CERITA BOCAHBANCAR MASUK STKS

Ini adalah postingan saya yang lalu tepatnya tanggal 23 September 2008. Saya memposting ini karena teman-teman sekelasku banyak yang menanyakan tentang ceritaku bisa masuk STKS. Nah sekarang saya posting lagi karena dari kawan-kawan Dunia Maya(khususnya yang ingin masuk ke STKS) menanyakan hal serupa. Nah inilah Reborn dari cerita Bocahbancar masuk STKS(tanpa edit)

Aku jadi inget, beberapa waktu yang lalu banyak teman-teman yang menanyakan seperti ini, β€œEh Jok, gimana sich ceritanya kamu bisa masuk di STKS ini?”. Deg, langsung saja aku kaget. Belum pernah sebenarnya aku berfikir kenapa ya aku bisa masuk di sini, bahkan aku sempat tidak sadar owh ternyata aku sudah ada di sini ya, di STKS Bandung. He he he aneh yaw..
Tapi kalo diminta untuk menjelaskan, aku bisa masuk di STKS ini merupakan sebuah proses yang panjang dan memang kejadian kebetulan-kebetulan (tapi aku menyebutnya sebuah jalan yang diberikan oleh Allah SWT). Awalnya aku tidak tahu menahu tentang PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) yang namanya STKS atau Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial ini. Ini semua bermula ketika aku memulai pencarian agar bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dengan mendapat beasiswa atau masuk di Perguruan Tinggi Kedinasan dengan free cost atau dibiayai oleh pemerintah secara penuh. Nah, dari sinilah dimulai pencarian demi pencarian dan ketika sedang surfing di internet, aku menemukan salah satu BLOG anak STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) Bogor. Dia menuliskan bahwa sekitar akhir bulan Juni 2008 akan diadakan PTK Expo yang diadakan di GOR Volley Indoor Senayan Jakarta. Ya akhirnya dengan penuh semangat aku dapat menghadiri PTK Expo tersebut, di sana aku memperoleh pengetahuan baru tentang banyaknya PTK-PTK di Indonesia, namun sayangnya masyarakat kita banyak yang kurang tahu bahkan tidak tahu sama sekali mengenai keberadaan PTK-PTK ini, sebut saja STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat), AIM (Akademi Imigrasi), STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) dan masih banyak lagi termasuk STKS juga, tapi aku yakin kalian pasti masih sangat asing kan dengan PTK-PTK ini, sama, aku juga dulu itu baru tahu, owh ternyata ada ya, yang aku tahu hanya STAN dan IPDN saja.
Ternyata banyak sekali yaw PTK-PTK yang bisa menjadi pilihan, eits jangan salah, ternyata PTK-PTK ini juga mematok persyaratan tertentu untuk menjaring para calon mahasiswanya. Nah, dari sekian banyak PTK-PTK ini, PTK yang bisa aku masuki adalah hanya di STKS saja. Kenapa..?karena yang lainnya ada yang mensyaratkan bahwa harus lulusan SMA jurusan IPA, atau ada yang harus dari SMK jurusan Elektro, Mesin atau Listrik, ada yang harus memiliki tinggi badan minimal 175 cm, aduh..pusing dech, padahal tahu sendiri background aku tuh dari SMK jurusan Geologi Pertambangan dan hanya memiliki tinggi 165 cm. Hanya STKS inilah satu-satunya PTK yang hadir dalam PTK Expo tersebut yang berbaik hati bahwa pokoknya dari SMA/SMK/MA sederajat itu sudah bisa mendaftar dan mengikuti ujian saringan masuk. Lalu dengan bertanya sedikit tentang STKS ini di Stan pamerannya(tanpa mendapat brosur karena sudah habis) aku berniat untuk mendaftar di sini. Lalu aku bertanya, apakah harus mendaftar dan mengikuti tes di Bandung..?Ternyata tidak, di Jakarta sendiri kita bisa mendaftar dan tes di kantor DEPSOS RI jalan Salemba Raya Jakarta Pusat. Akhirnya mulailah aku mendaftar di sana, lalu ada satu kendala lagi, ternyata yang mendaftar di sini tidak bisa atas nama perorangan, artinya kita harus bisa mendapatkan rekomendasi dari salah satu ORSOS, LSM ataupun organisasi berbasis kemasyarakatan lainnya (dalam kenyataannya kita bisa minta dari Karang Taruna atau dari Remaja Masjid, dan kebetulan aku sendiri dapat rekomendasi dari Masjid Al-Jihad Jakarta Utara).
OK lah aku sudah mengantongi semua persyaratan untuk mengikuti tes masuk STKS ini, akhirnya tes pun dimulai dan yang mengherankan lagi (dan aku juga sempat ragu) yang ikut tes kok cuman 24 orang itupun digabung dengan calon mahasiswa yang sudah pegawai negeri. Tapi its OK lah. Terus saja aku mengerjakan soal dengan penuh keyakinan karena kemaren-kemaren udah belajar dengan sungguh-sungguh. Tes sudah selesai, tinggal menunggu pengumuman kelulusan dan pada saat pengumuman aku langsung telfon ke STKS langsung dan menanyakan apakah lulus atau tidak. Alhamdulillah, ternyata aku lulus dan merupakan salah satu penerima beasiswa yang disebut dengan IB PBP (Ijin Belajar Penerima Bantuan Pendidikan).
Inilah jalan ceritaku kenapa bisa sampai di STKS. Memang sich ceritaku ini tidak begitu menarik, tapi bagi sebagian orang yang ingin terus mempertahankan asanya dalam mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi meskipun tidak mempunyai dana atau orang tua tidak mampu membiayai, ceritaku ini bisa untuk dijadikan pecut bagi kita untuk terus maju. Yakinlah ketika kita ingin mengubah keadaan kita saat ini selalu MESTAKUNG (meminjam istilah dari AA Gym) yang artinya semesta akan selalu senantiasa mendukung dan tentu saja harus selalu berdoa kepada Allah SWT agar dimudahkan jalan kita.
Selalu ZemangaTz….

Comments
27 Responses to “CERITA BOCAHBANCAR MASUK STKS”
  1. semangat terus ya mas

  2. aris says:

    semoga sukses… btw, klo beasiswa ditarik, jangan kayak yang di Singpura itu ya! :p
    ———————————————————-
    Hohohoho Iyah kok Insyaallah ga maz..

    Salam Bocahbancar….

  3. fety says:

    walaupun pernah kerja kurang lebih 2 tahun di Bandung, baru setelah tinggal di jepang tahu kalau di Bandung ada STKS:D:D makasih blogwalkingnya sampai di blog saya..
    ————————————————————
    Duenk…Ternyata memang banyak sekali yaw yang ga tahu apa itu STKS he he he..

    ga papa lah alhamdulillah sekrang banyak teman2 yang tahu STKS kan..

    Eh Mbak masih di Japan..????

    Wah…saya pasti akan banyak nanya sama sampeyan Mbak, ga papa kan he hehe..

    Salam hangat selalu dari Bocahbancar….

  4. aribicara says:

    Sudah terlalu banyak orang2 Besar dan Orang2 Luar Biasa yang bisa menjadi LUAR BIASA karena mereka PASTI melakukan sesuatu Yang LUAR BIASA PULA πŸ˜€

    Kita Tinggal PILIH πŸ™‚

    Salam πŸ™‚
    —————————————————————–
    Ya ya ya berarti untuk menjadi orang besar memang harus melakukan hal yang besar pula kan..

    HOhoho pesanya sudah saya tanhgkap Maz,..

    Salam Bocahbancar…

  5. AgamKelana says:

    Sukses Bro…Amin
    —————
    Aminn..aminnn….

  6. semoga bisa sukses
    ——————
    Amiinn….

  7. YUMMY says:

    oya…bang prnya belum tuh….
    ————————
    Lowh kok belum sich…

  8. Chic says:

    ow saya baru tau kalo sekolah-sekolah tinggi itu jenis banyak… πŸ˜† apakah juga memakai sistem ikatan dinas seperti halnya STAN dan IPDN?
    —————————————————————–
    Iyah banyak kok, kebanyakan juga Ikatan Dinas..
    Di STKS ini ada sistem Ikatan Dinas, namun hanya dari Makasar dan Pangkal Pinang saja ..
    Untuk angkatan saya kira kira seperti ini..
    Dari 240 Mahasiswa angkatan 2008..
    40% Ikatan Dinas
    40% Mahasiswa Izin Belajar
    20% Tugas Belajar..

  9. kw says:

    wow… seru juga. jadi karena kebetulan yak
    haha
    ————————————–
    Ya bukan kebetulan juga sich, hanya Allah itu selalu memberi jalan saja(saya dimudahkan jalannya)..
    Jadi ya intinya tetep usaha dulu baru kemudian saya menyebutnya kebetulan..

  10. RCO says:

    Pa kabar?
    ——-
    Alhamdulillah sehat Maz…

  11. RCO says:

    Pengalaman memang harus dibagi-bagi.
    ———————————
    Hohohoho betul Maz…

  12. MAZPRAM says:

    KEPRIWE KABARE BANCARR..WARAS MBOK
    ———————————–
    Wah saya ga tau sekarang Bancar gimana, saya kan berdomisili di Bancar…
    Alhamdulillah Ma’e sehat wal afiat kok Maz Pram..
    Matur Nuwun..
    Eh iya saya Bancar Jawa Timur Low Maz..

  13. phery says:

    heheheh ternyata banyak juga ya PTK. Terus kalo dah lulus nanti ditempatinnya di kantor apaan mas?
    ————————————————————
    Banyak banget Maz cuman yang Statusnya Ikatan Dinas itu yang sedikit he he he..
    Nah termasuk saya ini tidak langsung Ikatan Dinas, sementara Ikatan Dinas hanya bisa dari Pangkal Pinang(Bangka Belitung) dan Makasar(Suawesi Selatan)

  14. wi3nd says:

    mahal nda masukna jok?

    klu tau dari dulu daku ambil STKS..

    well..900d lucK yaaa…!!
    —————————
    Mahal dari mana..???

    Sangat sangat murah untuk suatu pendidikan yang sangat bermanfaat untuk negeri ini..
    Biaya masuk jika sebagai penerima beasiswa hanya 1.7 juta saja dan selanjutnya FREE..
    Kalo reguler biaya masuk pertama 3.5Juta kemudian per semesternya 750 ribu saja..
    Mahal mana sama PTN yang masuk SPMB..??Ga beda jauh kan

    OK makasih atas supportnya…Wi3nd..

  15. Manggis says:

    Moga saja postingan ini bisa jadi rujukan yg bergunaaaa buat yg lagi nyari PTN gretongan….!

    Salam kenal…
    ———————————————————-
    Hohohoho..
    PTN Gretongan…??Saya ga tau hal ini…
    Salam hangat Bocahbancar…

  16. selalu hadir menyapa sahabat blue ini
    semangat dan semoga indah harimu saat ini
    salam hangat dalam dua musimnya blue
    ———————————–
    Iyah Blue baik sekali sudah mau menyempatkan diri untuk menengok ke sini kawan..

  17. annosmile says:

    sukses bro
    ———
    Miinn…aminnn…

  18. diazhandsome says:

    jangan lupa, itu semua karena takdir yang telah ditentukan oleh Allah swt…

    iya gak?? (gile, ternyata bisa juga ya abis tobat langsung ceramah?)

    hehehe
    ——————————————————–
    Hohohohooho..Siip lah….

  19. Arm says:

    sama kaya’ komen2 di atas, baru tau saya ada STKS πŸ™‚

    have a nice college life πŸ˜‰
    ———————————————-
    Ya kenalan dulu saja he he he..

    Yupz Arigatou Gozaimashita….

  20. yoan says:

    wah coba kalo saya tau STKS dari dulu…. *ngayal…*

    tapi sukur lah ada kamu yang bisa mausk stks. bisa melanjutkan cita2 sayah sedari dulu yaitu mensejahterakan hidup rakyat indonesia.

    Amiin…

    πŸ˜€
    ————————————————————
    Hohohoho masih ngayal Maz…

    Iya dech insyaallah saya akan berusaha mimpi itu..’

    Semangat….

  21. phiy says:

    nice story πŸ˜‰
    aku juga baru tau ada STKS pas kenal joe, hihihi πŸ˜†
    ———————————————–
    He he he ya memang kok banyak sekali yang ga tau STKS bahkan anak SMA 1 Bandung saja yang satu jalan lurus tidak tahu apa itu STKS kan ironis..

    Tapi ternyata yang masuk di sini itu malahan kebanyakan relasi dari pejabat2 di daerah semua..

  22. geulist133 says:

    disini isinya mahasiswa kedinasan semua yah?
    selamat yah!!! ayo Geulist tahun ini kau mau sekolah dimana???
    ———————————————————
    BUkan kedinasan semua kok, saya ini Izin belajar biasa hanya dapat beasiswa saja..

    Lengkapnya silahkan lihat di sini.. https://bocahbancar.wordpress.com/stks-bandung/apa-sich-stks-itu/

  23. omiyan says:

    jalan panjang menuju sukses selalu ada cerita mas….jadi teringat saya ketika masuk STAN….
    —————————————————————-
    Hohohoho..Kata kata Maz Omiyan bikin tambah semangat saya nich..

    Wah alumni STAN to, impian banyak orang tuwh, temen saya juga ada yang sudah di sana..

  24. Joddie says:

    Wah selamat ya.. sukses !!
    ————————
    Insyaallah dan terima kasih banyak ya…

  25. Gusti Dana says:

    Oo…begitu ceritanya ya dik..??.Memang…kita harus bekerja lebih keras dan juga dengan berdoa,agar apa yg kita impikan dapat terwujud.

    Salam hangat dan persahabatan
    —————————————————————–
    Ya begitulah Pak ceritanya..

    Memang kok harus kerja keras terlebih dahulu..

    Salam Hangat dan persahabatan dari Bocahbancar….

  26. kweklina says:

    semoga bisa sukses ya..

    terus giat belajar…aku yakin Tuhan akan memberi jalan, manusia akan membantumu…
    —————————————————————
    Siip saya akan berusaha lebih keras lagi Mbak..

    Terima kasih atas semua supportnya..

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: