Mabit Bersama Ikhwah KAMMI Se Kota Bandung di Penghujung Tahun 2011

Peserta Mabit KAMMI @Al Ihsan STKS Bandung

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Syukur Alhamdulillah karena di penghujung tahun 2011 kemarin KAMMI Kota Bandung masih dapat berkumpul untuk melaksanakan Mabit (malam bina iman dan takwa) bertempat di Masjid Al Ihsan STKS Bandung. Acara dimulai pada hari Sabtu malam, 31 Desember 2011 pukul 20.30wib hingga Ahad pagi, 01 Januari 2012 pukul 05.00wib.

Konsep yang diusung dalam pelaksanaan acara Mabit ini memang sederhana, cukup para ikhwan berhimpun dalam satu tempat, menonton film dokumenter Islam, kemudian mendiskusikannya. Namun meskipun demikian, kami merasa bahwa kegiatan semacam ini akan berdampak cukup signifikan untuk saling menjaga hati dan diri yang dalam era abad 21 ini lebih mudah terkotori.

Kami merasa bahwa malam pergantian tahun Masehi ini lebih dimaknai oleh masyarakat sebagai sebuah acara untuk mengucap puji syukur dan bergembira ria karena telah menjelang pada tahun yang berbeda dengan sebelumnya. Tentu saja karena di sana tersirat makna semangat akan hari baru yang diyakini secara optimis bisa memberikan dampak yang lebih baik dari sebelumnya. Ada rasa memiliki dalam hati masyarakat kita baik mulai dari anak-anak, remaja, dewasa maupun para orang tua.

Bagaimana seorang muslim menanggapinya? Bukankah sebagian besar masyarakat kita juga seorang muslim? Nah, di sinilah letak garis merahnya. Umat muslim juga memiliki tahun baru (hijriah) yang tanggal 01 Muharram 1433 H atau bertepatan dengan tanggal 27 November 2011 kemarin telah kita lewati bersama. Modal rasa memiliki dan keinginan untuk memperbaiki diri itu seharusnya kita refleksikan pada akhir tahun hijriah kemarin. Tapi memang inilah kenyataannya ketika umat telah jauh dari agamanya, tugas diri kitalah sebagai generasi penerus dakwah yang meyakini bahwa segala sesuatunya berawal dari Tarbiyah. Kitalah generasi yang mempelajari dan mengajarkan Al Qur’an (Q.S Ali Imran 79), kitalah yang merindukan akan pertemuan dengan Rabbul Izzati, Allah Azza wa Jalla (Q.S Al Insyiqaq 6), kitalah yang senantiasa menyadari tujuan hakiki hidup di dunia (Q.S Adz Dzaariyat 56), dan kitalah yang paham bahwa tugas manusia di bumi adalah menjadi khalifah (Q.S Al Baqarah 30).

Peserta Mabit kemarin memang tidak banyak, mereka di antaranya: Muhammad Joe Sekigawa (KAMMI STKS Bandung); Moh Akhir Nasution dan Yoga (KAMMI ITB); Fetrian (KAMMI UNIKOM); Irfan (KAMMI STT Tekstil); Julhayadi (Zoel), Yoga, Amir, dan Asep (KAMMI UPI). Meski sedikit, tidak pernah menyurutkan semangat kebersamaan dan ukhuwah ini, “. . . . . . . . .Orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah, berkata: “Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapatmengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S Al Baqarah 249)

Selain kegiatan yang telah dilaksanakan di atas, tepat di hari Ahad dini hari, 01 Januari 2012 pukul 00.01wib kami meluncurkan Website MuslimNegarawan.com sebagai bagian dari langkah dakwah multimedia yang diusung oleh KAMMI Forum Kota (Forkot) Bandung. Anda pun dapat berpartisipasi dengan melakukan registrasi terlebih dahulu, kemudian mulai mengirimkan artikel-artikel yang insyaAllah akan dibaca oleh banyak orang serta menjadi sebuah tulisan inspiratif guna menuju masyarakat madani.

Tak lupa, ucapan luar biasa kami haturkan kepada DMK Masjid Al Ihsan yang telah berkenan tempatnya kami pinjam untuk acara mabit ini. Kemudian Akh Agus Ni’amilah yang dengan keikhlasannya telah memberikan pinjaman LCD Proyektor, juga turut membantu men-settingnya, lalu ditambah peminjaman sound speaker yang juga dipinjami oleh beliau. Barakallahu ya Akhi, seperti ungkapan Akh Jauhar Al Zanki pada sesi kuliah Shubuh tadi pagi, “Seorang muslim itu berdakwah dengan memberikan contoh dari dirinya terlebih dahulu, karena dengan begitulah orang tidak akan membuat pagar terhadap dirinya untuk dapat menerima kebenaran yang hakiki”.

Demikianlah, di awal tahun 2012 ini menjadi pengalaman berharga dalam kesadaran hidup sebagai seorang muslim. Perjuangan memang masih panjang, dan perbaikan diri harus senantiasa dilakukan secara terus menerus. Semoga kita semua benar-benar tetap meluruskan niat hanya untuk Allah, dan juga istiqomah walau sadar ke depan akan banyak ujian yang diberikan oleh Allah kepada diri kita seiring dengan peningkatan kualitas iman (Q.S At Taubah 16).

Salam hangat dalam dekapan Ukhuwah by Muhammad Joe Sekigawa, seorang Pembelajar Sepanjang Zaman who has a great dreams

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) STKS Bandung

Admin/Kontributor Website MuslimNegarawan.com

An Undergraduate Student of Bandung College of Social Welfare (BCSW), Department of Social Rehabilitation 2008

Selesai ditulis pada Ahad sore, 01 Januari 2012 at 17.30wib @Kamar Kostan, Dago Pojok, Bandung

Dipublikasikan pada Ahad malam, 01 Januari 2012 at 21.57wib @Neru Net, Dago, Bandung

G A L L E R I E S

===

===

===

===

About these ads

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: