ASIAN WOMEN’S FUND AND JUGUN IANFU

Berbicara mengenai Asian Women’s Fund (AWF), sangat erat kaitannya dengan Jugun Ianfu. Jugun Ianfu sendiri adalah istilah yang berasal dari kata Jepang yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai istilah yang digunakan untuk merujuk kepada wanita penghibur (bahasa Inggris : comfort women) yang terlibat dalam perbudakan seks selama Perang Dunia II di koloni Jepang dan wilayah perang.

Eks Jugun Ianfu

Para perempuan Indonesia biasanya direkrut menjadi jugun ianfu berdasarkan paksaan (diambil begitu saja di jalan atau bahkan di rumah mereka), diiming-imingi untuk sekolah ke luar negeri, atau akan dijadikan pemain sandiwara (seperti yang terjadi pada ikon perjuangan jugun ianfu asal Indonesia, Ibu Mardiyem). Sampai saat ini, para mantan jugun ianfu masih merasakan trauma psikologis dan gangguan fungsi fisik akibat pengalaman pahit yang pernah mereka alami. Belum lagi masyarakat yang tidak memperoleh informasi dengan benar, justru menganggap mereka sebagai wanita penghibur (tanpa paksaan).

Lalu, apa kaitannya antara AWF ini dengan Jugun Ianfu? AWF adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh pemerintahan Jepang untuk menangani permasalahan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan selama perang dunia II. Menurut riset oleh Dr. Hirofumi Hayashi, seorang profesor di Universitas Kanto Gakuin, jugun ianfu termasuk orang Jepang, Korea, Tiongkok, Malaya (Malaysia dan Singapura), Thailand, Filipina, Indonesia, Myanmar, Vietnam, India, Indo, Belanda, dan penduduk kepulauan Pasifik. Jumlah perkiraan dari jugun ianfu ini pada saat perang, berkisar antara 20.000 dan 30.000. Pengakuan dari beberapa jugun ianfu yang masih hidup jumlah ini sepertinya berada di batas atas dari angka di atas. Kebanyakan rumah bordilnya berada di pangkalan militer Jepang, namun dijalankan oleh penduduk setempat, bukan militer Jepang.

Saya sendiri mengetahui mengenai AWF ini ketika sedang membaca jurnal-jurnal buku yang ada di perpustakaan STKS Bandung. Saya kira peranan AWF ini sangat positif, laporan dana bantuan dari AWF yang akan dikucurkan bertahap selama 10 tahun dimulai tahun 1997-2007 dapat Anda download di sini. Namun ketika saya mencari informasi lebih lanjut melalui media internet, saya temukan ada ketidakpuasan karena ketidakmerataan dari pengalokasian dana AWF ini. Yang keras menyuarakan penuntutan keadilan ini dapat Anda lihat di JugunianfuIndonesia.

Sebagai calon seorang pekerja sosial, tentunya saya tidak hanya melihat dari satu sisi saja, namun pada kasus ini, memang benar-benar harus menelusuri kebenaran dari pengalokasian dana tersebut apakah benar untuk kesejahteraan Eks Jugun Ianfu ataukah hanya bagi pihak-pihak terntentu saja. Saya pribadi mengungkapkan sangat mendukung dari program AWF, namun jika pelaksanaannya tidak benar, itu yang perlu dibenahi.

Mungkin, ada di antara Blogger yang memiliki pengetahuan mengenai AWF dan Jugun Ianfu Indonesia ini, mohon sumbang saran diskusinya.

Salam semangat Bocahbancar

Bahan Bacaan :

1. Laporan Buku Depsos RI mengenai Bantuan AWF tahun 2007

2. http://www.awf.or.jp/

3. http://id.wikipedia.org/wiki/Jugun_ianfu

4. http://www.rnw.nl/id/bahasa-indonesia/article/jugun-ianfu-kesaksian-mardiyem

Tidak Lupa Saya Ucapkan

“Selamat Mempergunakan Hak Pilih Anda”

šŸ™‚

Comments
80 Responses to “ASIAN WOMEN’S FUND AND JUGUN IANFU”
  1. Salam sejahtera,

    Silakan mengunjungi website kami di http://www.jugunianfuindonesia.org, juga bisa mengunjungi jugunianfuindonesia di facebook dan silakan menggunakan artikel yang ada di website sebagai bahan rujukan dengan mencantumkan sumber kami.

    Hingga hari ini penelitian dan perjuangan membela para korban masih terus berlanjut dan mohon dukungan.

    Terimakasih.

    Redaksi

    • bocahbancar says:

      Salam….. šŸ™‚
      OK Pak terima kasih atas kunjungan Anda, tidak menyangka bakaln dikunjungi oleh Redaksi dan Ianfu Indonesia…..

      Saya akan memberikan dukungan sebisanya, salah satunya melalui artkel2…..

  2. Ihwan says:

    Saya baru tau mengenai AWF, thanks infonya!

  3. saya juga sangat mendukung sekali awf ini, namun ketika yang terjadi adalah penyalah gunaan hak, berarti perlu ada yang mengambil sikap

  4. Wah saya malah tahu soal AWF ini dari blogmu mas…
    nanti kalo dengar info saya sharing šŸ™‚

  5. Ria says:

    saatnya wanita harus di hargai, miris banget kalo inget jaman dulu ya.
    kakekku beberapa kali cerita kalau dulu memang banyak kejadian seperti itu. waktu itu makanya banyak perempuan yang tidak diperbolehkan pergi kesekolah atau sekedar berjalan2…takut di culik

    • bocahbancar says:

      Hhmm..memang mengferikan yawh…
      Semoga AWF dan JUgunianfu indonesia ini bisa memberikan jalan terbaik bagi Eks Jugun Ianfu….

      Salam semangat Bocahbancar…..

  6. sambengan says:

    waduh saya gk ngeerti kalo masalah begituan, kurang paham!

  7. KangBoed says:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang

  8. bhejho4060 says:

    memang penjajah itu sangat keji yaaa??? udah menjajah negeri ini sampe2 meninggal kan kepedihan yang sangat dalemm….

    salam mercu

  9. Iklan Baris says:

    Wah kalo saal itu saya kurang ngeti apa-apa, saya malah baru baca ini saja, bisa buat pengetahuan nih, biar kupernya ilang dikit!
    bagi saya yang terbaik saja lah, biar semuanya bisa baik
    terima kasih pengetahuannya!
    Stop
    Dreaming Start Action

  10. kezedot says:

    malam sahabat
    miss u nich blue he salah kezedot maksudnya………..
    salam hangat dalam 2 musimnya blue

  11. zulhaq says:

    pernah di liput di acara TV tuh tentang wanita2 jugun ianfu
    karena masih banyak yang masih hidup, dan mereka menceritakan semuanya dari A sampe Z. terus dateng ke tiap lokasi hunian mereka dulu. tapi salut buat mereka, karena bisa bertahan dangan optimisnya walaupun mengalami masa lalu yang memprihatinkan. kita ambil dari sis baiknya aja

  12. BPā„¢ says:

    subhnAllah, bagus deh kalo gitu. saya dah brp kali nonton liputan jugunianfu di tv. dan nasib mereka bener2 tragis. korban PD2. mereka seolah ga dihirauin sm pemerintah, pdhal yg bgini2 ini yg harus diperhatiin. krn bbrp dr mreka adalah istri para pejuang kita. jadi lega deh pas baca postingan ini. paling ga di usia mereka yg dah menua, ada yg merhatiin šŸ™‚ alhamdulillaah.. thx bro infonya..

  13. siang sahabat.
    blue datang menyapamu
    salam hangat selalu

  14. diazhandsome says:

    tumben ya gak dibales??

  15. Hariez says:

    wahh…kebetulan aku pernah dengar istilah Jugunianfu tapi tak pernah mencari tahu baru sekarang aku mengetahui detail dari tulisan mu sobat..semoga tercapai cita-citamu kawan šŸ˜€

    -salam- ^_^

  16. 4z1z4h says:

    inget jepang inget restorasi meiji…

  17. zee says:

    Sama loh, saya juga baru sekali ini dengar soal ini.
    Tapi saya memang bercita-cita suatu saat bila ada rejeki cukup dan tentunya waktu, saya bisa ikut berkegiatan sosial…

  18. ~noe~ says:

    jangankan masukan informasi, mendengar info ini aja adalah baru bagiku. maksude info AWFnya.
    semoga organisasi ini bukan untuk menutupi borok2 penjajah jepang, melainkan karena ketulusan hati ingin memperbaiki sejarah.
    salam…

  19. nh18 says:

    Saya sering membaca kisah mereka …
    dan selalu merinding …
    betapa penderitaan mereka itu sangat dalam …
    baik lahir … apalagi bathin …

    semoga inisiatif AWF ini bisa berguna bagi mereka

    Salam saya

  20. erfano says:

    blogmu keren…ajarain dong! he…he….

  21. erfano says:

    wah aku baru denger toh,……congratz untuk bidang sosialnya! salam kenal juga!!!!

    serujadiguru.blogdetik.com

  22. wah mantapz…., kaya pelajaran sejarah…

  23. nuzul says:

    weh bagus ni… nanti saya kasih tau ke semua cwe yg saya tau.. hhe

  24. wi3nd says:

    smo9a dana ituh benar adanya dialokasikan kepada mreka para ju9un ianfu
    kasihan mreka,ban9sa sendiri sajah kuran9 memperhatikan šŸ˜¦

    sm09a saja,pemerintahan kali ini yan9 baru dan suda terpilih bisa menjadi lebih baik den9an perubahan perubahan yan9 semakin baik,amin šŸ™‚

    makasi infonya šŸ™‚

  25. hanjaya839 says:

    waw! banyak orangnya di poto…

  26. siang sahabat

    pa cabar?
    maaf blue sedang kesepian jadi agak lama yah……
    blue jadi ingat filmnya tante yeny rahman judulnya Budak Nafsu karya om Syumanjaya….keren banget filmnya
    salam hangat selalu

  27. Wah. .blognya sngat informatif ya mas. .keren

  28. irfan says:

    suka jepang nyak . . ?
    lam kenal nyak .

  29. tigaw says:

    lagi-lagi postingan yang bermanfaat bagi bangsa kita… lah kita sendiri korban G30SPKI saja malah 7 turunan di bumi hanguskan padahal belum tentu semuanya salah…
    “Mas joko cakep” katanya indi dan inda lho maz bukan diriku heee–hee–heee—
    sama kaya indi pakai “matakaca” !!!

    • bocahbancar says:

      Wah..Mas Tigaw ini sering maen ke isni yawh…
      Tapiu kok ga pernah ninggalin link yawh, jadinya saya tidak bisa menuju ke sana balik nich….
      HHmm..memang masih banyak mas permasalahan yang tak unjung usai hingga sekarang…
      Wah Indi san Inda ini siapa..?? Anaknya Mas Tigaw yawh…
      Wah senangnya dipuji cakep sama mereka he he he šŸ˜€
      Owh.ya, pake kacamata itu enak,. jadinya punya kesan kalem he he…
      Salam semangat Bocahbancar…..

  30. HasruL says:

    Wah…. šŸ™‚
    mas joko ngerti apa aja ya… šŸ™‚
    ya iyalah belajar khan šŸ™‚

    Tapi sayang saya enggak punya pengetahuan tentang AWF

  31. frozzy says:

    tragis juga yah, kalo dana yang sedianya untuk keperluan sosial malah diselewengkan juga…..

  32. waduh ternyata jepang tidak hanya meninggalkan penjajahan fisik, tp juga psikologis …
    duh nasib bangsa ini šŸ˜¦

  33. accan says:

    wah accan ga ngerti nie,,,,,,

    numpang lewat uya…. šŸ™‚

  34. Casual Cutie says:

    baru tau istilah itu. kalo memang penyalurannya tidak merata semestinya segera ditindak lanjuti.

    kasian juga ya dengar kisah mereka….

  35. iya nih, coba ada gambar ilustrasinya šŸ™‚

  36. indra1082 says:

    itu gak ada FOTO2 WAKTU MASIH MUDANYA YA??HEHEHEHEHE

  37. phiy says:

    aku malah baru tau tuh joe ada istilah jugun ianfu šŸ˜€
    kenapa tuh bisa terjadi ketidakmerataan? ada yg “mai2nin” dananya tah?

    • bocahbancar says:

      Hohohohoho..HOntou desu ka..???
      Jadi Phiy bisa lebih tahu dari sini dunks hehe…
      Hhm..kemungkinan dana dimainin atau sebagainya dech, itu mah pemerintah yang ngurus

  38. diazhandsome says:

    denger kata jugun ianfu jadi inget sama P*K gitu”… bener gak sih?

  39. Aribicara says:

    Kalau di Yogya sini banyakdulu yg jadi wanita penghobur tentara jepang bro…

    kasian kalau dengar kisah mereka….

    Salam šŸ™‚

  40. Nisa says:

    Wahh… maaph Nisa gak ngerti apa2… n malah baru ngerti dari mas Joe ini… šŸ˜€

    Wah,,,, calon pekerja sosial… Gudlak yuhh brader ^^

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: