurang nyaman.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.

    Salam hangat dari Cianjur

  10. abifasya says:

    Setelahnya melewati fase rahmah dan maghfirah semoga Allah swt membebaskan kita dari siksa api neraka dan menjadikan kita sebagai pemenang teriring doa : Taqabalallahu minna waminkum taqabbal yaa kariim”
    Selamat Idul Fitri 1431 H
    Maafkan Lahir dan Bathin

    Salam hangat slalu dari kota hujan
    *abifasya dan Keluarga*

  11. hitamputih says:

    taon ini temanya Mudik Instan….lam kenal

  12. fety says:

    ternyata sebenarnya inti ceritanya adalah bagian NB yah?:) Maaf lahir bathin, Happy Eid Mubarak ๐Ÿ™‚

  13. nadiafriza says:

    gilaa 18 jam! kalo saya udah bakal batal mudik tuh hihii

  14. Puspita says:

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H, mohon maaf lahir dan batin.

  15. fefen dwi ardianto says:

    wah enak dong kalau tiap lebaran bisa mudik kayak gt saya kalau lebaran g pernah mudik

  16. Ramdhan says:

    kunungan perdana… selamat mudik ja ya hehe

  17. erviana says:

    selamat mudik ya hati2 di jalan ya kalau udah sampe di bjn kasi kabar ya kalau udah sampai bancar salam ya buat pak’e dan ma’e dan semua mas mu ya mohon maaf lahir dan batin

  18. cenya95 says:

    Faith makes all things possible.
    Hope makes all things work.
    Love makes all things beautiful.
    May you have all of the three.
    Happy Iedul Fitri.

  19. Kakaakin says:

    Naik apapun, yang penting tetap mempertimbangkan keselamatan ๐Ÿ™‚
    Selamat bermudik ria, Joe ๐Ÿ˜€

  20. ุงุณูˆุจ ุณูˆุจุฑูŠูŠุงุฏูŠ says:

    ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑูุŒ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑูุŒ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ ูุŒ ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑูุŒ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ูˆู„ู„ู‡ู ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู

    selamat berhari raya, dan semoga mudiknya diberikan keselamatan ๐Ÿ˜€

  21. Lili says:

    Suit…Suit…NBnya donk…Ckckck

  22. Yanti says:

    informative blog. silahkan berkunjung ke blog saya juga http://www.r4hm4y4nti.blogspot.com. salam kenal..

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: