Gaji Seorang Perawat RI di Jepang Digaji 17,9 Juta/Bulan

Ternyata tidak salah apa yang diucapkan oleh Masako Sensei kemaren saat kami(Kak Alamsyah, Aku, The Nia, Mei, Angga n Ricky) temui di ruang Spesialis 1 dalam rangka berbincang-bincang dengan anak-anak NCSB(Nihongo Club STKS Bandung) sekitar pertengahan Oktober kemaren. Ini dia berita yang berhasil aku temuin di Karir-up.

Berita ditulis pada 28 Mei 2008.

Jakarta, (KARIR-UP)- Tenaga kerja Indonesia atau TKI dengan keahlian khusus semakin terbuka. Pemerintah Jepang bersedia menerima 400 perawat dan 600 pengasuh jompo atau lansia dari Indonesia sampai tahun 2009 dengan gaji hingga Rp. 17,9 Juta/ bulan dan dikontrak untuk tiga tahun.

”Ke depan, kami berharap lebih besar lagi kuota yang diberikan dan bisa diperluas untuk TKI sektor pariwisata dan perhotelan,” kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno di Jakarta, Senin (19/5) siang, seusai penandatanganan nota kesepahaman penempatan perawat dan pengasuh jompo RI ke Jepang antara Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Mohammad Jumhur Hidayat dan Managing Director The Japan International Corporation of Welfare Services (JICWELS) Takashi Tsunoda.

Acara penandatanganan itu juga disaksikan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dan Minister Counsellor Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Arai.. Adapun gaji pengasuh sedikitnya 175.000 yen, atau sekitar Rp 15,6 juta per bulan, dan dikontrak empat tahun. Mereka mulai bekerja pada akhir bulan Juli.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk bekerja di Jepang minimal lulusan diploma III Akademi Perawat atau Strata 1 Fakultas Ilmu Keperawatan universitas di Indonesia dan telah bekerja minimal dua tahun. Demikian juga untuk pengasuh jompo harus lulusan Diploma III atau lebih tinggi dari lembaga pendidikan di Indonesia dan memiliki sertifikat kompetensi pengasuh.

Mennakertrans mengatakan, kerja sama ini realisasi dari kemitraan pembangunan ekonomi Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement. Perjanjian ini menindaklanjuti kesepakatan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam pertemuan di Tokyo, Jepang, 28 November 2006 lalu. “Ada 770 sekolah keperawatan di Indonesia yang setiap tahun meluluskan 25.000 orang,”tambahnya

Arai, yang mewakili Kementerian Kesehatan Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Sosial Jepang, menambahkan, penempatan perawat dan pengasuh Indonesia ke Jepang merupakan yang pertama kali. Tingkat permintaan perawat dan pengasuh asal Indonesia di Jepang tinggi. (rahmat saepulloh/ kcm)

Sumber berita : KLIK DI SINI

Comments
13 Responses to “Gaji Seorang Perawat RI di Jepang Digaji 17,9 Juta/Bulan”
  1. Kami ada link untuk bekerja di Jepang bg perawat minimal D3. Lebih lanjut hubungi kami 0225943631 / 087821469050

  2. H. Achmad Arifin says:

    Kami ada link untuk bekerja di Jepang bg perawat minimal D3.

  3. Dh@nie says:

    mksh infonya……..bsk2 diksh info lg yaw…apa harus ada pengalaman kerja min 2 thn?
    ————————————————————
    Ya..Makasih kembali…
    Memang persyaratannya seperti itu kok…

  4. n@ says:

    duh jadi pengen nich cpt2 lulus trus k jepang.

    dah dr sma q pengen bgt k jepang.
    eh tapi lom mungkin dech cos q kan dah diboking pemerintah 3 tahun cos ikut program beasiswa
    ——————————————————-
    Owh iyah saya juga setelah lulus ingin melanjutkan di Jepang…

    Hah..??? Di booking pemerintah selama 3 tahun..?? Mank sedang kuliah di mana sich..?? Jadi bertanya2 dech…

  5. sodikin says:

    busyet,,,,,,,,,,,, gede amat. segitu mah….

    aku aja yang di bidang engginering cuma dapat 120.000 yen. itu juga kotor. potongan bisa nyampe 50-60% nya bro,,,
    bersih sekitar 40.000-60.000 yen aja suwer.
    liat aja fs aku maula_sodik@yahoo.co.id

    kira2 kalau aku pulang (8 april ’09) nanti,,, enaknya ngapain yah,,,, buka kursus bhsa jepang setuju ga nih,,,,????
    ————————————————————
    Mmmm…Begitu yawh…Kan namanya juga proyek Join dengan pemerintah Mas, jadi ya dihargai, apalagi saya sudah mendapat laporan dari teman Blogger yang di Jepang, perawat di sana dihargai sekali kok…
    Wah sudah mau balik yaw, OK dech MAs buka kursus saja..Mank pulangnya kemana to..???Saya juga mau low kursus ke situ he he he…

    Salam hangat Bocahbancar….

  6. reviewdramajepang says:

    Wah lumayan tuh. Tapi biaya di sono mahal yak, jadinya juga harus rada berhemat.. 😀
    ——————————————————————-
    Iyah juga, namanya juga di negeri orang..

    Hemat itu harus lah..

  7. perawat di saudi says:

    wahhh bbohong tuhh 17,5 juta/bulan belom apa2 gajih itu belon termasuk buat kebutuhan hidup,, kata temen ku yg dah di japan biaya sewa kosan aja hampir 70 yen gajih mereka 180 yen jd biaya makan di san mahal ,,,yaaaaaaaaaaaaaaaa harus ngirit…

    so ???????????????????berapa yg bisa dikantongi perbulan pikir ja sendiri heeeeeee
    —————————————————————
    Hah..Bohong…???kata siapa…??
    Ya iyalah, masa sudah bersih segitu, ya ada biaya biaya lainnya dunk..

    Memang kudu irit, di mana saja irit itu menjadi kewajiban, jadi ya kita harus pinter2 dalam mengelola uang..
    Husnudhonlah daripada ga kerja sama sekali…hihihihi

  8. chandra says:

    ni aq da tk. 2 akper, aq pngen bgt ni k jepang…ajarin donk gmna cr cpt untk bljr bhsa Jepang… n prosedur ap aj yg hrs kita lwtii….
    —————————————————————-
    Owh Perawat yaw..
    Untuk bisa cepat belajar bahasa Jepang, saya sarankan mengikuti Les saja(jika ada uang), jika ga ada uang seperti saya ini, cukup download materi2 yang ada di internet, banyak sekali kok, dan yang paling penting itu ya semangat untuk belajar dan bisa, karena dengan kita senang dan enjoy maka akan menjadi mudah kok Bahasa Jepang ini dan tentu saja akan dengan sendirinya cepat bisa..
    Untuk info lanjut mengenai Perawat yang diberangkatkan ke Jepang ini, silahkan baca postingan saya di sini https://bocahbancar.wordpress.com/2009/01/28/lowongan-perawat-untuk-diberangkatkan-ke-jepang/
    Belum terlambat kok OK..

    Semangat…

  9. retno says:

    hajimemashite…..bocahbancar-kun….ogenki desu ka???
    watashi wa retno,,dozo yorishiku….
    hei, aq anak keperawatan tingkat akhir, tahun ini lulus. tertarik banget kerja di jepang,,,
    aq juga dah nihongo benkyo nech……
    otodidak sech….tapi dikit-dikit bisa juga….
    bisa minta tolong gag dimana tempat cari infona bwt kerja di nihon??
    tar kirimin ke emailq ya??di rey_zantie@yahoo.com
    do itashimashite
    domo arigattou gozaimasu
    ——————————————————————-
    Hajimemashite Retno-san..Douzo Yoroshiku ne..
    Hai, watashiwa Genki desu..
    Owh begitu yaw, dah tingkat akhir terus dah belajar Nihongo juga..
    Yang jelas untuk yang program kerjasama ini kan ada jadwalnya, tapi insyaallah tiap tahun ada test kok, jadi ga usah terburu-buru, cari info sebanyak-banyaknya dulu, baru tetapin pilihan dengan matang. Ga harus kok abis lulus langsung dapet kerja, semua orang pengennya begitu tapi kita kembali lagi pada kenyataan kan..
    Mengenai infonya mungkin kamu bisa nyari di Depnaker, memang susah banget kerja di Jepang itu kalau tidak ada MoU nya dulu, dan inilah kesempatannya, Pemerintah kita sudah ada MoU dengan Jepang masalah perawat ini.
    Untuk Referensi kamu coba buka ini https://bocahbancar.wordpress.com/2008/12/08/lowongan-perawat-jepang-angkatan-ii/
    Semangatz..

  10. agunk says:

    mau banget dunk.. ke jepang… tapi kalo pengalaman kerja belum punya karena baru lulus tahun ini.. gimana?
    ——————————————————————–
    Iya sama harus ke Jepang he he he..

    Susah ya cari kerja di Jepang itu, syaratnya memang kebanyakan harus menguasai bahasa Jepang itu sendiri..

    Sedangkan kamu..???Sudah bisa bahasa Jepang, instropeksi dulu yaw..

    Kalo bisa nyari beasiswa ajah(saya juga sedang nyari he he)

    Semangatz..

  11. susi nurwani says:

    mau donk. kita berminat banget. cuman kita masih tingkat 1 keperawatan nieh n kita masih belajar menguasai bahasa jepang. tapi ada kendala nieh ,, dikampus kami buku- buku untuk bahasa jepang kurang memadai. n bagai mana yach caranya kalo mau pergi ke jepang ? mohon bantuannya

    Owh masih tingkat satu yaw, di mana atuh kuliahnya..?

    Tetep belajar ja Nihongo-nya, masih ada banyak waktu, aku yakin pasti bisa..^_^

    Yach itulah, tapi meski buku-bukunya terbatas ga apa-apa pelajari aja dulu dan kuasai, masalah tes itu mah jangan khawatir nanti kalo uda masuk juga akan ditraining bahasa Jepang lagi kok..

    Masalah bagaimana pergi ke Jepang, itu sesuai prosedur aja, kalo nanti ada pendaftaran di tahun depan, insyaallah aku kabarin dech jadi kamu bisa mempersiapkan apa ajah yang perlu, tapi kamu juga jangan bosen-bosen buat nyari-nyari informasi OK..

    Ganbatte Kudasai..

  12. anaputri says:

    berminat nich mau ke jepang?

    Banget dunk..

    Mank rencana kalo dah lulus dari sini bakalan nyari Beasiswa buat ke sana..

    Doain yaw..^_^

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: