FENOMENA BEASISWA DAN LOWONGAN KERJA di NEGERIKU

Sudah menjadi rahasia umum kalau kata BEASISWA dan LOWONGAN pekerjaan ini sangat diminati sekali dalam dunia maya. Bisa kita lihat di searching Google dan juga seraching di Wp.com pasti Website atau BLOG yang memuat berita mengenai hal ini tidak akan pernah sepi pengunjung. Mengapa hal ini bisa terjadi :

1. Masyarakat kita kebanyakan belum mampu untuk meraih pendidikan tinggi dengan biaya swadaya, maka beasiswa adalah jalan satu-satunya yang paling mungkin untuk dilakukan.

2. Lowongan dengan jumlah pelamar kerja adalah berbanding terbalik yang sangat tinggi sekali, maka kecepatan menemukan informasi terbaru dan terupdate adalah kunci utama untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Namun berpulang dari kenyataan yang menyedihkan ini kita bisa mengambil hikmah atau paling tidak pelajaran yang berharga. Apa itu..??

Dengan motivasi kita ingin mendapatkan beasiswa, maka usaha yang dilakukan adalah belajar dengan sungguh sungguh dan sekuat tenaga agar lolos dalam seleksi penerimaan beasiswa tersebut. Pelajarannya adalah asa dan semangat ini adalah menunjukkan jati diri bangsa kita yang gigih dan berjuang keras serta berkompeten dengan bekal ilmu yang dimilikinya.

Dengan adanya persaingan ketat dalam hal mencari pekerjaan, maka seseorang akan selalu mobile dan menyiapkan dirinya dengan bekal skill yang mumpuni sehingga akan dipertahankan oleh perusahaan. Karena jika tidak seperti itu, maka akan ditendang keluar, toh perusahaan tidak pernah sepi dari pelamar yang tentunya punya skill yang kemungkinan lebih bagus bukan..?

Nah ternyata dengan adanya kompetisi beasiswa dan lowongan pekerjaan ini secara alamiah akan menciptakan kualitas pada diri pribadi masing masing. Tinggal bagaimana mengelolanya saja. Mungkin peran akademisi dan pemerintah atau badan yang terkait adalah mengarahkan ke mana baiknya dan tentu saja yang tidak kalah penting adalah penanaman jiwa kompetisi yang sportif dan jujur. Maka pembelajaran demi pembelajaran akan dapat mencerdaskan masyarakat kita dan ikut membangun pondasi kesejahteraan bangsa.

Jadi kira kira bagaimana pendapat kawan kawan ..????

Aku untuk Negeriku, Bugiakso Blog Competition 2009

Comments
48 Responses to “FENOMENA BEASISWA DAN LOWONGAN KERJA di NEGERIKU”
  1. aq pingin dapeet biasiswa gmn cranya
    ???

  2. uchy says:

    sayya stujju banget kka,,

    sudah seharus,a anag anag indonesia mencapai keinginannya dan harus berusaha mendapatkan beasiswa intug mencapai semua,a ..

  3. indera says:

    iya, memang benar, keyword beasiswa sangat mahal…
    ————————————————
    Hhh…Terus berjuang…

  4. ulasan yg menarik … enjoy aja, klu belum dapat berarti belum rejeki … coba lagi & jgn patah semangat πŸ˜‰
    —————————————————————
    Iyah alhamdulillah saya sudah mendapatkan beasiswa, meski belum ke Jepang he he he..
    Salam…

  5. persaingan ya?
    hmm… anehnya, hal2 gitu kadang suka salah keputusann.. entah itu KKN atau ga
    ———————————————————–
    Lowh salah keputusan, kayaknya tidak mungkin kalo bukan KKN..

    Tapi sejauh ini kalo masalah beasiswa pasti Objektif kok, soalnya ga mungkin jika ga pinter dikasih amanah yang besar(sebagai penyandang mahasiswa pintar) otomatis akan gugur dengan sendirinya kan..

  6. roghuzshy says:

    boz.. statistic blog u kok masih kalah ya m blog aku yang udah gak aku urus ni.. hahaha…

    kepp bloging boz…

    http://roghuzshy.wordpress.com
    ————————————————————
    He he he he, maav Maz saya ga mau maen statistik, yang penting mah interaksi antar Blogger, itu baru namanya persahabatan..

    Salam…

  7. tialtiul says:

    betul!
    sayangnya orang Indonesia sendiri yang menyadari hal tsb, wah, sedikit banget.
    coba semuanya sadar, semua mau maju. wahh.. pasti KEREN SEKALEE Indonesiaaa. isinya manusia2 berkualitas OKEE.. ^^

    *let’s get dreaming, and try to make it true!

    salam kenall…
    —————————————————————–
    OK OK Saya mau ikut buat bermimpi itu dan berusaha mewujudkannnya..

    Semangat..Salam kenal juga..

  8. senoaji says:

    tapi sayang negeri ini masih membebani orang2 berpotensi dengan ukuran angka2, [terus pake ukuran palagi dung, wong itu yang paling gampang]… kapasitas [capablility]

    senoaji
    —————————————————————-
    Ya….Sayang sekali Maz…(wah apa ini saya ga mudeng Maz he he he)
    Salam…

  9. kweklina says:

    selamat malam sobat!

    Ada sesuatu diblogku untukmu…ambil ya! πŸ™‚
    ———————————–
    Selamat Malam Mbak..
    Wah apa itu..????Jadi penasaran..
    Lari ke TKP ah…

  10. blue datang memberi senyuman penuh kebahagiaan selalu serta salam hangat selalu
    semangat ya,bang
    ————————————————————-
    Iyah Blue salam hangat selalu juga..

    yach Blue commentnya kok ga nyambung, kelihatan banget kalo cuman Blogwalking doank yaw..
    Semangatz….(^O^)

  11. topijerami17 says:

    whoaaah…nggak minat tuh sama beasiswa…mendingan pinjaman modal…
    —————————————————————-
    Yeee…Yang sudah bekerja jadinya butuhnya Pinjaman modal…He he he Tapi bagus itu jadinya semangat buat mengembangkan usaha..

    Salam…

  12. Gusti Dana says:

    Betul dik…saya sangat setuju dengan hal ini.Yg saya herankan..kenapa partai-partai malah jarang mengangkat tema ini sebagai prioritas.Padahal..selain pendidikan,lapangan kerja juga sangat dibutuhkan.
    ————————————————————–
    Welcome Pak Dana..
    Nah, masalahnya memang para partai-partai ini sukanya memberikan Charity bukan Philanthrophy(pinjam istilah dari tulisan PHIY di sini Lupakan Charity! Kita Butuh Philanthrophy!

  13. Admin says:

    Postingan yang bagus ni….

    terima kasih sudah berkenan untuk kelaman ni….

    Kalau menurut saya memang intinya ialah sportifitas dan kejujuran mulai dari penyelenggara dan pesertanya itu sendiri…

    Terlepas dari itu semuanya, seharusnya institusi pendidikan (sebut: sekolah atau PT), merobah pola pandang dari sekolah dimana sekolah itu bukan hanya untuk cari kerja tapi justru untuk mencari ilmu setelah lulus ilmu itu dikembangkan untuk menghasilkan sebuah lapangan pekerjaan baru bagi rekan-rekan kita yang lainnya yang tidak dapat mengenyam ‘bangku’ sekolah, kalau semua orintesinya itu ‘cari kerja’ ya susah pengangguran pasti terus bertambah, jadi harus siap untuk katakan membuat lapangan kerja baru. memang tidak mudah, tapi kalau berusaha dan berkerja sama pasti bisa, dan semuanya memang dimulai dari hal-hal yang tidak masuk akal dan terkesan tidak mungkin.

    Itu saja dulu…

    Good Luck untuk lombanya ya
    ————————————————————–
    Yupz Terima kasih kembali..
    Iyah sebenarnya simple sich..

    Kalo emank ga ada lpangan pekerjaan ya buat sendiri dunk lapangan pekerjaan itu alias wirausaha, but emank dayang Maz mental masyarakat kita nich yang pikirannya setelah lulus S-1 harus bekerja di tempat yang enak, ga mau usaha dari bawah dulu untuk menjadi besar..

    Terima kasih atas supportnya..

  14. zoel says:

    jumlah penduduk yang dh berlebih kali ya… jadi banyak yg nyari itu
    ————————————————————-
    Hohohohyo…Dunia memang udah penuh dengan manusia Maz Achoey…

  15. jangankan di dunia maya, di dunia nyata aja demikian, ngomongin beasiswa, aQ jd ingat beasiswaQ yg prosesnya kok jd bertele2 y… 😦
    hehe…
    aQ brhrp sich proses beasiswa, bs menjadi motivasi bagi para sahabat untuk menjdi lbh baik, tp juga bs memngembangkan SDm itu sendiri y…hueheu..amin
    ———————————————————–
    Yach semuanya kok jadi sulit yaw…
    Iyah Mbak Sarah menjadi semangat pemacu tuk bisa membangun negeri ini..

  16. ahsinmuslim says:

    hidup ini memang penuh kompetisi.
    dan setiap dari kita yang terlahir ke dunia ini adalah para juara dari kompetisi pertama di alam kandungan.

    wah meski persiapkan diri dari sekarang nich. agar lebih siap dalam menjalani kompetisi esok hari.
    semangat!!!
    ————————————————————
    Hidup adalah Kompetisi..

    Tapi harus kompetisi yang sportif yaw…
    Salam Maz Ahsin…

  17. dhani barjono says:

    Gue juga pengen seh, dapet beasiswa.
    Apalagi ke Jepang. (Cita-cita gue sejak orok neh).

    Tapi sebenernya, kalo di kampus gue, beasiswa ga terlalu susah didapet asal emang butuh dan nilainya ga terlalu jelek. Udah ada lembaga yang ngatur semua itu (ato deket2 aja sama dosen, biar kecipratan beasiswa dari alumni yang biasanya dititipin sama dosen).

    Jangan pernah takut buat melanjutkan pendidikan, soalnya selalu ada jalan yang terbaik.
    ————————————————————
    Sama Maz ke Jepang dengan mengeyam pendidikan, wah mau banget…Saya selalu berusaha keras buat capai itu..
    Iyah, disamping nilai juga link harus kuat(bukan kolusi low)

    Iyah selalu semangat kok buat bermimpi ke sana he hehe..

  18. INDAH REPHI says:

    peluang kerja di Indonesia lebih kecil dari jumlah lulusan terdidiknya krn para pembuka lahan kerja masih minim dan pelit2…
    kalo beasiswa,,dari dulu saya ga mau dapet beasiswa..soalnya selain saya merasa ga berhak, saya ga smart2 amat hehehhe…

    utk masalah beasiswa, banyak yg salah sasaran. seharusnya ditujukan bagi siswa/mahasiswa yg berprestasi tp kurang mampu.. tp kebanyakan yg dapet malah org2 yg mampu.. peluang bagi kalangan menengah kebawah utk maju jadi kecil..
    —————————————————————
    Nah minimnya ini seharusnya diimbangi dengan kreativitas masyarakat untuk menciptakan lapangan usah sendiri(Mmm…Tapi pasti terbentur dana yaw hehehe)
    Iya memang banyak yang salah sasaran, kebanyakan pasti malah yang udah jelas-jelas orang mampu(padahal juga ga smart smart amat)..
    Hhh….Kita perjuangkan dech..

  19. casual cutie says:

    hmmm pengen jg ya dapat beasiswa gratis apalagi keluar negri…wah enaknya…
    ————————————————————
    Wah saya juga Mbak hihihihihi..Semangat lah buat belajar …

  20. bocahkureng says:

    Kok g ada ya kompetisi bikin kerjaan
    ——————————–
    Ya Ayok kita bikin Maz…OK ….Semangat…

  21. Manggis says:

    Namanya juga dapet duit yaaa…kayak gula…banyak yang ngerubungi…

    Salam kenal…!
    ————————————————————-
    He he he he he Iya juga yawh….
    Salam…

  22. hanna says:

    pandapat saya…. beasiswa itu harus dipublikasikan sejalas jelasnya !!! masak di kampusku infonya seret??? salah kampusku apa yg ngasi info yah kalo gini??? kalo ada beasiswa,,, enak bgt lah tentunya,,,sangat membantu org2 yg kurang mamou kuliah or sekolah…kalo motivasiku dpt beasiswa sih “kebanggaan”…ya dapet beasiswa kayak dpt kerjaan kan??? sama2 dibayar…ahahahahay… sama2 bangga juga kalo dapetinnya…heheheh
    ————————————————————
    Iya harus jelas donk, cuman memang terkadang ada pihak pihak tertentu yang merahasiakan dan di publish buat sekitar kerabatnya ajah, ini yang perlu dibasmi..
    Ya kalo saya disamping kebanggaan dan juga karena ga mampu he he he..
    Salam buat Hanna..

  23. accan says:

    Wah ikutan Lomba Blog ya… πŸ˜›
    tukeran link ya kak… πŸ˜€
    ————————–
    Iyah nich, kamu juga harus ikut yawh OK..

    Siiplah aku pasng di Blogroll..

    Salam …

  24. yummy says:

    kalo di pesantrenq,kebanyakan anak pada ngincer beasiswa mesir…
    tapi ngga tau kenapa dari depag-nya ngga lulusin semua,padahal banyak loh yang udah ikutan tes beasiswanya trus katanya gampang,tapi depagnya ngga bolehin !
    katanya ngga boleh dari satu pesantren ngirimin anak lebih dari 1!
    (sori ngga nyambung)
    ————————————————————
    Waduh kok bisa gitu sich..

    Harus ada alasan yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan dunk..

    beasiswa kan hak kita semua yang mampu, masa yang ga mampu malah dibolehin dapat beasiswa..Aneh..

    Gapapa Yummy disambungin ajah he he…

  25. iwan says:

    salam kenal yah…..
    kalu aq sih tak pernah dapat beasiswa..bukannya aq mampu tapi yah gitu deh yang dapat biasanya…???
    ——————————————————-
    Salam kenal juga Maz Iwan..
    Hhhh…(manarik nafas panjang)..
    Ternyata memang kenyataannya seperti ini yaw, menyedihkan..

    Saya akan berjuang demi yang terbaik..

  26. achoey says:

    jadi inget dulu waktu kuliah
    dapet beasiswa prestasi
    alhamdulillah

    tapi dengar2 ada pungutan administrasi tuh
    dan ini terendus
    akhirnya tuh oknum ketakutan πŸ˜€
    ———————————–
    Wah alhamdulillah Maz Achoey…
    He he he..Masa sich…

  27. ayawjeweltz says:

    saya sendiri belom pernah nyoba nyari lowongan kerja, tapi sempet ikut nyoba cari beasswa.. tapi seperti biasa… saya masih agak heran keiteria apa siy yg bikin kita bisa dpt beasiswa.. bahakan orang kaya nan otaknya minim pun bisa dapat???
    ————————————————————
    Wah masih semangat belajar ya Mbak Aya..Saya juga sama sebelum mendapatkan pekerjaan nanti setelah lulus pengennya bisa mendapatkan beasiswa dulu..Nah ini ni yang menjadi pertanyaan, masa mendapatkan beasiswa saja masih sarat dengan praktik KKN(termasuk di kampus saya, sangat menyayangkan, uang negara digunakan tidak sebagaimana mestinya)

  28. khofia says:

    soal yang beasiswa itu, yang di bawah saya rata2 sama koq taraf ekonominya… tapi mungkin kam benar. mungkin saja dia memang lebih pantas dan membutuhkan ketimbang saya.

    relasi dan jejaring buat saya bukan untuk kasus nepo. saya benci nepo, tapi jejaring adalah sumber informasi sahaja. misalnya saja, saya sekarang bekerja di suatu perusahaan lewat info dari temen saya. setelah mendapat info, saya mencoba melamar, melalui tes seleksi, sehingga saya diterima.

    ah, yah. berprestasi dan berkesempatan. setidaknya kita berharap untuk tidak sekedar menjadi beruntung saja, akan tetapi pintar dan beruntung.
    —————————————————–
    Ya bagus lah kalo Khofia sudah bisa berfikir seperti itu,..

    nah ini yang saya suka Khofia, jejaring/link atau channel ini adalah bukan maksud KKN but cuman hanya sebagai penerus informasi kemudian kita yang berusaha sendiri dengan sekuat tenaga agar bisa diterima.

    OK lah Tetep semangat ya…Salam ..

  29. phiy says:

    Yep, bener beut, beasiswa tu termasuk pemicu presatasi.
    Tapi sayang kadang beberapa oknum malah salahgunain beasiswa 😦
    ——————————————————-
    Pemicu prestasi dan kepuasan tersendiri…(^_^)
    Ya sayang juga sich, temen temenku juga ada, sayank sekali…

  30. fietha says:

    semangat bro… raih cita-cita. waduh, buat makhluk pelupa kek gini, beasiswanya laku juga ga ya? palingan aku ngantri nunggu giliran doank, tapi ga dapat2. ekekkeke πŸ˜€
    ———————————————————-
    Semangat Fieth…Ya usaha dan berdoa Insyaallah bisa kok..OK..

  31. altahida says:

    wah…wahh….wah….gw jg mw tuh yang namanya makhluk ga bernyawa yang namanya beasiswa…hehe
    lam knl bozz….
    ——————————————————–
    Hohohoho Makhluk ga bernyawa yang bisa membuat kita tetap bernyawa he he he..Salam kenal juga..

  32. songmylife says:

    hhohoho ok2 q usahain bwat smangat nge-blog,hhohoho

    td OL ya mz???
    ————————————————–
    Nah gitu dunk..Harus selalau semangat OK..
    Tadi..??kapan..??Perasaan OL dari malem mpe jam 8 and sekarnag baru OL lagi…

  33. bujanglahat says:

    selamat pagi sahabatku…

    Dulu pernah dapat beasiswa pas SD, walaupun nilainya kecil ada kepuasan tersendiri…

    Masalah lowongan kerja, zaman sekarang ini pada susah mencari kerja dimana2, apalagi yang namanya PNS, hanya orang 2 berkantong tebal dan mempunyai channel yang bisa masuk…. “sedih”
    ———————————————————-
    Selamat sore Maz Bayu..
    Wah saya malah SD ma SMK ga dapat apa -apa…
    Iya juga sich, ada kepuasan yang tak tergantikan..
    Yach memang ironis sekali Maz, tapi saya yakin kita bisa merubahnya kok..Bangkitlah pemudaku…Semangatz…

  34. fandi88 says:

    untung pas skula gw deket ama guru,, jadi kalo mt beasiswa gampang bgd,, malahan lebih gampang minta duit ma nyokap,, :mrgreen: *budaya kolusi musti diberantas*
    —————————————————————-
    Hah..Beneran ta Maz…Hihii pasti becanda, enak nu minta beasiswa kaya minta beliin es ajah he he he..Siip Nepotisme No, Link Yes..Lowh sama ajah, kacau ni..

  35. Ika says:

    kalo beasiswa seeehhh kayaknya bukan hanya karna gak mampu aja…… tapi ada kebanggaan tersendiri kalo qta bisa dapetin beasiswa……. lebih ke arah prestasi, gitu……. tapi kalo lowongan sepertinya emang jumlah gak sebanding ama pengangguran-nya………….. 1:100 yahhhh???????
    —————————————————————-
    Oeh iya ya, berarti ga hanya ga mampu but memang menjadi kebanggaan tersendiri bisa bertanding dengan teman-teman dari berbagai daerah untuk mendapatkan beasiswa tersebut..OK lah(tapi kalo saya ini karena ga mampu he he he)..

    Wah saya ralat yaw 1:1000 hihihihi(bukan mendoakan low)

  36. diazhandsome says:

    pengen dapet beasiswa ihh… di mana yaa???
    ————————————
    He he he he nyari dulu Maz…Semangat..(realita masyarakat kita hihihihii)

  37. pakde says:

    Ada temen yang sekarang lagi sibuk nyari beasiswa lewat internet…ada referensi nggak?
    ————————————————————–
    Nah saya juga sibuk nyari Pak Dhe he he(maklum saya ini memang ga punya dana buat kuliah, yang sekarang saja bisa bertahan kuliah dari beasiswa di STKS Bandung)
    referensi..???saya cari dulu ya Pak Dhe..

  38. isaninside says:

    salam balik… lagi blog walking.. bagus tulisannya.. memang hidup ini penuh dengan kompetisi, tapi gunakanlah kompetisi yang sportif dan bertanggung jawab.. seperti yang anda tulis… nice blog..
    ———————————————————–
    Yups harus selalu sportif..Salam Maz Isaninside..

  39. mel says:

    itulah knapa indonesia ga’ maju2.lowongan kerja ko’ dicariin.Biar bisa sukses tuh bikin lowongan kerjaan .setuju ga????
    ———————————————————–\
    He he he he ini memang Ironi masysrakat bangsa kita..

    Ya setuju Maz, tapi biasa lah kaya orang seperti saya ini pasti alasannya ga ada dana bukan..???(padahal kebanyakan sikap malas kita dan tidak berani mengambil resiko)..

    Setuju maz…

  40. bang……………met malam mingguan yach
    salam hangat selalu
    acara kemana nanti hehehee…………..
    ————————————–
    Selamat pagi Maz Blue(dini hari) wah saya tadi tidak malam mingguan Maz..

    Soalnya kan malamnya begadang(jaga warnet)..Tapi ga papa lah lagian saya ini tidak ada yang wajib diapelin kok jadi free ajah he he..

  41. demoffy says:

    pingin tapi…
    masalahnya pada diri sendiri…
    mampukah…?
    ———————–
    Ukur dan percaya pada diri sendiri..

    Saya ini bukanlah orang yang pintar apalagi cerdas, but dengan semangat yang tinggi akhirnya bisa kan dapat beasiswa di STKS ini..(kalo melihat track record saya di SMK dulu itu masih kembre dengan temen-temen)

  42. Reza Fauzi says:

    jadi pengen deh dapet beasiswa..
    —————————
    Hohohohoo Berusaha saja Maz…

  43. Saya mau dapet beasiswa
    ——————-
    Mau..mau..mau..Saya juga(tapi ga tau nyarinya dimana he he he)

  44. MAZPRAM says:

    oalah jen bocah banjar Bancar yah ente, salam kenal yah
    ——————————————
    Bocahbancar Maz bukan Banjar he he ..Salam

  45. khofia says:

    jadi inget, pas smp dulu saya mayan berprestasi, trus dapet jatah beasiswa. abis itu, pas udah seneng2nya, nama saya dicoret lantaran ayahanda saya PNS… trus beasiswa pun dialihkan ke temen yang posisinya di bawah saya…

    apa PNS dianggap mampu dan kaya yah? soalnya ayahanda saya memang PNS, tapi pesuruh doang dan ngerjain hal2 remeh… makanya saya paling males sama yang namanya beasiswa. buls**t semata… dan korelasi terhadap lowongan kerja pun saya anggap nihil… untuk mendapatkan pekerjaan, yang paling logis menurut saya adalah jejaring yang bisa mensuplai informasi lowongan buat kita…

    *ah…*
    *maaph… semua ini berdasarkan pengalaman pribadi sih*
    ————————————————————
    Hmm..Pengalaman pribadi yaw..Ya sebenarnya harus kita cek pula, jangan sampai yang bukan PNS tapi masih dapet beasiswa ya patut kita urus..Tapi kalo emank yang dibawah kamu itu lebih membutuhkan dan kamu masih tetep bisa melanjutkan sekolah..Why Not..???

    Masalah korelasi dengan dunia kerja itu memang yang paling utama relasi(tapi apa relasi ini bukannya praktik Nepotisme..??Yach ini masalah pilihan sich)..

    Kalo saya memandangnya di samping berprestasi itu juga ada kesempatan, cepat informasi dan menjadi orang yang baik, bukan mengandalkan relasi yang ujung ujungnya Nepotisme..

    Salam..(^_^)

  46. Blog Cantik says:

    Sportif-nya ini yang sampai sekarang masih teori….!
    ——————————————-
    Nah maka dari itu mulailah dari diri kita sendiri untuk Sportif OK..Semangat..

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: