IMS dan HIV/AIDS

Tulisan ini membahas mengenai Informasi tentang Infeksi Menular Seksual(IMS) dan HIV/AIDS. Isinya saya rangkum dari Buku yang diterbitkan oleh Prevention and Allevition of HIV Impact in Indonesia Derpartemen Sosial – The Global Fund ATM.

Apakah HIV itu..?? HIV atau singkatan dari Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan melemahkan kemampuan tubuh kita untuk melawan segala penyakit yang dating. HIV menyerang dan menghancurkan sistem kekebalan sehingga tubuh tidak mampu melindungi diri. Berbagai indfeksi yang biasanya tidak berbahaya menjadi ancaman bagi kehidupan.

Apakah AIDS itu..??AIDS singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah sekumpulan gejala penyakit yang didapat akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia yang disebabkan oleh virus HIV. Penderita AIDS meninggal bukan semata-mata disebabkan oleh virus, akan tetapi oleh penyakit lain yang biasanya tidak terlalu berbahaya menjadi mematikan karena sistem kekebalan tubuh kita sudah tidak berfungsi lagi.

Bagaimana kita tahu kalau kita terinfeksi HIV/AIDS..?? Penderita HIV bisa tampak sangat sehat, artinya kita tidak bisa melihat apakah seseorang itu terinfeksi HIV atau tidak. Jadi jalan satu-satunya itu hanya dengan melakukan tes darah.

Siapa yang bisa terinfeksi..?? Siapa saja dan termasuk Anda (^_^)

Bagaimana penularan HIV..?? HIV dapat ditularkan dengan empat cara utama :

1.Melalui hubungan seks dengan orang yang terinfeksi.

2.Melalui darah yang sudah terinfeksi HIV.

3.Melalui jarum suntik yang dipakai secara bergantian di kalangan pecandu narkotika penderita HIV?AIDS.

4.Melalui ibu hamil pengidap HIV pada bayi yang dilahirkan HIV tidak menular melalui : Bersin, Ciuman pipi, Kolam renang, Menggunakan alat makan secara bersama, Bergandengan tangan, Gigitan nyamuk, Penggunaan WC umum secara bersama.

Bagaimana melindungi diri terhadap AIDS dalam soal seks..?? Dengan cara ABCD. A:Anda jauhi seks, artinya anda puasa seks sepanjang tidak bersama suami atau istri. B:Bersikap saling setia kepda pasangan. C:Cegah dengan selalu menggunakan kondom. D:Dihindari penggunaan jarum suntik yang tidak steril secara bersama-sama. Pastikan Anda ingat ABCD ini dalam hidup Anda.

Apa tanda dan gejala dari Infeksi Menular Seksual..?? Pada umumnya seperti ini : 1. Ada cairan yang keluar dari dalam kelamin, bisa berupa nanah, lendir yang jumlahnya lebih dari biasanya dan berbau. 2. Ada bentukan cembung pada kulit, berupa lenting atau lepuhan. 3. Ada bentukan cekung pada kulit, berupa tukak/luka seperti pada raja sing(sifilis) 4. Adanya kutu pada bulu kelamin

Apakah IMS itu..?? IMS merupakan infeksi yang menular melalui hubungan seksual. Pada laki-laki gejala IMS lebih mudah dikenali, namun pada wanita sebagian besar tidak menimbulkan gejala dan cenderung menjadi sumber penularan IMS ini.

Jenis-jenis IMS : 1. Gonore(GO) atau kencing nanah : Gejala pada wanita berupa cairan berwarna putih kental, berwarna kekuningan, rasa nyeri di ronga panggul. Pada pria ditandai dengan rasa gatal, panas, nyeri pada waktu buang air kecil, kencing bernanah dan baunya khas. 2. Trikomonas Vaginalis : Adanya cairan vagina seperti dijelaskan di atas, Vulva agak bengkak, kemerahan gatal, berbusa dan terasa tidak nyaman 3. Kondiluma Akuminata(Jengger Ayam) : gejalanya berupa beberapa kutil di bawah kemaluan 4. Klamidia : Keluar cairan berupa putih kekuningan, terasa nyeri di rongga panggul, dan pendarahan setelah melakukan hubungan seksual 5. Herpes Kelamin : Bintil-bintil berair yang sangat nyeri pada kemaluan kemudian pecah dan meninggalkan luka yang sangat kering mengerak lalu hilang 6. Sifilis(Raja Singa) : Luka pada kemaluan tanpa rasa nyeri, biasanya tunggal, sekunder, bintil/bercak merah di tubuh. 7. Kutu Kelamin : Pada umunya menyerang rambut manapun kecuali rambut kepala

Ya demikianlah sedikit ilmu yang bisa saya bagikan karena sudah mengobrak-abrik isi perpustakaan di STKS Bandung. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini saya buat untuk melanjutkan pengetahuan mengenai HIV AIDS di tulisan saya yang ini SEMINAR HIV/AIDS

Advertisements
Comments
14 Responses to “IMS dan HIV/AIDS”
  1. aldo dzpeckkk says:

    mendingan mencga dri pada mengobatii……..?????

  2. angel says:

    sebenarnya orang yang sudah terkena ims ataupun hiv hidupnya tidak akan lama??
    kira-kira berapa lamakah mereka yang terkenapa penyakit ims ataupun hiv hidup …

    • bocahbancar says:

      Memang demikian, hal itu akan bertambah parah(mempercepat kematian) ketika penyandang HIV/AIDS (ODHA) ini tidak mendapatkan pelayanan yang benar.
      Mengenai berapa lama bertahan hidup, tentu saja tidak bisa ditentukan dengan hitungan bilangan, yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan pelayanan(baik hubungan interaksi dengan orang, kebutuhan kesehatan, kebutuhan jasmani dan rohaninya). Dipandang kuat dengan pelayanan yang maksimal, maka penyandang IMS maupun HIV/AIDS ini paling tidak masih bisa merasakan kehidupannya secara normal hingga saat tertentu.

  3. semakperjg says:

    Bersentuhan atau berjabat tangan dengan ODHA, penggunaan WC bersama tidak menularkan HIV/AIDS. Hal ini perlu kita sosialisasikan kpd masyarakat sehingga tidak menjadi penafsiran yang salah terhadap HIV/AIDS/ODHA.
    —————————————————————-
    Ya benar sekali…
    itu tidak menularkan…

    Akan saya coba sosialisasikan….

  4. rioardi says:

    gua gak kena….. malas ah kenak….. malas…. salam kenal ya njar,,, blognya keren
    ————————————————
    Alhamdulillah Mas ga kena…Semoga sampai kapan pun ga akan pernah kena yawh….

  5. asihgemini says:

    ya ampun… ternyata member dbs juga ya?
    lam kenal ya pak…
    😀
    ————————————
    Yups salam kenal juga yawh..
    Tolong sertakan alamat BLOG Anda, maka akan saya pasnag di Link di sebelah kiri BLOG saya..
    Terima kasih…..

  6. salam kenal. setuju dengan @Upik. semoga kita dijauhkan dari penyakit yang demikian.
    ———————————————-
    Ya saya juga setuju kok..
    Amiinnn……

  7. Upik says:

    Semoga kita dijauhkan dari penyakit yang demikian….
    —————————————-
    Amiinnn…amiinnn…..

  8. Cadink says:

    Ini penyakit yang menjanjikan….. (Menjanjikan untuk mati :D) heee….
    ———————————————————-
    Ya Betul Mas,…..

  9. phiy says:

    hehehe…gud-gud-gud..
    trus menurutmu, kebijakan ATM kondom dan Jarum suntik gratis tu gimana? 😉
    ——————————
    Kalo menurut agama dan keyakinan tentu saja sangat tidak setuju Phiy karena ini dianggap sebagai tindakan yang melegalkan maksiat prostitusi..

    Yach tapi itulah sebuah kebijakan, untuk sementara kebijakan yang dirasa paling bisa mencegah melejitnya angka2 HIV AIDS ya baru itu..

    Jika Phiy punya usulan yang lebih agamis dan rasional sangat dimungkinkan kok perubahan..

    Selalu berpikir yaw Phiy untuk perubahan itu, saya juga sedang berusaha mencari solusi terbaik…

    Salam hangat Bocahbancar…..

  10. fandi88 says:

    Ayo rangkul sodar2 kita yang terinfeksi,. kita tidak perlu mendiskriminasikan mereka., & Jaga pergaulan aja jangan sampe kita tertular.. 🙂
    ———————————————————
    Yupz setuju Mas….

    Semangat……

  11. geulist133 says:

    Keduax!
    mudah mudahan gw juga gak kena! 😀 itu penggunaan WC umum secara bersama, tergantung juga dipake buat apa? 😛 kalo dipake buat yang kagak kagak? bisa kcao juga tuh
    —————————————————————-
    Ammiiinnnn….
    Hah dipake yang kaga2 contohnya apa tuwh..?? Ga banget dech make WC umum buat yang kaga2 he he he he….

  12. diazhandsome says:

    yeah~ gw gak kena HIV… Insya Allah gak kena.
    hehehe…
    ——————————————–
    Amiinn…amiinnn….Jangan sampai kena yawh…

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: