SEMINAR : Sosialisasi Gerakan Indonesia Mengajar

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Alhamdulillah, hari ini masih diberikan kesempatan oleh Allah Subhanahu Wata’ala untuk dapat menghadiri Seminar Sosialisasi Gerakan Indonesia Mengajar di Aula Timur Kampus ITB sejak pukul 09.00 – 11.30 WIB. Sudah lumayan lama saya tidak main ke ITB, dan akhirnya bisa ke sana lagi, bertemu dengan teman-teman aset terbaik bangsa πŸ™‚ Pesertanya pun cukup antusias sekali, antara 150-200 peserta.

Pembicaranya adalah Bapak Anies Baswedan, Ph.D sebagai Pendiri Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar, dan Bapak Bambang Susantono, Ph.D sebagai Wakil Menteri Perhubungan RI yang juga alumni dari ITB.

Mau tahu lebih lanjut,,?? Yuuk kita simak ulasan sederhana dari saya di bawah ini πŸ˜‰

Sumber Gambar

Indonesia Mengajar itu apa sich,,?? Pada pengertian secara umum Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar mengajak lulusan sarjana dari Universitas/Perguruan Tinggi untuk menjadi Pengajar Muda selama satu tahun di Sekolah Dasar(SD) daerah terpencil yang ada di Indonesia. Ajakan ini tentu saja bukan hanya sekedar formalitas, mengajak dan juga membiayai tentunya πŸ™‚

Lalu apa sich tujuan utamanya kegiatan ini,,?? Mengapa yang diajar itu anak-anak SD kok bukan SMP atau SMA/Sederajat,,?? Itulah pertanyaan awalan saat diskusi berlangsung tadi pagi. Baiklah, mari kita simak jawabannya dengan perspektif seorang Muhammad Joe Sekigawa, kira-kira dan seingat saya seperti ini :

1. Sudah jelas, ikut serta memeratakan pendidikan dengan putera puteri terbaik bangsa dari perguruan tinggi(Negeri, Swasta, maupun PT Kedinasan) yang ada di Indonesia, khususnya daerah terpencil yang kekurangan guru.

2. Dari data yang ada, pada kenyataannya SMP dan SMA itu letaknya sudah di daerah kecamatan/kota, artinya jumlah guru yang ada masih tidak masalah, formasi gurunya masih lengkap, namun Indonesia Mengajar mengajak kita untuk ikut mencerdaskan para siswa SD yang notabene letaknya di desa terpencil yang terbatas aksesnya. Dan juga, penanaman etos dan semangat sejak usia Sekolah Dasar akan sangat mempengaruhi perkembangan seorang anak hingga dewasa, maka itulah poin penting mengapa Indonesia Mengajar menerjunkan lulusan terbaik dari Perguruan Tinggi untuk menjadi Pengajar Muda di Sekolah Dasar.

Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana dan apa tindakan nyata para Pengajar Muda ini,,?? Apakah hanya sekedar mengajar saja atau juga bisa menjadi agent of change,,??

Kita tahu mengajar SD paling lama antara pukul 07.00 hingga 13.00, nah selebihnya apa yang diperbuat para Pengajar Muda ini,,?? Ya betul, di waktu luang yang banyak itulah kita sebagai Pengajar Muda akan berinteraksi dengan warga, dengan pemuda, dengan tokoh masyarakat, dengan tokoh agam, dan masih banyak lagi. Maka di saat itulah kita bisa memberikan kontribusi atas berbagai persoalan yang mungkin terjadi, dan yang terpenting adalah kita bisa memberitahukan dunia yang amat luas dan indah ini terhadap mereka. Tentang seberapa cepatnya teknologi berkembang, pesatnya ilmu pengetahuan, dan semakin kreatifnya penduduk bumi ini. Jadi sesuai dengan slogan Indonesia Mengajar, “Seumur Hidup Memberi Inspirasi”.

Pada akhirnya, setelah semua sepakat bahwa tidak ada yang perlu dikritisi dari program ini, dan bahkan semua yang hadir sangat sepakat untuk mendukung secara penuh kegiatan ini, pertanyaan mulai mengarah kepada hal yang sifatnya teknis, seperti benefit apa yang bisa didapatkan dari program kegiatan Indonesia Mengajar ini bagi Pengajar Muda,,??

Jawabannya sangat sangat dan sangat banyak sekali benefits yang bisa didapatkan, tidak percaya,,?? Mari kita cek sama-sama ya,,

1. Dengan mengajar SD selama satu tahun di program ini, maka Anda akan diberikan salary yang nilai per bulannya setara dengan gaji seorang Supervisor di Perusahaan Astra Corp. Luar biasa, yang jelas bisa mencapai 5 juta πŸ™‚

2. Diberikan fasilitas seperti pelatihan bersertifikasi, remunerasi&asuransi, dan yang lebih kerennya lagi, Pengajar Muda ini akan difasilitasi Gadget canggih, yakni PDA yang bisa kita gunakan untuk mengakses segala macam sumber yang dibutuhkan melalui internet(karena kita tahu, di desa terpencil tidak akan ada internet, komputer pun kemungkinan tidak ada, dan bahkan listrik pun masih nol)

3. Pengalaman menjadi pemimpin di tengah masyarakat selama satu tahun yang tidak mungkin kita dapatkan dengan bekerja di perusahaan manapun juga. Apalagi ada bocoran dari Perusahaan yang menjadi suppor kegiatan ini(Indika, Tripatra, dan Petrosea) bahwa, IP(Indeks Prestasi) yang tinggi dan pengalaman menjadi ketua di sebuah organisasi kampus bukanlah jaminan, namun dengan pengalaman/aksi di masyarakat, mereka inilah yang dicari oleh para perusahaan untuk menjadi pemimpin di perusahaan πŸ™‚

4. Dan pada akhirnya, akan ada notes semacam ini, “Setahun Mengajar, Seumur Hidup Memberikan Inspirasi”

Bagaimana,,??? Tertarik kan untuk menjadi Pengajar Muda,,?? Silahkan simak persyaratannya di bawah ini :

1. Lulusan S1(Sarjana) , fresh graduates dan maksimal 2 tahun setelah kelulusan

2. Usia maksimal 25 tahun

3. IPK minimal 3.0 dengan skala 4.0

4. Bersedia ditempatkan di daerah terpencil selama satu tahun

Dan ingatlah baik-baik, angkatan pertama ini akan direkrut 50 Pengajar Muda yang merupakan putera-puteri terbaik Bangsa Indonesia πŸ™‚

Setelah didiskusikan di acara sosialisasi tadi pagi, syarat itu bukanlah syarat mutlak layaknya mendaftar ke Akademi Militer, tinggi kurang dari 2cm saja langsung dicoret he he he. Dan ditekankan pula, ini adalah terbuka bagi semua alumni Perguruan Tinggi di Indonesia, maka janganlah merasa tidak pede dengan teman-teman alumni dari universitas ternama di Indonesia, tunjukkan kalau kita mampu, dan itu yang akan saya lakukan pada tahun 2012 nanti(tahun Β kelulusan saya) Insyaallah πŸ˜‰

Jika Anda memang sudah tidak sabar, langsung saja dech daftarkan diri di sini DAFTAR INDONESIA MENGAJAR 2010 dan jangan lupa Deadline pendaftaran adalah hingga 30 Juli 2010.

Lanjuuttt,,, Setelah Seminar usai, saya kebetulan kemarin malam diundang oleh Mas Eko Kurnia Saputra, Manager Area PPSDMS Regional Bandung untuk menghadiri acara Makan Siang Bareng Pak Anies Baswedan di RM. Sapulidi Cihampelas-Bandung yang dimulai pada pukul 13.00-14.30 WIB. Alhamdulillah, itu merupakan undangan yang sungguh berharga bagi saya pribadi, dan tentu saja, bisa mengenal program Indonesia Mengajar ini lebih jauh lagi. Pesertanya adalah memang sebagian besar teman-teman PPSDMS dari ITB dan UNPAD, juga BEM ITB, dan sayalah satu-satunya yang diundang dari luar PPSDMS dan ITB, dari STKS Bandung(Alhamdulillah saya memperkenalkan STKS kepada Pak Anies dengan mengajukan pertanyaan dalam diskusi kali itu) πŸ™‚

Berulang kali saya ucapkan Alhamdulillah ke hadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang masih memberikanku semangat dan gairah hidup dalam terus mencari pengalaman-pengalaman berharga dalam hidup ini.

Salam semangat selalu,,

Joko Setiawan, Student of Bandung College of Social Welfare, Department of Social Rehabilitation 2008

Monday, July 19th 2010 @Neru NET, Dago-Bandung at 9.45pm

Comments
43 Responses to “SEMINAR : Sosialisasi Gerakan Indonesia Mengajar”
  1. pengen jadi seseorang yang bisa menebarkan inspirasi bagi anak” bangsa,,,,,,, Indonesia mengajar tunggu aku dua tahun lagi (blm lulus S1),,,,,,

  2. Hani says:

    Senang sekali bisa membaca tulisan ini, salam kenal dari Jogja πŸ™‚
    Saya adalah sebagian orang yang merasa ‘beruntung’ karena sampai titik terakhir usaha yang yang lakukan, saya tidak mendapat izin dari orang tua untuk mengikuti kegiatan ini. Mungkin rezeki saya bukan di Indonesia Mengajar. Namun apapun yang terjadi, kita bisa menginspirasi dari apapun dan dimanapun, Indonesia Mengajar adalah salah satu jalan yang bisa ditempuh.
    So, teruslah menginspirasi πŸ™‚

    • Tetep semangat mba Hani. Ada banyak jalan untuk mengabdi. IM adalah salah satu ajang untuk menginspirasi, dan bisa jadi, kita sendiri pun dapat menciptakan arena untuk menginspirasi πŸ˜‰

  3. Jiwa mengajar dalam diri tidak sanggup menunggu waktu 2 tahun. Gairah di jiwa meluap dalam acara KKn Kebangsaan 2013.

  4. Kaka Akin says:

    Salah satu kendala adalah terkadang ada orang tua yang enggan melepas anaknya tuk bekerja di tempat yang jauh, apalagi nggak ada sinyal telpon.
    Semoga para orang tua bisa berbesar hati πŸ™‚

    • Ini mungkin kebanyakan bagi yang perempuan ya Mbak, kemarin juga banyak yang mengeluhkan seperti itu kok(pihak perempuan),,,,

      But, saya yakin dengan penekanan yang meyakinkan, Insyaallah orang tua akan mengizinkan juga πŸ˜€

  5. Kakaakin says:

    Semoga yang berminat dengan program ini bukan semata2 karena mengharap salarynya y, Joe πŸ˜€

  6. Baru sempat mampir nih!
    Liat-liat dulu….
    Situsnya bagus nih!
    apalagi kalau disuguhi makan!
    hehehehehhehehe
    Kunjungan balik ya sob, ini blog saya
    http://artibelajarmengajar.blogspot.com
    Salam kenal….

  7. hanif says:

    subhanallah
    Jika seumur hidup bisa memberi inspirasi berapa pahala yang kita dapatkan? Terus mengalir tanpa kita sadari tentunya, karena ilmu yang kita tularkan bisa diamalkan banyak orang.

    salam kenal

  8. An says:

    Super sekali mas joe.
    Saya suka slogannya.
    “seumur hidup memberi inspirasi”
    semoga 5 tahun lagi masi ada programnya. Saya pgn ikut juga πŸ˜€

  9. jensen says:

    kak pengumuman buat tes DIV< blum ada yah??

  10. fety says:

    sayangnya membaca postingan ini setelah syarat umur berlalu πŸ™‚

  11. enak bener ya dapet gaji gede, dapet pda, asuransi pula
    ckckck
    tertarik sih tapi saya masih baru kuliah
    mungkin suatu saat kali ya

    sukses buat abang deh!

  12. andipaece says:

    πŸ˜€ sepertinya masih dalam luar batas kemampuankum as joe πŸ˜€

    salam

  13. karzanik says:

    wah hebat kang….
    sebgai fasilitator dunia pendidikan, khususnya dalam mengajar…
    salam….

  14. Hariez says:

    hola Joe…semoga sehat dikau ya πŸ˜€

    wahhh sayangnya belum selesai kuliah ku Joe hehe :mrgreen: *PEDE ABIS*

    -salam hangat-

  15. Usup Supriyadi says:

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

    Menarik sekali acara seminarnya.

    O ya, berkaitan dengan Akh Joe tanyakan soal bahasa Arab ya,

    Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Berkata: β€œSesungguhnya ketika Allah menurunkan kitab-Nya dan menjadikan Rasul-Nya sebagai penyampai risalah (Al-Kitab) dan Al-Hikmah (As-sunnah), serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan bahasa Arab, maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa Arab. Oleh karena itu memahami bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan bahasa Arab mempermudah kaum muslimin memahami agama Allah dan menegakkan syi’ar-syi’ar agama ini, serta memudahkan dalam mencontoh generasi awal dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim)

    Saya sudah menyajikan tulisan di blog, Ayo Belajar Bahasa Arab!

    semoga bisa memotivasi untuk bisa menguasai bahasa Arab. karena Bahasa Arab adalah bahasa Agama Islam dan bahasa Al-Qur’an, seseorang tidak akan dapat memahami kitab dan sunnah dengan pemahaman yang benar dan selamat (dari penyelewengan) kecuali dengan bahasa Arab. Menyepelekan dan menggampangkan Bahasa Arab akan mengakibatkan lemah dalam memahami agama serta jahil (bodoh) terhadap permasalahan agama.

    Wa Allahu A’lam. Kalau kita biasa bahasa Inggris atau Jepang, maka sudah sepatutnya kita bisa bahasa Arab dan pasti bisa!

    • Wa’alaikumsalam wr,wb
      Yups memang sangat menarik sekali kok Kang Usup πŸ™‚

      Hmm… Alhamdulillah mendapatkan pencerahan lagi,,,
      Insyaallah saya akan mencoba aktif di sana Kang,,, belajar Bahasa Arab,, Saya memang sudah meniatkan diri kok,,, English, Nihongo, and Arabic insyaallah akan saya kuasai dalam hidup ini,, meski semuanya masih dalam tahap belajar,,,,

      Mohon bantuannya ya Kang untuk belajar Bahasa Arab,,, Untuk Syi’ar Agama Allah di Muka Bumi πŸ™‚

      Salam semangat selalu

  16. hmcahyo says:

    wah suka sekali dengan tag linenya seminar itu Seumur hidup memberi inspirasi cool banget πŸ˜€

  17. orange float says:

    duh, persyaratan umurnya ngak masuk neh 😦

  18. erviana says:

    mudah 2 an kalau aku tamat kuliah nanti sosialisasi gerakan indonesia mengajar masih ada ya hehehe ok semangat ya selalu posting informasi yg bermanfaat ok

    • Yups,, Insyaallah,, Rencana awal(project pertama ini) akan berjalan selama 5 tahun,, dan tentu saja, Insyaallah akan terus dilanjutnya hingga menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, Insyaallah πŸ™‚

      Yups,, sama-sama Via πŸ˜‰

  19. erick azof says:

    okeh semangat selalu ! πŸ™‚

  20. indra1082 says:

    Pertamax………..
    Salam Semangat Bro….. πŸ˜‰

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Tulisan saya sebelumnya tentang Indonesia Mengajar (IM) bisa dilihat di sini SEMINAR: SOSIALISASI GERAKAN INDONESIA MENGAJAR […]

  2. […] baru pertama kali bertemu secara langsung dengan Pak Anies Baswedan, yakni dalam rangka Sosialisasi Indonesia Mengajar beberapa waktu silam di Gedung Institut Teknologi Bandung (ITB). Dan kali ini, saya ingin […]



Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: