MAN JADDA WAJADA

Bismillah

Hari ini, rasanya hariku mulai terasa kembali. Beberapa waktu yang lalu, diriku serasa enggan dan malas serta tidak jelas menentukan arah dan tujuan serta apa yang harus saya lakukan. Padahal biasanya, all of my activities will be written on my small notes. Tidak membawa hal baru yang ilmiah, kali ini saya akan bercerita tentang kehidupan yang saya jalani, rasakan dan makna dari itu semua menurut versi saya sendiri. Kok Judulnya..?? Lanjutkan membacanya dulu donk πŸ˜‰

Baru tadi pagi saya akhirnya menyelesaikan Novel Karya A Fuadi yang berjudul “Negeri 5 Menara”. Sungguh inspiratif dan sangat menggugah semangat. Man Jadda Wajada, Ya pepatah Arab yang artinya kurang lebih, siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Semangat saya terpacu seribu persen ketika mendapati kata ini. Subhanallah πŸ™‚

Cerita yang mirip dengan saya adalah ketika Sang Tokoh tersebut mengatakan,”Kami berenam memiliki mimpi yang sangat tinggi di awang-awang, namun kami belum mengetahui jalan untuk ke sana, hanya percaya Man Jadda Wajada seraya berusaha dengan sangat keras dan berdoa kepada Allah serta melakukan usaha yang maksimal, apapun itu”.

Bercerita mengenai cita-cita, sebenarnya saya adalah seorang yang sangat biasa dan tidak terkenal sama sekali(sampai sekarang). Kemudian entah sejak kapan, yang saya ingat adalah ketika menjelang kelas 3 akhir(semasa SMK), saya menjadi begitu menyukai Jepang, saya terobsesi meski tidak punya referensi untuk mengetahui Jepang lebih jauh. Maklum, saya ini hanya seorang Bocah Desa yang mempunyai kesempatan melanjutkan pendidikan SMP dan SMK di sebuah kota kecil bernama Bojonegoro.

Dengan berbekal ilmu sedikit tentang internet(sekitar tahun 2006), alhamdulillah saya menemukan informasi beasiswa yang dibiayai pemerintahan Jepang, MONBUKAGAKUSHO. Ketika itu pertengahan 2007, akhirnya saya apply bersama Frendy, teman sekelas saya dan lolos selesksi administrasi kemudian berkesempatan untuk bertarung untuk menjalani tes tulis dengan 98 orang dari wilayah Jawa Timur dan sekitarnya(Perlu diketahui se Indonesia hanya dibagi menjadi 3 region tes, Jakarta, Surabaya dan Medan dengan tiap region adalah 100 peserta). Ada 3 pilihan Scholarship, D-2, D-3 dan S-1, saya ketika itu memilih D-2 dikarenakan memilih amannya saja. Nilai NEM rata-rata di atas 9.0 bukanlah jaminan karena di SMK, teori tidak terlalu dipersulit, hanya langsung aplikasi pada hitungan-hitungan teknik saja, beda sekali dengan SMA.

Ya, itulah awal perjalanan saya bersikeras untuk bisa mencapai pendidikan tinggi di Jepang. Apakah sekarang cita-cita saya itu sudah tercapai..??? Tentu saja belum πŸ™‚ Saya sekarang malah menjadi mahasiswa di STKS Bandung dengan Jurusan Clinical Social Work. Namun memang, Man Jadda Wajada lagi-lagi menyihir saya, meski kalimat ini baru saya temukan, namun menurut saya kata ini sudah sangat melekat erat hingga menyatu di dalam jaringan otak dan aliran darah saya. Subhanallah πŸ™‚

Perjalanan selanjutnya ternyata saya tidak lolos tes tulis dan Allah Maha Kaya, aku diterima sebagai karyawan(kontrak) PT. Astra Daihatsu Motor Jakarta, sebuah perusahaan Jepang pembuat mobil Xenia dan Terios. Tentu saja dari sinilah aku pertama kalinya melihat Nihonjin (orang Jepang) dari jarak sangat dekat, bahkan mendapatkan ceramah langsung dari Direktur Utama Daihatsu Japan. Semangat menggebu untuk menggapai Negeri Sakura itu semakin dekat terasa. Meski akhirnya setelah bekerja 10 bulan di sana aku harus mengundurkan diri karena telah diterima di STKS Bandung sebagai mahasiswa Penerima Bantuan Pendidikan DEPSOS RI.

Dari sini bukannya saya menyerah dengan cita-cita tinggi itu(mendapatkan pendidikan tinggi di Jepang), namun saya memulai usaha dari NOL, saya retas dari STKS ini. Mulai dari pengalaman organisasi, pendalaman ilmu pengetahuan yang diajarkan, menjalin relasi dengan sesama penyuka Jepang, mengikuti UKM(Unit Kegiatan Mahasiswa) hingga mencari teman yang sudah ada di Jepang. Alhamdulillah kenal dengan Mbak Imelda(Tokyo), Mas Giyztar(sudah balik), Mas Achmad(sudah balik), Mas Gatz Akira(sudah balik), Mas Kelvin(Osaka) dan lain-lain.

Hingga sampai saat ini, usaha itu masih berlangsung πŸ˜€ Alhamdulillah, di semester III yang aku jalani di STKS ini, saya sudah dikenal banyak pihak, significant others tentunya, seperti Bu Cynthia SWPRC, Bu Martha BPSW, Pak Pujiono UNDP, Pak Toto DEPSOS, insyaallah beliau-beliau semua ini adalah pembuka jalan bagi saya untuk mengarungi dunia, utamanya Jepang.

Salam semangat selalu dari Bocahbancar, Man Jadda Wajada. Allahu Akbar

Comments
58 Responses to “MAN JADDA WAJADA”
  1. silvi says:

    blogwalking…^^
    nice story…keep spirit reach your dream …ciaoooo

  2. Ria says:

    semangat de’
    semoga apa yg kamu cita2an dan kamu usahakan dimudahkan πŸ™‚

    aku udah baca juga buku itu…BAGUS!!! πŸ˜€

  3. Badruz says:

    Novel Negeri 5 Menara Memang bagus Mas, saya juga punya hadiah dari GusKar. penuh hikmah dan menghibur dengan kocaknya.

  4. wi3nd says:

    amien..
    selalu ada jalan menuju kebaikan asalkan berusaha & berdoa,insya Allah mimpimu kan jadi nyata cah πŸ™‚
    seman9aaaddd..!!

  5. sunflo says:

    semoga sukses selalu menyertaimu, agar DIA memberikanmu semangat juang yg tinggi tuk menjadi yg terbaik dalam kehidupanmu. semangat de’!!

  6. nh18 says:

    Bocah Bancar …
    Kejar Terus impian mu ..
    Jangan pernah berhenti bermimpi
    Jangan pernah berhenti berikhtiar meraihnya …

    Salam saya

  7. mikha_v says:

    Man Jadda Wajada
    Jadi kapan mau ke jepangnya? πŸ˜€

    Hmm warnet Neru di sebelah mana ya?

    • bocahbancar says:

      Insyaallah secepat yang saya bisa Mas, semua jalan sudah terbuka lebar, tinggal persiapan saya dalam hal bahasa saja πŸ˜‰

      Neru Net mas, di pertigaan jalan Tubagus Ismail sebelum Pasar Simpang Dago itu lowh

  8. alex says:

    oya, lupa blang salam kenal tdi. kakak karang dah kerja ya? kakak hebat, sukses slalu ya!!!!!!!!!!!

    • bocahbancar says:

      Hh,…salam kenal balik dech…
      Sekarang saya sedang kuliah di STKS Bandung semester III, nyambi part time di warnet NERU sebagai operator jaga..
      Terima kasih atas doanya

  9. hmcahyo says:

    ah jadi ingat bicara tentang visi dengan Pak DIan Indosat http://nmdian.wordpress.com –> banyak anak muda sekarang nggak punya visi hidup…

    tapi saya yakin yang punya blog ini visinya kuat

    semoga πŸ™‚

  10. RitaSusanti says:

    Apa kabar Joe?, rasanya kok sudah lama yah tidak berkunjung ke rumahmu ini. Betulkah seperti itu Joe:).

    Tahu gak?, baru saja tadi malam Joe, saya berfikir untuk membuat postingan dengan judul yg persis sama “Man Jadda Wa Jada”, karena kita membaca buku yg sama:)…Hmm ini beli atau pinjam Joe hehehe:). Tapi nampaknya apa yg ingin saya utarakan telah terwakili oleh tulisan mu kok. Terima kasih yaa untuk postingan nya…

    Tapi tahu gak Joe, ketika membaca buku itu saya merasa ada penyesalan di dalam diri ini, karena usaha yg dulu saya kerahkan ketika belajar sangat tidak maksimal, dan sepertinya sudah telat untuk memulai kembali, karena buku Negeri 5 Menara itu kan cerita anak2 SMA yah, dan ketika saya melihat pada diri saya, kok ya seperti sudah terlambat deh. Tapi kemudian saya tersadar bahwa impian itu harus selalu menyala di sepanjang hidup kita.

    Tetap semangat ya Joe, senang mendengar dirimu sudah mulai bangkit lagi. Ganbatte!!!

    • bocahbancar says:

      Hhm…Ya MBak, alhamdulillah kabar baek kok…Maav saya yang sudah lama tidak Blogwalking πŸ™‚

      Hohohohohoho, kalo mau buat juga tidak apa-apa kok Mbak, kisahnya sampeyan kan pasti berbeda dengan saya to…
      Sssssttt…(saya pinjam Mbak hohohohoho πŸ˜€ )

      Yups, begitulah Mbak, tidak ada kata terlambat untuk menyalakan semangat, sadar sekarang, ya semangat sekarang, perubahan itu akan tetap ada kok πŸ˜‰

      Terima kasih atas supportnya dan salam semangat selalu untuk Mbak Rita

  11. elistadyon says:

    bagus sekali tulisannya mas
    terimakasih juga karena tulisan ini aku dapatinspirasi kembali tentang masa depan great post

  12. tyan's says:

    malem kawan…
    aku cuman mampir aja,,, komengnya ngutang dulu…
    soalnya masih banyak sahabat yang harus aku kunjungi *maklum udah lama gaka BW* he he he he πŸ˜€

    salam

  13. aprillins says:

    siaapa yang akan kau temui di Jepang..? kejarlah cita-cita dan cintamu.. 😎

  14. Cak Win says:

    Semangat terus bos, tak doakan semoga sukses πŸ™‚

  15. Pepatah Jawa bilang yen temen tinemenan πŸ™‚
    artinya kurang lebih sama.
    soo terus berharap juga berusaha ya Jok! πŸ™‚

  16. tary says:

    sukses ya? lam kenal, seneng bisa berkunjung ke blognya.

  17. rizal says:

    semangat dan selalu kerja keras akan membawa kita kesussesan..

    salam kenal

  18. o2nΒ° says:

    Semoga sukses selalu dan salam kenal

  19. achoey says:

    aku suka semangatmu sobat

    lama tak bersua nih
    maklum daku baru jd blogger lg πŸ™‚

  20. Aisha says:

    yub,berusaha bersungguh-sungguh dan tidak menyerah sebelum tercapai.Ikut tersentuh dengan kisah perjuanganmu ingin mencapai cita-citamu bro.Moga berhasil ya…

  21. Kakaakin says:

    Terus berikhtiar ya…plus do’a dan tawakkalnya deh… πŸ™‚
    Insya Allah… Allah akan memberikan rizki dari arah yang tidak kita duga.
    So, terus perluas silaturrahim ya…

  22. Aribicara says:

    Mantaps bro perjuanganmu….

    dibuat novel aja bro,, kayaknya banyak inspirasi dan motivasi di dalamnya deh πŸ™‚
    ]
    Salam πŸ™‚

  23. gus_rohman says:

    man sobaroo dhoffiroo

  24. sumpah, bagiku kau seperti arai yang selalu mengobarkan semangat yang menggebu hingga aku selalu mencontohmu, setelah membaca artikel ini perasaan saya seperti terguncang….. semangat terus mas…

  25. dan says:

    emang bener.. man jadda wajada… “siapa yg dia telah bersungguh-sungguh maka dia kan mendapatkan”.. Bahkan, untuk orang kafir sekalipun, Allah kan memberi kenikmatan dunia bagi siapa yang bersungguh-sungguh berusaha.. Namun ingat.. tuk urusan dunia.. kadang kesalahan yang tak terduga kan menghancurkan.. yah ekstrimnya sperti fir’aun dan qorun. Atau sperti Aceh dan Padang.. Solusinya… perbaiki akhlak dan agama diri.. dunia tuk akhirat.. ikhlash, sabar, ikhtiyar, tawakkal, semangat dalam hal yg bermanfaat.. berdo’a..

    • bocahbancar says:

      Yups…. Masukan yang sungguh bermanfaat sekali untuk saya Mas, maka kesuksesan itu tidak hanya akan saya realisasikan untuk di dunia saja, namun kesuksesan di Akhirat pun dengan Mantra Man Jadda Wajada he he he…. πŸ™‚

  26. atmakusumah says:

    Manusia mewujud seperti yang ada dalam pikirannya…
    Mimpi yang kuat mampu membawa kita kepada tujuan akhir kita…tetap semangat…!

  27. Ahmad Farisi says:

    man jadda wa jadda… ayo semangat….!
    πŸ™‚ met beraktifitas smg sukses slalu

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: