Serangkaian Tes Agra Bareksa Group April 2013

SWCD home

Bismillah ArabicJejak langkah baru ini mulai diukir ketika hari itu Kamis sore, 18 April 2013 tiba-tiba ada telfon masuk dengan nomor tak dikenali berinisial 021. Tentu nomor Jakarta jaringan dari PKPU pikirku saat itu, oleh karenanya telfon pun saya angkat dan suaranya agak tidak jelas, bahkan nama orang yang berbicara pun agak kurang jelas terdengar. Setelah melanjutkan obrolan beberapa saat, maka baru jelaslah, sang penelfon adalah dari HRD Perusahaan yang mengkonfirmasi lamaran CV yang pernah saya kirimkan di awal Maret silam.

Sesuatu yang benar-benar tak terpikirkan. Saya pikir ajuan CV saya waktu itu memang sudah tidak ditanggapi dan kehidupanku akan begini saja sampai suatu saat jalan lain saya ambil. Jalan lain itu sebenarnya sudah ada. Ya, telah ada pada saat saya berkunjung di Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) Expo 2013 bertempat di kampus STT Tekstil Bandung tanggal 23-24 Maret 2013 lalu. Di stand STKS Bandung, saya bertemu dan berbincang dengan Ibunda Dr.Kanya Eka Santi, MSW. (Ketua STKS Bandung). Beliau mengemukakan mengenai adanya kesempatan mendapatkan full scholarship khusus bagi mahasiswa izin belajar di Pascasarjana STKS Bandung yang baru akan di-launching pada tahun 2013 ini.

Alhamdulillah sejak masa mahasiswa memang sudah dekat dengan Ibu Kanya dan waktu bertemu di PTK Expo tersebut, beliau memberikan support kepada saya untuk juga mendaftarkan diri pada program Sp-1 STKS Bandung di tahun 2013 (Juni 2013) dan sangat yakin akan bisa bersaing dengan calon-calon mahasiswa lain guna memperebutkan lima sampai enam jatah beasiswa bagi mahasiswa izin belajar (umum/bukan pegawai negeri sipil).

Dua hari setelah saya bertemu Bu Kanya, saya komunikasikan dengan orang tua dan kakak, maka terambillah keputusan untuk mengambil kesempatan beasiswa tersebut. Bahkan, saya telah memperoleh rekomendasi dari Bu Milly Mildawati selaku dosen pembimbing Karya Ilmiah Akhir (KIA) saya dulu di bidang Penanggulangan Bencana. Namun, ya begitulah, semuanya berubah alur, dan itu telah dipikirkan mengenai dampak positif dan negatifnya.

#1 DIRECT INTERVIEW

Perbincangan Kamis sore (18/04) itu menghasilkan kesepakatan bahwa keesokan harinya (Jum’at, 19/04) saya harus mengikuti tes wawancara pada pukul 15.00wib bertempat di kantor Agra Bareksa Group Jl.Aipda KS Tubun Raya No.66 Jakarta Barat.

Interview berjalan lancar dan saya rasa bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Namun, memang tidak saya sangkal bahwa ada pertanyaan menukik dari Pak Sugiantoro yang tidak bisa saya jawab secara jelas&tegas. Yakni mengenai langkah-langkah praktis dalam melakukan aktivitas pemberdayaan terhadap masyarakat lokal. Saya pikir Pak Toro masih merasa bahwa jawaban-jawaban saya terkesan teoritis dan belum bisa teruji secara praktis. Tapi syukurlah, tim Agra Bareksa juga menyadari karena saya memang masih terhitung fresh graduate, sudah lulus sejak Oktober 2012 tapi belum sempat berpraktik di bidang pemberdayaan masyarakat.

#2 PSIKOTES

Jadwal selanjutnya adalah psikotes dan medical check up. Psikotes saya jalani pada hari Rabu pagi (24/04) bertempat di First Asia Consultant Wisma 76, Jl. Letjen S. Parman no. 76, lt. 18. Psikotes yang dijadwalkan dari kantor pukul 08.00wib, saya datang tepat waktu, pukul 08.00wib sampai di gedung FAC. Sesampainya di lantai 18, saya dipersilahkan untuk registrasi terlebih dahulu dan telah terdaftar dari PT. Silva Rimba Lestari. Sambil menunggu waktu tes tiba, saya dan beberapa puluh peserta psikotes ini dipersilahkan untuk mengisi kuesioner terlebih dahulu. Setelah lewat sekitar 10 menit. Kami dipanggil kembali untuk ke ruang ujian utama. Kemudian satu per satu difoto dan dipersilahkan duduk di bangku komputer masing-masing. Awalnya saya heran, tapi ya, psikotes dilaksanakan dengan sistem komputerisasi, jadi lebih cepat dan tepat terpantau oleh pihak penyelenggara tes.

Setelah mengisi biodata pribadi terkait nama lengkap, asal, riwayat pendidikan, pekerjaan, organisasi dan lain-lain. Mulailah masuk pada materi psikotes yang terdiri dari empat sesi: 1)IQ#1, berbicara mengenai pengetahuan umum, hitungan logika, dan lain-lain; 2)IQ#2, berbicara mengenai gambar-gambar, simbol dan lain-lain; 3)Personality test, menguji tentang sifat kepekaan sosial melalui pilihan sikap atas beberapa pilihan yang disajikan; 4)MMI, berbicara mengenai sifat paling bisa dan paling tidak bisa. Have done! Sederhana kan ^_^

Oh iya, tapi ada satu yang terlewat. Tes 1 dan 2 di atas berbatas waktu dan tidak diberitahukan waktunya, jadi benar-benar menguji ketangkasan dan ketelitian dalam memberikan jawaban. Saya akui, ada beberapa jenis ujian (tes IQ#1 dan IQ#2 ini juga masih terdiri dari beberapa sub mata ujian) yang saya tidak sampai menyelesaikannya karena kehabisan waktu. Misalkan targetnya adalah 35 soal, saya baru sampai soal 33 dan soal habis, kemudian juga misalkan target soal ada 40, saya baru 35 sudah habis dan seterusnya. Tapi saya tidak khawatir kok, saya pikir saya sudah melakukan yang terbaik, dan sudah dengan kecepatan yang di atas rata-rata dalam mengerjakannya ^_^ <== PeDe Tinggi mode ON

Tidak terasa telah mengerjakan begitu banyak soal, start mulai pukul 08.30wib dan selesai ketika jam menunjukkan pukul 11.30wib, tiga jam telah berlalu. Pasca selesai mengerjakan soal-soal, saya pun dipanggil untuk interview. Tidak banyak yang dipertanyakan dalam interview, hanya mengkonfirmasi terkait data pribadi, dan juga pertanyaan seputar pekerjaan sebelumnya/sekarang dan posisi pekerjaan yang tengah dilamar. Dan Alhamdulillah, saya dapat menjawabnya dengan sangat baik sehingga tidak ada kekhawatiran. Setelah usaha maksimal, tinggal diserahkan kepada Allah saja hasil terbaiknya (menurut Allah) ^_^

#3 MEDICAL CHECK UP

Rangkaian tes terakhir sebenarnya adalah Psikotes, namun karena ada persyaratan yang tidak terpenuhi, pihak Parahita Diagnostic Center yang berlokasi di Jl. Warung Buncit Raya no.150, Jakarta Selatan ini meminta saya mengulang keesokan harinya. Saya sudah ke Parahita pada hari Selasa (23/04), karena saya hari Rabu nya harus Psikotes, maka barulah hari ini (Kamis, 25/04) saya kembali lagi ke Parahita. Dan uniknya, ternyata memang banyak yang harus mengulang karena ketidaksiapan syarat. Syaratnya tidak berat sich, hanya harus puasa antara 10-12 jam saja. Tidak boleh kurang dari 10 jam, dan tidak boleh lebih dari 12 jam. Kasus saya kemarin, sudah lewat dari 12 jam he he. Penjelasan dari petugasnya, yang dihitung adalah terakhir kali makan malamnya, bukan persiapan makan. Jadi, ketika hendak medical check up pukul 08.00wib, maka harus terakhir kali makan antara jam 21.00-22.00wib. Setelah itu tidak boleh makan, hanya boleh minum air putih saja.

Pada sesi tes ini terdiri dari empat tes: 1)ambil sampel darah ke dalam empat tabung yang berbeda; 2)X-ray (sinar X); 3)tes fisik standar; dan terakhir 4)ambil sampel urine. Semuanya ini saya proses dari jam 8 pagi sampai 08.45wib. Singkat, cepat, namun lengkap. Saya akui bahwa pelayanan dan fasilitas di Parahita ini sangat profesional. Dan keren-nya, karyawan perempuannya sekitar 80% mengenakan kerudung. Alhamdulillah, artinya Parahita cukup kondusif, bahwa para muslimah juga bisa berkiprah secara profesional, khususnya di bidang tenaga medis dan kesehatan.

Nah, selesailah rangkaian proses yang saya jalani sejak awal sampai akhir. InsyaAllah hari Senin atau Selasa pekan depan akan muncul hasilnya. Apakah saya jadi diterima di Agra Bareksa dengan penempatan di Kabupaten Kutai Kartanegera (Kalimantan Timur) ataukah mencari jalan lain untuk beraktivitas.

NB: Kutipan di atas saya tulis sebelum pengumuman dari Agra Bareksa keluar.

Tepat menjelang waktu adzan Ashar (Selasa, 30 April 2013) berkumandang untuk daerah Condet (Jakarta Timur) dan sekitarnya. Mbak Irene dari Agra Bareksa Group menelpon sembari memberikan pengumuman bahwa saya layak untuk menjadi bagian dari Agra Bareksa. Beberapa persyaratan lanjutan diminta hingga akhir pekan ini. Dan hari Senin (06 Mei 2013) adalah hari pertama saya bekerja di Kabupaten Kutai Kartanegara (nama desanya masih belum hafal). Subhanallah walhamdulillah walaa ilaa ha Illallahu Akbar… !!

Semoga ada manfaat yang dapat diambil dari paragraf demi paragraf yang telah saya ketikkan ini. Salam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah ^_^

Joe at Pantai AnyerMuhammad Joe Sekigawa, A Social Worker, An Activist, A Great Dreamer, Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman

Alumni Bandung College of Social Welfare, Department of Social Rehabilitation ‘08

Staf Ahli Bidang Relasi Publik FORKOMKASI (Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia) masa bhakti 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Kamis sore, 14 Jumadil Akhir 1434 Hijriah/ 25 April 2013 pukul 16.55wib @Ruang Kantor DRM Direktorat Pendayagunaan PKPU. Jl Raya Condet No.12 Batu Ampar, Jakarta Timur.

Selesai direvisi pada hari Selasa sore, 20 Jumadil Akhir 1434 Hijriah/ 30 April 2013 pukul 16.55wib @Ruang Kantor DRM Direktorat Pendayagunaan PKPU. Jl Raya Condet No.12 Batu Ampar, Jakarta Timur.

About these ads
Comments
19 Responses to “Serangkaian Tes Agra Bareksa Group April 2013”
  1. Nur Azizah says:

    Apa segitunya ga cocok dg perempuan y Mas? Hrs tggl di mess? Sy kbtln baru pindah ke Pontianak. Ada rmh sendiri. Disini byk perusahaan perkebunan. Klo memungkinkan, tertarik jg beat melamar :)

  2. azizah says:

    Salam kenal Mas, mau nanya utk background social welfare (kita sama nih mas) bs melamar di bagian apa ya? Tp yg available utk perempuan :)
    Thanks

    • Sama juga sih, di bagian Community Investment, tapi nanti akan dipasang di bagian admin. Kalau adminya dari background sosial juga kan pekerjaan lebih nyambung..

      Tapi ini kerjaannya di hutan lo, yakin mau daftar? he he
      Dan tentu saja, tunggu informasi lowongannya di internet (jobstreet dsb)

  3. Mas, bisa di sebutin g tes di Asian Consultingnya, mulai dari sesi 1 sampai selesai..
    Thanks..

  4. William Adijaya says:

    Salam kenal Pak Joe.. Kebetulan saya juga karyawan di Agra Bareksa, tepatnya di Jakarta.
    Salam sukses ya Pak Joe.. haha

  5. Fani Nurcahyadi (Mr) says:

    Selamat sore Mas,
    Boleh saya dikasih informasi tentang pt agra bareksa? Karena saya sedang proses join disana

  6. sherly says:

    susah gak tes psikotes di first asia consulting?
    aku soalnya mau tes jg, deg2an hehe

    • Hmm,, Dikatakan susah sih tidak juga kok… Apalagi para petugasnya juga sangat welcome… Sempat saya di satu sesi hampir semuanya saya salah isi karena kurang paham maksudnya… Oleh pihak penyelenggara memantau dan memberi tahu bahwa pengisian jawaban saya salah, diajari satu sampai tiga soal, setelah itu diminta melanjutkan kembali..

      Intinya, kudu sigap dalam mengerjakan soal-soalnya, agar tidak kehabisan waktu..

      Semoga sukses ya Mba Sherly ^_^

      Salam hangat dan semangat selalu

  7. Andre says:

    sukses ya kang.. :)

  8. @endahya says:

    selamat, mas! sukses selalu :)

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: