PEKERJA SOSIAL DAN PEKERJAAN SOSIAL

Gambar diculik dari sini www.ersis.wordpress.com

Gambar diculik dari sini http://www.ersis.wordpress.com

Apakah pekerjaan sosial itu..??? Dalam bidang ilmu yang Bocahbancar pelajari di kampus, pekerjaan sosial adalah suatu pekerjaan yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. Lalu siapakah yang disebut dengan Pekerja Sosial itu..??? Untuk lebih jelasnya akan Bocahbancar jelaskan macam pekerja sosial :

1. Relawan pekerja sosial

Relawan ini adalah mereka yang yang secara tulus ikhlas dari panggilan hati rela meluangkan tenaga dan waktunya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan

2. Pemeran pekerja sosial

Mereka ini adalah seseorang yang secara terpaksa karena pekerjaannya maka ikut serta dalam suatu organisasi yang bergerak di bidang sosial, mereka ini contohnya dalah seorang akuntan, arsitek, ahli matematika dan lain lain

3. Pekerja sosial profesional

Mereka adalah seorang pekerja sosial yang menangani permasalahan-permasalahan sosial dengan dibekali ilmu yang tentang pekerjaan sosial. Pekerja sosial profesional ini dapat langsung turun dan bekerja sebagai pekerja sosial klinis(panti, rumah sakit jiwa,rehabilitasi narkoba,rumah sakit dll), pekerja sosial masyarakat(pengembangan adat terpencil, seperti PNPM dll), dan juga pekerja sosial industri(pembuatan CSR, kebijakan untuk pekerja dll)

Nah mereka ini adalah orang-orang yang sangat berjasa dan telah melakukan pekerjaan secara langsung menyentuh masyrakat bawah yang membutuhkan. Tentu saja permasalahan yang kompleks di negara ini sangat membutuhkan seorang pekerja sosial, kita sebut saja gempa, tsunami, banjir, kemiskinan, gelandangan,anak-anak terlantar,tuna susila, pecandu narkoba dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua pekerjaan ini hanya dapat dicover oleh seorang pekerja sosial, terutama seorang pekerja sosial profesional.

Nah, dengan adanya Bocahbancar sebagai mahasiswa calon pekerja sosial profesional di STKS Bandung, harapan besar Bocahbancar adalah bisa melakukan yang terbaik untuk mengentaskan permasalahan-permsalahan sosial yang ada di negara Indonesia tercinta ini. Inilah langkah nyata yang Bocahbancar lakukan untuk Bumi Pertiwi, Indonesia Raya selain pemikiran-pemikiran persuatif.

Salam hangat selalu untuk Bocahbancar, semoga apa yang Bocahbancar cita-citakan dan impikan ini bisa terwujud, wujud Indonesia Raya Merdeka dan Sejahtera.

Semangat.

Comments
49 Responses to “PEKERJA SOSIAL DAN PEKERJAAN SOSIAL”
  1. Vi Toyy says:

    apa sih yang menjadi titik tekan dari pengertian pekerjaan sosial..??

  2. gabung dah,,untuk pekerja sosial terutama untuk medis semangat ya?

  3. umatun says:

    aslkuuum,,,,, law kerjanya ikhlas,,, puasti akeh pahalanya,,,,hehe^_^

  4. agus says:

    Pekerjaan Sosial adalah pekerjaan keterpanggilan jiwa,
    Pekerjaan Sosial membantu orang supaya dapat menjalankan fungsi sosialnya buat dirinya sendiri, keluarga, kelompok dan masyarakatnya. Pekerjaan Sosial Sangat Unik dan Menarik dengan keragaman karakteristik individu yang menjadi sasaran pelayanan. Ada sebagian orang menilai pekerjaan sosial adalah sebagai pekerjaan pahlawan kesiangan dan naif jika dibilang tanpa pamrih tapi itulah realita, kepuasan batin dan keterpanggilan jiwa belum ada satu orang ahlipun yang dapat merumuskan standarnya. Soal rejeki semua ada yang mengatur, kita percaya karena kita mahkluk yang beragama dan percaya sepenuhnya bahwa setiap manusia mempunyai potensi dan kemampuan untuk mengaktualisasikan diri.
    “MAJU TERUS PEKERJA SOSIAL INDONESIA” , “HELP PEOPLE TO HELP THEMSELVES”.

    • bocahbancar says:

      HHmm…. Hal itu sudah jelas saya paparkan di atas Mas…
      Yang Mas Agus maksud itu tetap saja di ranah Relawan Pekerja Sosial…
      Dan sebenarnya tidak bisa kita pungkiri bahwa yang disebut pekerja sosial itu sendiri ada beberapa macam..
      Ya memang saya bisa merasakan, sepertinya Mas Agus ini memiliki pengalaman buruk terhadap pekerja sosial(profesional) karena mungkin mereka yang mengatasnamakan hal itu malah memakan bantuan2 dan sebagainya..
      Namun, jika dengan satu kasus, kita memukul rata ataun menyamaratakan dan bersikeras mengartikan jika Pekerja sosial itu hanya yang relawan saja, ya itu hak Anda, namun hargai juga pendapat dari para ahli lainnya karena kita hidup di zaman demokrasi yang notabene menampung semua aspirasi guna kemaslahatan bersama…
      Salam hangat Bocahbancar..

      Terima kasih sudah ikut andil dalam diskusi ini..🙂

  5. arivha says:

    kok gak lengkap tu………
    ———————-
    Walah dapat kritikan dari seperguruan nich…
    MOhon bimbingannya Mbak jika kurang lengkpa..Kan saya baru semester II di STKS, dan sampeyan yang sudah senior di STKS harus membimbing adik kelasnya ini dunk h eh he he…

  6. salam dan semoga semangat selalu pada para pekerja sosial dan yang melakukan pekerjaan sosial! sukses selalu!
    —————————————————————-
    Salam hangat dan terima kasih banyak atas dukungannya..
    Aminn….

  7. haniifa says:

    @Kang BocahBancar
    Kalo rindu kapan2 maen saja ke Bandungg he he..
    ____________
    Abdi memang nuju Bandung….😀

  8. defrimardinsyah says:

    Salam Kenal,

    silaturahmi, terima kasih sudah mampir… kalo pekerja sosial… sama gak sih sama Soksial 🙂 (nguyon mode on )
    —————————————————————
    Salam kenal juga..
    Insyaallah tidak sama kok tapi ada juga yang sial beneran he he he(sangat jarang kok, kecuali yang memang saat kuliah ga pernah mau dengerin teorinya, jadinya lulus sebagai pekerja sosial yang tidak profesionaol he he he)

  9. wulan amalia says:

    semangat.!!! semakin dikaji lebih dalam, akan semakin terlihat dimana letak ke-brilianan Social Work. apalagi kalau udah praktek lapangan….subhanallah..kita akan semakin terenyuh dan sadar bahwa dunia dan negara ini butuh perubahan total…Sekedar saran nih..kalau ada tugas paktek lapangan, betul-betul dipraktekin. munkin ada yang pesemis dengan Social Work, jangan masukin di hati, belajar keras dan buktikan bahwa Social Work memang pilihan yang tepat. Tapi, hati-hati jg karena banyak juga teori Social Work yang sangat liberal, tentu filternya adalah pemahaman agama. Semoga tambah cinta pada Social Work, STKS, dan tentunya ilmu itu digunakan untuk merubah nasib umat dan jangan sampai melanggar hukum Allah.OK..^_^..nice 2 meet u..wslm
    —————————————————————
    Siiip..
    Memang saya sudah sangat menantikan teori teori yanga kan diajarkan sebagais eorang pekerja sosial yang profesional..
    Ke prakteknya malah akan lebih bersemangat lagi karena akan bersentuhan langsung dengan masyarakat..
    Insyaallah akan saya imbangi dengan Pengetahuan dari yang bersumber dari agama Islam..
    Semangat STKS semangat Social Work..(^_^)
    Terima kasih atas spiritnya..

  10. haniifa says:

    Wahh… rame juga waroeng kopi nyah😀
    Deuh… jadi inget -rekan sejawat- ibu guru teka jaman baheula,.. beliau jebolan STKS…. heibatnya cara mengajar beliau sangat terstruktur…. sesuai dengan cara berpakaiannya yang bersahaja.

    Lalu knapa yach,… warung kopi depan STKS, tempat kami kongkow bareng dengan beliau kok ditutup ?!

    Salam rindu…😀 , dari dan buat Han -i- ifa
    —————————————————————-
    Wah ada yang jadi guru Tk juga yaw…
    Ya kan memang di STKS diajarin bagaimana berkomunikasi dengan baik kan..
    Wah orang STKS juga nich suka kongkow, warung kopi mana..??Di seberang jalan STKS masih ada kok warungnya..
    Kalo rindu kapan2 maen saja ke Bandungg he he..

  11. amunajat says:

    salam kenal, saya alumni stks bdg juga, dahulu kerja di depsos sekarang bekerja di rsud, meskipun ilmu peksos di medis belum saya gunakan tetapi sedapat mungkin bisa memberi nuansa lain pada pelayanan kesehatan, saya mohon bantuan utk dapt berkomunikasi dgan para alumni stks dan almamater, apa dago pakar udaranya masih dingin.
    —————————————————————
    Owh..Saya sangat senang sekali bertemu dengan kakak kelas…

    Insyaalah lah saya bisa mejembatani komunikasi Anda dengan para alumni yang sudah menjalani Sp1 di STKS..

    Ya jelas lah MAz masih dingin apalagi lagi hujan begini, Bbrrrr….

  12. amunajat says:

    Pekerja sosial tidak pernah memikirkan imbalan, bekerjalah dengan ikhlas insya allah rejeki yang tak disangka akan kita dapat, jadikan harimu setiap hari memberi inspirasi untuk orang lain
    ——————————————————————
    Secara arti aslinya sich seperti itu Maz, tapi sebagai pekerja sosial yang profesional(sesuai dengan profesi pekerjaan sosial) kami juga memerlukan gaji(jadi saya tidak munafik) tapi yang perlu digaris bawahi di sini, kami tidak pernah memakan hak atau jatah dari rakyat atau orang orang yang membutuhkan, tapi kami menjembatani bagaimana nasib mereka itu dapat tercover dengan dana hibah dari para donatur dsb..
    Kami juga punya punya catatan setiap pengeluaran kok, jadi insyaallah kecil untuk melakukan tindakan KKN, tapi jika ternyata ada ya saya akan dengan semangat sekali ikut membasminya..
    Semangat…
    Terima kasih atas doa dan inspirasi Anda…

  13. Endang says:

    Kunjungan perdana website SMP Nf Pekanbaru. salam kenal ya
    —————————————————–
    Welcome..

    Salam kenal juga..

  14. syaiful says:

    Kunjungan perdana. salam kenal
    ————————-
    Monggo monggo mlebet he he he he..

    Salam Kenal juga…

  15. Ayruel Chana says:

    hmmmm…so meluangkan waktu di net untuk membantu dan berdakwah umat..masuk kategori mana nich,,,
    —————————————————————
    Masuk pekerja sosial juga, tapi dalam konteks hubungannya dengan manusia dan Allah SWT..
    Lebih mulia daripada saya nantinya yang hanya hubungannya sesama manusia saja..
    Salam…

  16. Fie says:

    ………semoga apa yang Bocahbancar cita-citakan dan impikan ini bisa terwujud, wujud Indonesia Raya Merdeka dan Sejahtera……..
    Amiin🙂
    ———————————————————-
    Amiinnn…amiinnn..Semoga doa teman teman semuanya ini dapat kembali kepada diri masing2 dengan lebih, serba lebih baik dech pokoknya..
    Selalu semangat yawh….

  17. Andre says:

    Hmm..banyak sekali yang harus dipikirkan apabila menjadi pekerja sosial..tapi yang terpenting dari itu semua: hati nurani..
    ——————————————————–
    Iya iya Maz petuahnya saya simpan yaw untuk bekal..

    Salam, makasih udah mampir he he he…

  18. fandi88 says:

    kalo jd pekerja sosial digaji ituh nama’na sama aja kaya’ gw iang jadi kuli angkut pasar..
    ———————————————————-
    Hohohho ada ada ajah ah….(^O^)

  19. bisa bantuin mereka yang susah uda seneng bngt….
    apalagi bisa bwat mereka tersenyum..
    hidup ini kan indah jika kita bisa berbagi..
    4 jempol bwat meraka.. n_n
    —————————————
    Iyah merasa bisa membantu dan membahagiakan orang lain adalah sebuah kepuasan dan kebahagiaan bagi para pekerja sosial yang tak ternilai harganya..

    Salam…

  20. khofia says:

    hngg… saya selalu kepikiran dengan para pekerja sosial atau relawan atau apalah… yang mengabdikan waktu, tenaga, dana dan hidupnya demi menolong yang membutuhkan dan meringankan beban sesama. terlebih lagi, tidak ada pamrih yang mereka kejar, dan mereka melakukannyan dengan penuh sabar dan ikhlas…

    rasa hormat dan kagum saya buat para pekerja sosial dan relawan kemanusiaan…
    ————————————————————
    Iyah, yang tidak pamrih sama sekali itu disebut relawan..

    Iyah salut buat mereka, karena Bocahbancar akan masuk ke tipe yang berikutnya, yakni pekerja sosial profesional(meskipun ikhlas tapi tetep dapat gaji Mbak)

  21. suwung says:

    jadi malu ama diri sendiri……
    diriku ngak ada bakat kayak itu
    —————————
    Tidak akan pernah malu dengan diri sendiri Maz..
    Walah ga boleh merendahkan diri sendiri.,..

    Semangat…

  22. Blog Cantik says:

    Sip!
    Bekal kehidpan abadi.
    —————-
    Insyaallah…AMiinn

  23. omiyan says:

    jarang lho anak muda seperti itu…hihihi berasa udah tua kalipun aku ni
    ————————————————————-
    Ga kok, banyak teman-teman sekampus yang sama seperti saya hihihi..
    Memang umur berapa..???Ups privasi ga ya..????

  24. wi3nd says:

    daFtar duun..
    aku suka menjadi pekerja sosial..:)
    —————————-
    Daftar..
    Silahkan memilih di STKS, UIN Jakarta, UNPAS Bandung atau banyak kok yang menyediakan jurusan Peksos..Semangat..

  25. INDAHREPHI says:

    mulia sekali… tetep semangat yaa!🙂
    —————————–
    Insyaallah..semangat..

  26. achoey says:

    Mungkin aku bukan pekerja sosial

    Tapi aku merasakan kebahagiaan saat ikut aktivitas bakti sosial 🙂
    ———————————————-
    Nah sudah ada bakat Maz, tinggal dikembangkan saja saat ada bencana langsung terju ke lapangan.

    Semangat he he he..

  27. cantigi™ says:

    sesulit apapun pekerjaan, kegiatan, jika diniatkan utk ibadah pasti ringan & nyaman. nice post.. ^_^
    ————————————————————–
    Iyah Maz Cantigi, siip lah petuahnya..
    Makasih Maz…

  28. fandi88 says:

    kalo pekerja sosial iiang peke bayaran ada g’ iiah.. diblog gw udah ada tulisan baru loh,, mampir yukk…
    —————————————————————
    Ada donk Maz, kan dari klasidikasi di atas sudah dijelaskan..
    Pekerja sosial profesional itu mendapatkan gaji..
    Coba masa orang orang yang kerja di DEPSOS RI sana tidak digaji..????

  29. hmcahyo says:

    mampir saja mas😀
    —————–
    Iyah Maz Cahyo silahkan diunjuk kopine NGgih he he he,….

  30. yummy says:

    berarti q termasuk pekerja sosial ya bang?
    btw,dah bangkit nih semangatnya?
    ———————————-
    Lowh dari mana paramaternya kalo Yummy peksos..??Bocahbancar kaga tau..
    Iyah sudah semangat kok..Harus semangat dunk…

  31. siafa says:

    yoiiii stuju banget sama comment temen 2 laen..
    pekerja so-sial itu bagus.. bagus banget
    asal jangan sial beneran.aja…..hhehehehhee (just kidding men )😛

    dan pekrja sosial lebih baik darpada pekerja SO-TAU,,
    SIAFA sih pekerja so tau itu…
    SIAFA lagi kalo bukan….bla–bla — bla- bla..
    ………………kayanya sih saya sendiri.. heheh..:P
    ————————————————————
    Iyah sangat langsung menyentuh masyarakat yang membutuhkan..
    He he he, pekerja sosial itu ya so-sial dan so-tau juga, namun tetp berpatokan dengan llmu pengetahuan..
    Halah kok ngaku sich..???

  32. Menik says:

    bersosialisasi itu menyenangkan kok..
    *lho.. saya OOT*😆

    salam persohiblogan🙂
    ——————————–
    Hohohohoho..Yupz…
    Salam Persohiblogan(baru pertama kali make istilah ini) juga Mbak..(^O^)

  33. yuddie says:

    Senangnya kalau bisa berguna bagi orang lain.
    ————————————-
    Alhamdulillah Maz,semoga bisa konsisten…

    Salam…

  34. h a b i b says:

    kalo ngeblog bahkan ikutan blog competition, termasuk sosial gak Mas….? hihi…..
    ———————————————————
    Yach itu mah bukan perilaku sosial Maz…hhohohohoho

  35. casual cutie says:

    pengen nih jd pekrja sosial, ga dibayar pun ga apa yg penting bs ikut nolong orang lain
    ————————————————————
    Iyah silahkan saja, kan sekarang banyak tuwh bencana-bencana yang sedang melanda negeri kita..

    Semangat yaw…

  36. phiy says:

    hati2, skarang2 kapitalisme predatoris menyerang pekerja sosial😈
    —————————————————————-
    Ha ha ha ha Ga takut…(^O^) Insyaallah selalu di jalan yang benar..

  37. diazhandsome says:

    ayooo!!! gw ngepel dulu… biar jadi pekerja sosial… heheh

    btw, itu tulisan gw yang terakhir isinya gak ada unsur musyrik sama sekali…. percaya saya!
    —————————————————–
    Itu mah pembantu bukan peksos..
    Ya tapi tetep ajah berbau ke arah situ he he…

  38. Mis says:

    thanks for your comment n Dose Dupla blog….

    Nice to meet you too ^^

    god blog your..
    Kisses from Brazil…

    Mis
    Dose Dupla
    http://www.misleide.wordpress.com
    —————————————-
    Yupz…Thank You very much for commenting in my BLOG…
    (^_^)

  39. diazhandsome says:

    pekerja sosial dapet pahala juga loohh!! iya kaann??

    coba gw jadi pekerja sosial, pasti pahala gw penuh nih! hahaha…
    —————————————————–
    Iyah Insyaallah sesuai keikhlassannya..
    Mau jadi pekerja sosial..??AYO….

  40. Hilal Achmad says:

    senangnya jadi pekerja sosial .. palingtidak bisa menghapuskan sejenak masalah yang kita hadapi .. karena fokus membantu orang lain
    ————————————————————–
    Alhamdulillah Pak..

    Insyaallah saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu masyrakat yang membutuhkan..
    Salam…

  41. punk_els says:

    wah pasti kalo pekerja sosial banyak pahalanya
    —————————————–
    Insyaallah Maz, demi bangsa ini..

    Semangatz….

  42. sya lebih seneng dengan pekerja sosial yang ikhlas.. walaupun dya dapet upah (walah?!)🙂

    salam silaturahim…😉
    ——————————————————————
    Iya ikhlas itu sudah pasti Maz(Insyaallah) dan sudah menjadi pilihan untuk menjadi seorang pekerja sosial,….

  43. (wah..pertamax nih)..
    Hmm….jd pekerja sosial memang sebuah plihan.
    orang2 yg tidak hanya mementingkan isi perut, tapi isi amaliahnya..

    sosialis itu perlu

    Yup !
    ——————————————————–
    He he he he Iya Maz The First Commentator..
    Iyah ini merupakan langkah nyata daripada ilmu ilmu yang lainnya dalam rangka membangun negeri ini terutama dari segi permasalahan sosialnya..
    LOwh kok Sosialis..???

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] saya untuk ikut membantu bekerja di  Perusahannya di Jakarta, karena backgroud saya seorang Social Worker, maka tugas dan peranan saya adalah mengorganisasikan(Community Organization) pemuda di desa […]

  2. […] Akatiga menyebut dirinya sebagai Pusat Analisis Sosial, nah pas banget dengan bidang ilmu saya, Social Work yang notabene gemar menganalisis berbagai macam permasalahan sosial yang […]



Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: