Kunjungan Lapangan: BBRVBD Cibinong dan PSBG Ciung Wanara Bogor

Bismillahirrohmaanirrohiim,,                 

Sehari setelah Kuliah Umum kemarin, para mahasiswa Jurusan Rehabilitasi Sosial STKS Bandung angkatan 2008 melaksanakan kunjungan lapangan yang masih berkenaan dengan praktek rehabilitasi. Kunjungan kami kali ini adalah ke BBRVBD (Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa) dan PSBG (Panti Sosial Bina Grahita) Ciung Wanara, Cibinong, Bogor.

Pertama kali saya tiba di BBRVBD atau NVRC alias National Vocational Rehabilitation Center ini saya dikagetkan dengan bangunan yang memang asing dengan bangunan di sekitarnya. Arsitekturnya banyak yang lancip dan berdiri megah dengan warna putih. Dan seperti yang saya duga, bentuk model bangunan semacam ini adalah bangunan khas Jepang, teknologi Jepang tentunya. Setelah ditelusuri, ternyata NVRC ini memang dibangun atas dana hibah dari Pemerintah Jepang melalui JICA pada tahun 1996 silam. Pengerjaannya pun dilakukan oleh JICA, termasuk bahan-bahan material dan juga SOP (Standard Operational Program)-nya. Namun yang mengesankan adalah sampai pada saat ini, bangunannya masih berdiri megah dan kokoh  layaknya bangunan baru.

Masuk di ruang Aula, kami disambut langsung oleh Kepala NVRC yakni Bapak Tunggul Sianipar. Beliau sangat kocak, bersuara lantang, namun tetap ramah. Beliau juga sangat bersemangat sekali menerima kedatangan kami semua, dan bahkan presentasi yang beliau bawakan mengenai profil NVRC ini terasa kurang lama (padahal sudah sejam lebih). Beliau awalnya banyak bercerita mengenai nostalgia bahwa beliau dulu pernah menjadi direktur di Departemen Sosial (sebelum tahun 2000) dan juga tahu banyak mengenai perkembangan STKS dan sepak terjangnya dalam dunia sosial.

Lanjut kepada profil dari NVRC ini sendiri, terdapat 5 jenis rehabilitasi vokasional yakni: 1)Penjahitan; 2)Komputer; 3)Desain grafis/Percetakan; 4)Elektronika; dan 5)Pekerjaan logam. Kesemuanya itu berjalan seiring dan saling memenuhi terhadap kebutuhan pasar kerja.

Tak hanya diberikan pelatihan saja, para siswa di NVRC ini juga akan melaksanakan program magang selama 2 bulan di mitra-mitra perusahaan di sekitar wilayah Cibinong itu sendiri. Bahkan semua lulusan juga dimonitor selama setahun untuk memastikan bahwa mereka dapat mandiri atau terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri sehingga tak tergantung kepada orang lain.

Pada akhirnya setelah penerimaan di Aula, kami diajak berkeliling ke area pelatihan dan yang menarik adalah saya menemukan satu ruangan khusus bertuliskan “Ruangan Pekerja Sosial”. Setelah saya menanyakan kepada petugas, ternyata peran pekerja sosial di sana sangat penting. Itu berkaitan dengan konsultasi para siswa mengenai masalah keluarganya, kekurangnyamanan dalam berinteraksi dengan teman, hingga pada persoalan pribadi yang menghambat pada program belajar.

Nah, selanjutnya adalah kunjungan ke PSBG Ciung Wanara. Di sana karena sudah siang, tiba waktunya untuk makan siang. Setelah itu melaksanakan sholat Dhuhur, dan baru diadakan acara penerimaan oleh kepada Panti, Ibu Yenny namanya. Penerimaan tidak berlangsung lama, hanya berupa simbolisasi saja dan langsung dilanjutkan dengan mengunjungi ke kelas-kelas keterampilan siswa. Tahu sendiri kan, para siswa di sini bukanlah siswa biasa, namun mereka semua ini adalah para siswa dengan keterbelakangan mental. Tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun yang membuat saya tersenyum adalah ketika melihat mereka dengan tekun dan semangat untuk mengerjakan keterampilan-keterampilan yang berbeda dari setiap kelas. Ada yang menjahit, ada yang membuat anyaman tambang, dan ada yang membuat handicraft juga. Di samping keterampilan kerja, di sana para siswa juga diberikan bimbingan sosial, mental dan juga fisik. Namun menurut pengakuan dari Bu Yenny selaku kepala Panti adalah bahwa utamanya mereka ini dibina untuk bisa melaksanakan ADL (Activity Daily Living). Jika itu sudah terbina, maka akan dikembangkan pada kemampuan-kemampuan lainnya yang nantinya dapat membuatnya mandiri serta berdaya guna.

Demikianlah laporan singkat tentang Kunjungan Lapangan di Cibinong, Bogor kemarin. Adapun FILE PRESENTASI dari Pak Tunggul Sianipar dapat Anda DOWNLOAD di sini Profil dan Alur Rehabilitasi Vokasional di BBRVBD Cibinong , semoga bermanfaat dan Salam Semangat Selalu

Salam Cinta Profesi Pekerja Sosial dari Joko Setiawan, Mahasiswa D-IV STKS Bandung Semester VI Jurusan Rehabilitasi Sosial angkatan 2008

Ditulis pada Rabu malam, 20 April 2011 at 19.53wib @Kost Dago Pojok, Dago-Bandung, Jawa Barat

Dipublikasikan padaRabu malam, 20 April 2011 at 21.50wib @Mahesa Net, Dago Pojok-Bandung, Jawa Barat

About these ads
Comments
2 Responses to “Kunjungan Lapangan: BBRVBD Cibinong dan PSBG Ciung Wanara Bogor”
  1. Santi UD says:

    Terimakasih atas postingannya. BBRVBD Cibinong memang bagus dan satu-satunya di Indonesia, dan sudah dikenal ke mancanegara, khususnya wilayah ASia Pasifik Afrika. Tapi sayang sekali kurang terkenal di dalam negeri sendiri. semoga dengan banyaknya tulisan tentang BBRVBD Cibinong, akan membuat lembaga ini semakin dikenal masyarakat dan semakin bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para penyandang disabilitas.

    Salam kenal.

    • Sama-sama Mbak Santi,,,

      Apakah Mbak Santi ini ada di lingkungan BBRVBD Cibinong..??? Hmm,, kemarin ketemu saya ya..?? He he he

      Betul Mbak, semoga melalui media ini, dapat ikut serta menyebarluaskan informasi tentang BBRVBD Cibinong, utamanya bagi yang bersangkutan,,,

      Salam kenal juga dan salam semangat selalu

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: