MAHASISWA UNTUK NEGERIKU

Mahasiswa..Suatu sebutan bagi anak negeri yang sedang menempuh pendidikan tertinggi dalam jenjang pendidikan di Indonesia, karena itulah ia disebuat sebagai mahasiswa. Lalu apa kelebihannya sich menjadi seorang mahasiswa itu…??? Saya juga menjadi bertanya-tanya kembali ketika ingin menjawab sekelumit pertanyaan ini. Jadi, apa ya kelebihan saya ketika menjadi seornag mahasiswa seperti sekarang ini..?? Apa saya patut disebut sebagai seorang mahasiswa jika masih saja suka berkelahi yang tidak tentu pokok permasalahannya (kasus di UNHAS Makasar), masih saja suka berdemo yang hanya ikut-ikutan saja, masih saja menjadi pengrusuh di saat menjadi supporter pertandaingan sepak bola, masih suka menjadi konsumen tetap narkoba. Hhh…Sungguh banyak sekali pelanggaran-pelanggaran norma yang telah dilakukan oleh seorang generasi penerus bangsa yang bernama mahasiswa ini. Memang sich tidak semuanya seperti itu, namun coba kita hitung dengan menggunakan rasio jumlah seluruh mahasiswa dengan mahasiswa yang berprestasi dan bermanfaat bagi negeri ini. Sungguh ironis memang. Lalu bagaimana jika kita tersadarkannya baru sekarang..??? Apakah sudah terlambat untuk memperbaikinya sekarang..?? Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki kesalahan kita. Jadi apa yang harus kita lakukan untuk upaya penyelamatan Negara tercinta ini Republik Indonesia..?? Menurut saya sich simple ajah lakukan yang terbaik dari diri kita sendiri. Misalnya jika kita sekolah ya lakukan yang terbaik untuk menjadi seorang murid di kelas, jika kita menjadi guru ya lakukanlah yang terbaik untuk mencerdaskan putera-puteri kita, jika kita menjadi petani ya jadilah petani yang benar-benar bisa menghasilkan padi yang unggul dan ketika kita menjadi wakil rakyat yang duduk di singgasana DPR/MPR sana yang lakukanlah yang terbaik untuk kesejahteraan rakyatnya. Lowh lalu peran mahasiswa apa..??? Sebagai mahasiswa kita hendaknya tekun dalam belajar dan juga kritis terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat sekitar kita. Jadi di samping mahasiswa dalam proses pembelajaran namun juga melakukan proses atau kegiatan pengawasan dan pengontrolan dan juga melaksanakan pengajaran kepada masyarakat di lapisan yang paling bawah. Memang tugas ini terkesan abstrak namun ini semua akan bisa tergambarkan dengan jelas apabila kita memegang prinsip LAKUKAN YANG TERBAIK.

Semangatlah para pemuda, para pemuda bangsa Indonesia dan jayalah Ibu Pertiwiku.

Aku untuk Negeriku, Bugiakso Blog Competition 2009

Comments
24 Responses to “MAHASISWA UNTUK NEGERIKU”
  1. kaitokid724 says:

    yup, pemerintah yang sering sering salah langkah harus dituntun oleh mahasiswa….

    HIDUP mahasiswa… 😀
    ————————————————————–
    Mahasiswa tonggak perubahan(tentunya yang benar benar mahasiswa, bukan jadi jadian he he he)

  2. taufiq says:

    halo…..salam kenal untuk semuanya
    ——————————
    Haloo..

    Salam kenal juga yawh…

  3. Klo banyak mahasiswa/wi berpikiran seperti dirimu ini, baguslah Indonesia. Moga begitu ya. Teruslah berjuang membela kebenaran.
    ————————————————————-
    Sebenarnya sudah sangat banyak kok Pak, hanya saja kurang terlihat oleh kawan kawan lainnya..
    Nah melalui media inilah saya akan menyebarkan virus virus semangat perjuangan cinta Indonesia dan melakukan perubahan, yang bisa dimulai dari sendiri..

  4. ressay says:

    Mahasiswa hanyalah manusia biasa yang tak terlepas dari kesalahan dan dosa.
    —————————————————————-
    Ya iyalah Maz kalo ga manuisa biasa manusia apa ..??Super..??Superman he he he…
    Ya tapi harus kritis lah sebagai mahasiswa pembawa ikon perubahan, ya ga..??

    Semangat/./….

  5. Yang penting Jangan demo anarkhis dech!
    Sukses untuk Anda!
    ————————————
    Iya Pak Insyaallah tidak kok..

    Terima kasih atas sarannya..
    Salam…

  6. ayip_eiger says:

    Yang membuat kita menjadi “MAHA” yaitu peran kita di masyarakat. Karena ketika kita menyanding gelar mahasiswa, masyarakat paham bahwa pemikiran kita kritis, dan kita diagung-agungkan untuk menjadi generasi muda penyelamat negeri ini. Memang sih, ternyata ga banyak mahasiswa yang tahu dan memahami ini, sehingga lebih banyak yang ga siap. Ya, pokokna untuk mewujudkan ke”MAHA”an kita, seorang mahasiswa perlu banyak memberikan peran nya buat masyarakat, bangsa dan tanah air.
    —————————————————————–
    Iya..Memang seharusnya di tiap tiap kampus itu wewajibkan para mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat untuk ikut berupaya menanggulangi keterbelakangan ini. Tidak harus lama, yang penting konsisten, Insyaallah akan berhasil..

  7. masrobertk says:

    Jadilah Mahasiswa yang bisa menjadi penggerak pembangunan negeri ini. Anda bisa membacanya di http://masrobertk.wordpress.com/2009/01/29/perubahan-nyata-untukmu-indonesiaku/
    ——————————————————–
    Wah kira kira semuanya ada di situ Ya Maz…

    Salam perubahan dari Mahasiswa…

  8. mahasiswa perannya adalah belajar baik-baik, di kampus dan luar kampus. ngga cuma duduk depan komputer atau ngendon di kampus. jalan-jalan ke sekitar rumah, tempat kost, kampus, interaksi dengan orang-orang.
    banyak lho, yang cuma asyik aktif di kampus tapi ngga dikenal oleh tetangga kostnya.
    ——————————————————————
    He he he he, ini dia Pak, saya itu sedikit sekali kenal ama sekitar kost karena terlalu aktif di kampus ampe lupa jarang pulang..

    Paling-paling pulang mandi, istirahat bentar balik lagi ke kampus, Ibu kost ajah heran he he he..

    But ke depannya pasti lebih baik kok, ya di kampus ya di kost…

  9. email90 says:

    salam mahasiswa.. !! 😉
    ————————
    Salam..(^_^)

    Makasih udah mampir…

  10. zaldy munir says:

    Jadilah Mahasiswa yang mempunyai Idealisme dan memiliki kepekaan sosial terhadap kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat.

    Salam perjuangan..
    ———————————————————————
    Insyaallah saya sampai detik ini masih punya idealisme yang murni membawa perjuangan rakyat Indonesia..

    Mohon bimbingannya dari para senior tanpa mengubah cara pandang saya..

    Salam perjuangan selalu..

  11. ade says:

    repot jadi mahasiswa
    tekun dibilang culun
    hobi tawuran dibilang perusuh

    disini malah mahasiswa kalau gak mau ikut demo dibilangin banci
    dunia terkadang lucu ya?1
    —————————————————————–
    Yach ini mah opini yang ga bisa dipertanggungjawabakan Kang Ade..

    Yang jelas lakukan apa yang menurut kita baik dan bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa ini..

    Selamat berjuang…Makasih udah kunjung balik yaw..

  12. kr!shna says:

    iya, memang mahasiswa di Makassar terkadang anarkis, yah kita hanya bisa berdoa buat mereka supaya bisa berubah.

    Salam perubahan!
    ———————————————————————
    Yach sebenarnya itu Oknum saja sich yang melakukannya, kalau sudah begini kan jadinya nama Makassar yang kena batunya..

    Semoga semua bisa berubah menjadi lebih baik..

    Salam…!!!

  13. sahabat…..blue datang memberi semangat kembali

    oya,nice banget postingannya
    salam persahabatan penuh kehangatan selalu
    —————————————————-
    Welcome Back Blue..

    Makasih semangatnya, saya jadi tambah lebih semangat lagi low..

    Salam kompak persahabatan dan persaudaraan..

  14. OrLaNd says:

    wah keren artikelnya..
    Semangat semangat semangat…..
    salam mahasiswa ( maaf saya EX gak mahasiswa lagi) tp jiwa pendidikan masih ada dalam benak saya.. pgn lagi kecil neh…..:D
    ———————————————————————-
    Makasih Mas Orland..

    Yupz ga papa Maz meskipun udah Ex Mahasiswa jadi semangatnya malah seharusnya lebih tinggi dunk ya kan he he he..

    Pengen kecil lagi nich(pinjem alat waktunya Doraemon ajah Maz he he he becanda kok)

    Selalu semangatz..

  15. wah, para mahasiswa harus baca tulisan ini
    biar lbh mengerti akan arti mahasiswa itu sendiri

    jadilah mahasiswa yg kritis terhdp berbagai permasalahan
    dn juga mampu mengambil langkah dan keputusan yg terbaik
    jangan hantam kromo dan tawuran

    salam kenal…… 🙂
    ————————————————————-
    Wah betul itu Mbak, makanya saya mencoba Blogwalking ke temen-temen mahasiswa agar bisa ikut berpartisipasi dalam diskusi ini..

    Pasti lah saya akan melakukan yang terbaik dan menjauhi hal-hal yang negatif dan kurang bermanfaat..

    Salam kenal dan salam hangat..

  16. fie says:

    ehehehehe…
    kalo yang bukan mahasiswa gimana donk bro? 😀
    ————————————————-
    Nah lo..Kalo bukan mahasiswa (atau belum mahasiswa atau mantan mahasiswa) ya lakukan saja yang terbaik yang dilakukan saat ini..

    Insyaallah kebaikan akan menebar kepada yang lainnya termasuk negeri kita tercinta ini..

  17. diazhandsome says:

    itu mahasiswa kan?? bukan mahasiswi…??

    gw masih SMP ini… yang penting gw belajar yang rajin. gak tawuran… iya gak?? 😉

    btw, thanks udah berkunjung ke blog gw… salam kenal
    ——————————————————————–
    He he he maksudnya ya mahasiswa dan mahasiswi dunk..

    Yupz itu udah bagus kok, semangatZ..

    Yupz makasih juga udah kunjung balik..

  18. phiy says:

    Aku mahasiswa euy :mrgreen:
    Tapi tetep gitu2 aja,
    tetep jadi orang bae 😆
    ————————————-
    He he he Ya bagus Lah Phiy tetep jadi mahasiwa yang baek..

    Semangatz..

  19. yummy says:

    sayang banget nih q lum jadi mahasiswa…
    tapi q jadi ngga sabar nih!
    ———————————————–
    Owh masih di bangku SMA ya..

    Ya sekarnag pokoknya lakukan saja yang terbaik, insyaallah nanti semuanya akan menjadi lebih baik..

    Selamat meniti sebuah perubahan..(^_^)

  20. nanzzzcy says:

    ah.. jadi inget jaman2 jadi mahasiswa dulu hehe..

    ayoo..semangatlah generasi muda bangsa!!! 😛
    ————————————————-
    Wah jadi membuka seberkas lembaran lama saat di kampus dulu yaw he he he…

    Pasti..Generasi muda itu harus penuh dengan semangat dan juga melakukan hal yang terbaik baik untuk dirinya sendiri, masyarakat, bangsa dan negara..

  21. hamka says:

    hidup mahasiswa…..
    —————————–
    Hidup dan merdeka..(dari segala bentuk Imperialisme)

  22. cahayadihati says:

    jadilah mahasiswa yang mampu berpikir kritis dan menunjukkan bahwa kamu termasuk orang intelek, bukan sekedar ikut2an saja.

    salam kenal
    ——————————————————————–
    Insyaallah..

    Itulah mahasiswa yang benar-benar mahasiswa..

    Salam kenal dan salam hangat untuk cahayadihati..

  23. boyin says:

    Amien..aku setuju banget tuh ama tulisan diatas..
    ————————————————–
    Wah seneng banget Maz Boyin rasanya ada yang punya pemikiran yang sejalan..

    Semangatz..

  24. syelviapoe3 says:

    Menjadi mahasiswa yang kritis dan cermat…

    dan tentu saja BERPRESTASI ..

    salam
    —————————————————-
    Benar sekali Syelvie..

    Setuju…Salam kanal juga

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: