Sebuah Mimpi yang Terealisasi untuk Terus Menginspirasi

Cover Launching TBoDs 9 Feb 2013_Pak Micho STKS

Basmalah

Ucap syukur senantiasa terlantun dari bibir-bibir kami, kelima anggota Team 5 yang pada hari Sabtu, 09 Februari 2013 kemarin melaksanakan acara Launching Buku “The Book of Dreams”. Sebuah kebahagiaan dan kebanggaan yang amat luar biasa ketika kami juga berkesempatan untuk menghadirkan 2 (dua) dari 19 narasumber di dalam buku tersebut, yakni Bapak Rachmat Sutarnas Marpaung dan Ibunda Yeane E.M. Tungga yang juga bertindak sebagai pemateri talkshowInternational Social Work”.

Seperti biasa, ide awal Launching Buku “The Book of Dreams” dari saya ini sungguh sangat simple dan sederhana, kemudian saya tambahkan konsep talkshow. Kemudian hasilnya? Ruuuaarrrr Biasa. Muhni dengan begitu lihainya menambahkan detil-detil yang sungguh tak terpikirkan dalam benak saya. Dan hasilnya mulai dari pembawaan lagu Indonesia Raya dan Hymne STKS Bandung, Pemotongan Tumpeng, Iringan musik band, sertifikat panitia dan peserta, hingga publikasi di website resmi STKS Bandung. Sungguh, di luar itu masih banyak sekali detil yang melengkapi kesempurnaan kegiatan Launching hari kemarin. Saya menjadi tak ragu lagi untuk memberikan apresiasi yang cukup besar terhadap Abd. Muhni Salam, salah satu anggota Team 5 yang tak hanya jago di bidang konseptor, juga sekaligus eksekutornya.

Tak lupa, penghargaan setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Tim KSKT (Kelompok Studi Karang Taruna), UKM Bahasa dan juga FMKI (Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia) yang telah banyak memberikan support tenaga dan pikiran guna kelancaran acara Launching kemarin. Juga kepada seluruh panitia yang tergabung yang tak dapat saya sebutkan satu per satu. Ucap syukur ini terlantunkan, Jazakumullahu khairan katsiro. ^_^

Memang Ibunda Dr. Kanya Eka Santi, MSW. Selaku ketua STKS Bandung sekaligus narasumber buku “The Book of Dreams” tak dapat menghadiri acara karena sudah ada jadwal dari jauh-jauh hari. Namun, perwakilan yang diamanahkan kepada Ibunda Meiti Subardhini selaku Pembantu Ketua III bidang Kemahasiswaan, membuat bulu kuduk saya beridiri, merinding juga haru. Sambutan beliau sungguh terlihat ikhlas dan tanpa ada kesan “formalitas”. Yang ada adalah pengakuan tulus beliau mengingat kembali pada saat beberapa anggota Team 5 datang kepada beliau sekitar bulan Agustus 2011 untuk menyampaikan gagasan pembuatan buku ini. Beliau pada awalnya ragu (baca: tidak yakin), tapi karena kekuatan tekad kami, maka beliau memberikan lampau hijau seraya memberikan jejaring yang dapat kami akses untuk mengontak narasumber satu per satu.

Pengakuan tulus beliau yang kedua adalah bahwa beliau merasa kagum dan haru kepada beberapa narasumber yang begitu dekat dengan baliau dalam dunia kerja di STKS Bandung, kemudian membaca kisah di dalam buku “The Book of Dreams” yang ternyata ada hal-hal yang tak sempat mereka sampaikan, di balik semua keterbatasan, ada asa besar yang hendak diwujudkan. Tak ayal, pada saat memberikan sambutan itu juga, mata Bunda Meiti sempat berkaca-kaca dan rasa haru itu merasuk kepada kami semua selaku peserta acara.

Acara pun berlanjut kepada sesi pemotongan tumpeng. Prosesi yang terasa cukup sacral dalam tradisi orang Jawa. Bukan karena kepercayaan khurofat ataupun membuat hal-hal yang baru (baca: bid’ah), namun ini adalah langkah kreatif kami bahwa acara Launching buku “The Book of Dreams” ini bukanlah sembarangan. Saluran selang semangat telah terbuka lebar, air telah memancar, dan tinggal kami sebarkan nilai-nilai perjuangannya kepada khalayak. Semoga bisa menginspirasi dan menjadikan jiwa sejuk namun tetap berapi-api. Iringan lagu “Sang Pemimpi” yang dibawakan oleh teman-teman dari UKM Band STKS  Bandung cukup membuat suasana nyambung, yakni penuh aliran semangat kepada kami semua.

Pasca pemotongan tumpeng, dan sebelum memasuki acara talkshow, Anisa menjadi perwakilan Team 5 untuk memaparkan 2 (dua) menit perjalanan interview Team 5 terhadap narasumber. Sungguh saya sendiri pun haru melihat pemaparan dari Anisa, apalagi para peserta lainnya. Saya yakin mereka merasakan getaran yang serupa dengan saya, yakni letupan-letupan semangat yang kian membara untuk meraih cita dan asa.

Talkshow pun dimulai, diundanglah Restu Harefa selaku moderator, Pak Rachmat dan Bu Yeane selaku narasumber, dan juga Team 5 STKS Bandung. Namun sayangnya pada kesempatan kali ini, Erna Dwi Susanti sebagai salah satu anggota Team 5 tidak dapat hadir mengikuti kegiatan ini karena ada urusan sangat penting yang mengharuskan dirinya pulang ke Ngawi, Jawa Timur.

Kesempatan pertama diberikan kepada Pak Rachmat, untuk membakar semangat para peserta, khususnya para mahasiswa yang frekuensi impiannya hampir sama rata. Dan hasilnya, sesi ini dapat menghipnotis para peserta dan rasanya tidak ada sedikitpun momentum yang ingin ditinggalkan. Sesi kedua dibawakan oleh Bu Yeane, dan beliau pun tak kalah semangatnya dengan Pak Rachmat. Bahkan, bisa dibilang Bu Yeane telah menyihir para peserta untuk stay tuned di frekuensi yang sama tersebut, yakni impian, semangat, dan cita untuk meraih beasiswa di luar negeri. Dan sebagai international social worker. ^_^

Sesi yang tak kalah hebohnya adalah ketika panitia membagi-bagikan buku gratis kepada peserta. Kemudian juga aksi foto-foto bareng Team 5 disusul permintaan tanda tangan yang cukup membuat kami terharu. Wah, begini ini ya rasanya sebagai penulis buku, yang kemudian mendapatkan fans. Yang padahal tanda tangan tidak ada bagus-bagusnya, namun karena kita penulisnya, maka goresan tangan “tak jelas” itu menjadi bermakna dan berharga. Alhamdulillah ^_^

Ke depannya, kami tak akan lelah untuk berbagi cerita dan inspirasi. Akan terus bergerak untuk menuntaskan mimpi-mimpi serta membuat perubahan yang lebih besar dari sebelumnya. Tidak hanya untuk STKS Bandung, namun untuk Indonesia dan dunia. InsyaAllah

Joe STKS BdgSalam hangat dan semangat selalu dalam dekapan ukhuwah by Muhammad Joe Sekigawa, SST

Seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

A Social Worker fresh graduated from Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation

A Team 5 Coordinator for The Book of Dreams project

Staf Divisi Disaster Risk Management (DRM) PKPU Pusat.

Staf Ahli Bidang Relasi Publik, Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia (FORKOMKASI) masa bhakti 2012-2013

Selesai ditulis pada hari Ahad pagi, 28 Rabiul Awal 1434 Hijriah/ 10 Februari 2013 at 06.15wib @Kostan Akh Dic. Kampung Padi, Dago-Bandung, Jawa Barat.

G A L L E R I E S

About these ads
Comments
2 Responses to “Sebuah Mimpi yang Terealisasi untuk Terus Menginspirasi”
  1. tsemoet says:

    Keren de’. Insya Allah sukses terus ya….lanjutkan

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: