MENGENAL IKATAN PEKERJA SOSIAL PROFESIONAL INDONESIA

Almisar menulis ” Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) adalah nama organisasi profesi pekerjaan sosial di Indonesia. Pada Anggaran Dasarnya (BAB I pasal 2) disebutkan, IPSPI didirikan di Jakarta pada tanggal 19 Agustus 1998 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan lamanya.

Tujuan IPSPI sebagaimana disebutkan pada Anggaran Dasarnya (BAB IV pasal 6) adalah:
1) Mewadahi Pekerja Sosial Profesional di Indonesia,
2) Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan professional Pekerja Sosial Indonesia,
3) Memberikan arah bagi standarisasi praktek pekerjaan sosial dan izin praktek bagi pekerja sosial,
4) Memberikan perlindungan kepada anggota dan masyarakat penerima pelayanan Pekerja Sosial,
5) Membina kerjasama guna kemajuan dalam pengembangan keilmuan dan profesionalisme anggota melalui pemupukan rasa kekeluargaan sesame anggota dan meningkatkan kerja sama dengan organisasi keilmuan dan profesi lainnnya baik di dalam maupun di luar negeri,
6) Melaksanakan pembangunan nasional Indonesia pada umumnya, serta secara khusus pembangunan sosial dan pelayanan kesejahteraan sosial.

Untuk mencapai tujuan itu, pada BAB V Pasal 7 usaha-usaha yang diadakan adalah:
1) Melaksanakan registrasi anggota sesuai dengan persyaratan,

2) Penelitian dan pengembangan pekerjaan sosial. Dalam bidang penelitian, mendorong makin berkembangnya kondisi yang memungkinkan kegiatan penelitian, pembinaan tenaga peneliti dan mengintensifkan publikasi hasil-hasil penelitian dan karya ilmiah serta mendorong kegiatan penelitian baik melalui kerjasama dengan lembaga pemerintah maupun swasta baik di dalam maupun di luar negeri. Dalam bidang pengembangan ilmu dan profesi dilakukan beberapa upaya untuk mengembangkan metoda, kebijakan dan praktek pekerjaan sosial serta di lembaga pemerintah maupun swasta. Kegiatan ini antara lain dilakukan melalui temu ilmiah, seminar ataupun symposium,
3) Praktek pekerjaan sosial professional yaitu praktek pelayanan baik langsung maupun tidak langsung sesuai dengan metoda praktek pekerjaan sosial,
4) Pembinaan anggota,
5) Melaksanakan pengembangan pendidikan dan latihan dalam rangka meningkatkan kemampuan professional, karir dan kesejahteraan anggota,
6) Menyelenggarakan pertemuan-pertemuan ilmiah dalam dalam rangka pengembangan profesi maupun untuk memecahkan berbagai permasalahan dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat,
7) Menerbitkan media profesi,
8) Menyediakan berbagai fasilitas bagi kemudahan praktek pekerjaan sosial bagi para anggotanya,
9) Melakukan pembinaan terhadap para calon/asisten pekerja sosial dalam rangka meningkatkan standard praktek minimal,
10) Melaksanakan pembangunan nasional Indonesia pada umumnya, serta secara khusus pembangunan sosial dan pelayanan kesejahteraan sosial.

Siapa saja yang dapat menjadi anggota IPSPI ? Pada BAB VI Pasal 8 ayat 1 disebutkan bahwa anggota IPSPI adalah lulusan perguruan tinggi Pekerjaan Sosial/Ilmu Kesejahteraan Sosial. Tentang keanggotaan ini, pada Anggaran Rumah Tangga BAB II Pasal 2 disebutkan bahwa anggota IPSPI terdiri dari anggota biasa, luar biasa dan anggota kehormatan. Anggota biasa adalah Warga Negara Indonesia (WNI) lulusan perguruan tinggi Pekerjaan Sosial/Ilmu Kesejahteraan Sosial. Anggota luar biasa adalah WNI khususnya ilmuan dan praktisi yang menyelenggarakan praktek pekerjaan sosial.

Sedangkan anggota kehormatan adalah mereka yang karena tugas dan fungsinya dianggap ahli dan memberikan sumbangan pada pendidikan profesi Pekerjaan Sosial.

Presidium Dewan Pengurus Pusat IPSPI saat ini:
1. DR. Puji Pujiono, MSW. Terakhir bekerja sebagai tenaga Ahli di UNDP di Indonesia. Tercatat pernah kuliah di STKS Bandung. MSW dan Doktor diperolehnya di luar negeri.
2. Drs. Binsar Siregar, M.Psi, adalah lulusan STKS Bandung. Saat ini adalah salah seorang dosen Fakultas Psikologi Univ Persada Indonesia. Sebelumnya menjadi Pekerja Sosial Medis di Rumah Sakit St Carolis.
3. Dra. Susilahati, M.Si adalah lulusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Univ Muhammadiyah Jakarta. Di samping menjadi salah seorang dosen pada almamaternya, saat ini untuk yang kedua kalinya Dra.Susilahati, M.Si menjadi pejabat negara pada Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
4. Dra. R.A. Anggraeni, M.Si adalah lulusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI dan saat ini tercatat sebagai salah seorang dosen pada almamaternya dan sedang mengikuti S 3 di UNJ (Univ Negeri Jakarta)
5. Prof.Dr. Jusman Iskandar. Menamatkan S 1 pada STKS Bandung dan memperoleh gelar doctor di UNPAD. Saat ini menjadi guru besar pada beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Jakarta, Bandung dan Garut.
6. Drs. Juda Damanik, MSW, adalah lulusan STKS Bandung dan MSW diperoleh dari sebuah perguruan tinggi di Amerika.
7. Margiono, BSW, adalah lulusan STKS Bandung dan saat ini bergerak dalam bisnis media cetak (RAKYAT MERDEKA) sebagai pemimpin utama.

Adapun Sekretaris Jenderal saat ini di pegang oleh Drs. Almisar Hamid, M.Si, alumni jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Univ Muhammadiyah Jakarta. Memperoleh gelar Magister Sains Sosiologi kekhususan Kesejahteraan Sosial UI dan saat ini tercatat sebagai salah seorang dosen pada almamaternya.
Terakhir sebagai bendahara adalah Dra.Dwiyantari, M.Si. Memperoleh Magister Sains Sosiologi kekhususan Kesejahteraan Sosial juga dari UI. Saat ini tercatat sebagai salah seorang dosen dan pimpinan di IISIP Widuri.

Sebagai sebuah organisasi profesi, IPSPI telah terdaftar pada Dirjen Sosial Politik Departemen Dalam Negeri RI No.129 Tahun 1988. Dan kantor IPSPI saat adalah di IISIP Widuri dan Jurusan Ilmu Kesos FISIP Univ Muhammadiyah Jakarta Dengan kontak person Almisar Hamid, HP 0818600181 dan E mail : almi-fisip@telkom.net. Dan Ibu Dwiyantari, HP 081584135451.

Adapun masalah yang dihadapi saat ini adalah sulitnya mengadakan pertemuan-pertemuan atau rapat-rapat, dikarenakan semua pengurusnya di samping tinggal berjauhan juga sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Akibatnya program yang sudah disusun tidak dapat dilaksanakan. Sekalipun demikian, IPSPI pada tahun 2006 – 2007 sempat dipercaya oleh UNICEF menyelenggarakan proyek peningkatan kesejahteraan sosial anak di Aceh bekerjasama dengan Dinas Sosial Propinsi Aceh dan mendapat penilaian bagus dari UNICEF dalam hal pengelolaan keuangan. (Dikirim oleh Almisar Hamid) ”

Artikel saya ambil dari website DEPSOS RI LOGO depsos

Semoga menambah khasanah pengetahuan kepada kawan-kawan semua.

Catatan penulis blog : Dengan adanya IPSPI ini memang memberikan angin segar bagi profesi pekerjaan sosial. Namun kekurangannya masih nampak jelas, tidak ada kelanjutan dari pengurusan IPSPI ini. Coba kita lihat negara tetangga seperti Malaysia, Singapura bahkan Australia, Ikatan Pekerja Sosial seperti ini sangat maju dan dihargai oleh masyarakat di sekitarnya. Di Indonesia sendiri, hal ini masih perlu diperjuangkan dan disosialisasikan kepada khalayak ramai. Saya sangat yakin bahwa Anda yang sedang membaca artikel ini hanya kurang dari 5 persen yang tahu mengenai peksos maupun Ikatan Peksosnya.

Comments
69 Responses to “MENGENAL IKATAN PEKERJA SOSIAL PROFESIONAL INDONESIA”
  1. saya mau nanya kami disulawesi mau membuat imppsi(ikatan mahasiswa profesi peksos indonesia) apakah itu bsa dinaungi oleh IPSPI??????

    • Dear Mas Hamka, berikut ini akan saya berikan sedikit penjelasan:

      Kita para Mahasiswa Peksos/Kessos/Ilmu Kessos telah membentuk satu ikatan kekeluargaan dengan nama Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) yang telah mengadakan Kongres Perdana nya pada 30 Maret 2011 silam. Dari Sulawesi, ada perwakilan yang datang, yakni Ilham dari STIKS (Sekolah Tinggi Ilmu Kesejahteraan Sosial) Makasar. Jadi, mungkin Mas Hamka dapat mengkomunikasikannya dengan Ilham.

      Perlu diketahui, kita (FORKOMKASI) juga sudah mendapatkan restu dari IPSPI Pusat kok.

      Jadi, mari kita bersatu dalam satu visi dan misi. Kesejahteraan untuk Semua ^_^

      Info lebih lanjut, silahkan kunjungi web FORKOMKASI di sini http://forkomkasi.org/

      Salam hangat dan semangat selalu

      Joko Setiawan, STKS Bandung

  2. aslm…..
    slm kenal dri sya hamka jurusan kesejahteraan sosilan uin alauddin makassar….

  3. Bonnie Isramirania says:

    Assalamu’alaikum..

    Salam kenal ya..saya alumnus STKS yang juga punya cita2 dan idealisme yang sama untuk mengenalkan profesi Peksos ke dunia luar..sekarang ini perkembangan di dunia peksos udah lumayan banyak…terus semangat ya..
    btw, lulusan STKS juga ya?angkatan berapa? salam.

    • bocahbancar says:

      Wa’alaikum salam wr.wb

      Wah salam kenal dulu ya 🙂
      Siippp lah kita perkenalkan profesi profesional kita dan tunjukkan kepada Indonesia apa yang bisa beri untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, terutama bagi kaum yang termaginalkan 😉

      Saya, masih berstatus mahasiswa STKS Bandung kok dan baru masuk pada pertengahan tahun 2008 yang lalu 🙂

      Salam,
      Joko Setiawan
      Student of Bandung College of Social Welfare
      Social Rehabilitation Department

  4. nisha says:

    hallo….salam kenal nee…, gw salut dengan semangat lo membangkitkan peksos kembali, begitupun gw dkk di Aceh lagi kiat2nya update bagaimana kedepan IPSPI Aceh. Coz sebenarnya nga ada waktu masing2 dengan kesibukannya.

  5. anton says:

    wah klo ditubuh kepungurusan pusat program IPSPI aj gak jalan , gmana dengan bawahannya?

    • bocahbancar says:

      Nah, itu dia, makanya mulai sekarang kita bangun lagi, yang dibutuhkan adalah orang-orang yang mau mengembangan IPSPI ini supaya menjadi lebih baik lagi, mau tidak mau sebuah organisasi profesi harus secepatnya diberdayakan dan difungsikan sebagaimana mestinya… 🙂

  6. sheli says:

    kirim ke email selly dunkz

  7. kawanlama95 says:

    selamat pagi, peksos pekerjaan yang membutuhkan waktu yang cukup dan mengikhlasan waktu kita

  8. Download MP3 says:

    Allow … Met menunaikan ibadah puasa yach 🙂

  9. dedenia72 says:

    selamat pagi..sahur..sahur..
    depsos tu nama keren LSM bukan sih..hehehe
    yang ngebedain cuma PNS dan sukarelawan yaaa..
    salam rimba raya lestari..

    • bocahbancar says:

      Alhamdulillah sudah sahur… 🙂
      Hohohohohoho…..Lebih dari sekedar LSM, programnya sangat beragam dan berdaya guna…Meski memang tidak dipungkiri akan adanya oknum yang masih saja memanfaat dana untuk… ************
      Salam semangat selalu Mas dan Mbak Rimba Raya Lestari 🙂

  10. Septa says:

    Daku datang dikala waktu sahur tiba…
    Ayo kita sahur berjamaah.. he he

    Salam

  11. KangBoed says:

    mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  12. Kunjungan dari seorang pengembara..hehe..
    Salam Perubahan untuk Juragan..
    Selamat menjalankan ibadah puasa..
    Salam AnakBangsa..
    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/08/27/15-pertanyaan-yang-tidak-akan-pernah-ditanyakan-tuhan/

  13. uny says:

    waduh…. panjang bgetz artikelnya…..

  14. SanG BaYAnG says:

    Mampir siang di sela-sela ibadah puasa sambil menjenguk teman.. 😀

  15. Mas. Ijinkanlah daku hanya untuk sekedar nampang di blognya mas> :::: 😀

  16. Pakde Cholik says:

    Usahanya bagus banget, semoga bisa terlaksana dengan sukses. Tokoh-tokohnya juga kaum intelektual, mudah2an badan ini mampu mewujudkan cita-citanya.
    Salam dari Surabaya

  17. Anla says:

    Tengkyu2 uda ngasi ilmu baru. . . .
    Pekerja sosial,
    bekerja u/ mengabdi pada masyarakat
    bener begitu kah?

  18. kupatahu28 says:

    Kang tukeran link nya, hehe….

  19. kupatahu28 says:

    Pagi kang, heeuh tiris pisan euy brrr….
    Selamat Menunaikan Ibadah Puasa… ^_^

  20. diazhandsome says:

    wah, mas Bocahbancar ini mengenalkan berbagai kelompok masyarakat ke orang lewat blog nih. mantap.

    semoga amal ibadahnya diterima di sisi-Nya deh… (LHO??)

  21. Hariez says:

    malam sobatku Joe.. 😀 seperti biasa kau memang seorang yang berbudi bijak sob..setelah membaca poin-poin dari ke 2 pasal diatas, aku jadi ingin menapaki ini bersama kau, seperti kau menapaki kakimu di jalan yang bermanfaat untuk sesama..salut Joe..salut

    -salam- ^_^

    • bocahbancar says:

      Selamat malam Mas Hariezzz….
      Hhmm..Menurut pasal di atas, IPSPI ini memang sangat keren dan bermanfaat sekali, namun sayang Mas, sekarang tidak jelas kelanjutan dan kabar IPSPI ini, makanya saya terus menyuarakannya agar nanti profesi Peksos ini benar2 ada sertifikasinya dan diakui oleh masyarakat luas…
      Terima kasih atas pujian yang berlebihannya ya Mas he he he…
      Salam semangat selalu

  22. ageleng says:

    nyimak dlu, bauat nambah ilmu.. 🙂

  23. kadang blue koq suka tanya kenapa blue tak sehebat u yah jika ngepost hehehe………..ajarin dong mas
    semoga jiwa sosialmu selalu berada di depan dibandingkan tuk menyenangkan diri sendiri………….hohohoho
    salam hangat selalu

    • bocahbancar says:

      HOhohohohoho…
      Tiap orang punya cara yang khas masing2 dalam menuangkan pemikirannya Mas Blue…
      Postingan sampeyan juga sangat tinggi dengan gaya bahasa khas Sastra kok… 😉 Itu keren lowh Mas Blue….

      Salam semangat Bocahbancar

  24. tuyi says:

    anda emang berjiwa sosial ya…, salut deh smoga berkah ngejalaninnya..

  25. Casual Cutie says:

    wah info seperti ini sangat bagus jika menyebar luas di masyarakat. menambah pengetahuan. saya juga sebenernya baru tau. hhehehe

  26. Ngomongin apa sich mas?
    kok saya lumayan nggak ngerti?

  27. phiy says:

    ngomong2 soal DEPSOS, pernah mampir ke sana ga joe?
    aku pernah ke sana dan.. @#$%^
    lagi puasa ga boleh ngomongin kejelekan orang yak :mrgreen:

    pemuda sepertimu dan temen2mu harus merubah imej buruk dan membangun imej baik untuk depsos dan ikatan seperti ini joe 😉

    • bocahbancar says:

      Hohohohoho…Pernah banget Phiy, bahkan saat test mau masuk STKS itu tempatnya ya di kantor DEPSOS RI he he he

      Hohohoho, ada pengalaman jelekkah di sana Phiy…

      Yups..Kalo masalah IPSPI ini sich ga cuman pemuda idealisme seperti saya Phiy, namun pihak yang sudah “tua-tua” juga sangat menentukan hohohohohoho 😀

      Terima kasih atas semangatnya

  28. kw says:

    iya baru tahu, untung kau mempostingnya. bisa dimaklumi kalau kurang berkembang,,, soalnya masih suka nyari duit… 🙂

    • bocahbancar says:

      Hohohohohoho..
      Mantep to infonya 😀
      Hhm..masih banyak yang perlu dibenahi, namun saya yakin pasti bisa menjadi Ikatan Peksos Profesional yang lebih baik dan sejajar dengan negara2 lainnya 🙂

  29. Aisha says:

    Bro namamu ada di award yang bagian ke 3.Award Sang Cerpenis bercerita.namamu di samping kucing keren” hehehe

  30. kakak joko … sekedar kangen maka aku berkunjung ke sini ..heheh

  31. Aisha says:

    wah..info menarik bro.Thanks.

  32. kawanlama95 says:

    bagi pekerja sosial haruslah mempunyai modal yang kuat selain niat dan idealisme tetapi dana yang cukup utk diri sendiri agar tak mengangu aktivitas kita sendiri

    • bocahbancar says:

      HHmmm..Tidak harus sich Mas, tugas kita adalah menghubungkan PMKS dengan sistem sumber, jadi bukan kita yang membantu memberikan sumbangan dana, namun kita yang membuatkan jalan supaya pihak2 yang seharusnya memberikan bantuan dapat mengucurkan dana bantuannya…

      Sebagai Peksos kita tidak mengambil sebagian dari dana bantuan tersebut, namun sudah ada gaji tersendiri 😉

      Salam semangat selalu

  33. BRAM IRIANTO says:

    Demak, 26 Agustus 2009, Jam : 01.45 WIB

    Salam kenal dan sukses selalu buat keluarga besar IPSI

    • bocahbancar says:

      Hhmm..salam kenal juga wahai orang Demak…..’
      Terima kasih atas doanya…
      (BUkan IPSI tapi IPSPI singkatan dari Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia)

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] IPSPI(Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia) adalah satu-satunya organisasi profesi yang menaungi para pekerja sosial yang ada di Indonesia. Terbentuk sejak tahun 1998, namun dengan segala keterbatasan dan kelebihannya, tahun 2010 baru membenahi segala macam kesalahan di masa lampau. Insyaallah tahun 2010 inilah tahun kebangkitan Pekerja Sosial. More about IPSPI can be seen in here Mengenal Ikatan Pekerja Sosial Indonesia. […]

  2. […] Agenda: Bincang-bincang santai tentang Pekerja Sosial dan update informasi tentang persiapan kongres IPSPI(Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia). […]

  3. […] Muda, IPSPI, jakarta, Kongres, Presidium, Reorganisasi, swprc } IPSPI merupakan kependekan dari Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia. Sebuah wadah organisasi yang dapat mengeluarkan sertifikasi kepada pra pekerja sosial yang ada di […]



Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: