MARI GEMAR MEMBACA

Bismillahirrohmaanirrohiim,,

Membaca, ya satu kata itu sungguh sangat menakjubkan sekali. Kata pepatah, Buku adalah Gudangnya Ilmu, maka jika ingin kaya ilmu, maka perbanyaklah membaca, bukan begitu,,?? Bahkan Allah Subhanahu Wata’ala, Rabb alam semesta beserta seluruh isinya – pun menurunkan wahyu yang pertama kepada Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam dengan awalan “Iqra” means BACALAH!!! Subhanallah :)

Sumber Gambar

Membaca adalah salah satu tindakan langkah awal untuk memahami sesuatu, dalam otak kita, semakin banyak informasi yang masuk bukannya menjadi semakin penuh dan tidak bisa digunakan lagi, namun otak akan semakin prima dan kreatif seiiring banjirnya informasi yang masuk. Jadi, sangatlah rugi jika kita tak pernah menyempatkan waktu untuk membaca beberapa artikel, novel, jurnal ilmiah, atau sebuah puisi sekalipun.

Bagaimana dengan saya,,?? Apakah seorang yang gemar membaca juga,,?? Bisa dibilang demikian, namun bukanlah orang yang kuat membaca. I mean that I love to read, but usually skipping from one topic to the another topic. Sering sekali membaca buku hanya pada bagian yang saya rasa menarik saja. Tapi kenyataannya, saya memang sangat gemar membaca apapun, setiap ilmu baru yang saya rasa interesting, I will read that book ;)

Menuju sebuah realitas yang ada, tak dipungkiri bahwa kemauan dan kemampuan membaca masyarakat kita saat ini masihlah bernilai rendah/minim. Tak menyalahkan pribadi individu sepenuhnya, karena memang sistem yang ada juga kurang begitu mendukung. Minimnya jumlah buku, kurang menariknya tampilan buku yang ada, tidak begitu tersosialisasikannya bahwa membaca itu penting dan harus ditanamkan/dibiasakan sejak dini. Sejak masa TK, betul sekali :)

Kalau berbicara hal yang ideal, ya memang sich selama ini mungkin hanya bisa diakses oleh orang-orang dengan ekonomi menengah ke atas saja. Beda dengan saudara-saudara kita yang kedua orang tuanya bekerja dari pagi buta hingga malam hari hanya untuk menutupi kebutuhan makan saja, tidak lebih. Oleh karena itu, peran dari pemerintah dan kita sebagai seorang yang dianugerahi rizki lebih(buktinya bisa sampai mengakses dan membaca artikel ini) sangat dibutuhkan untuk meratakan pendidikan dasar, paling tidak ikut serta dalam mananamkan budaya gemar membaca kepada generasi muda kita.

Saya sendiri bukanlah seorang yang diajari gemar membaca sejak kecil. Maklum lah, ayah dan ibuku lebih mengajariku bagaimana cara mengambil air sumur untuk mandi, menggembala kambing, mencari rerumputan di sawah untuk pakan sapi, dan mencari ikan di sungai untuk lauk makan siang dan malam hari.

Sumber Gambar

Begitulah, membaca ini saya temukan nikmatnya seiring dengan perkembangan diri, dan tentu saja karena alhamdulillah saya ketika itu menemukan lingkungan yang tepat dan kondusif. Maka inilah yang ingin saya serukan,“MARI GEMAR MEMBACA” untuk menggapai masa depan bangsa yang lebih baik,,

Salam semangat selalu, Student of Bandung College of Social Welfare, Department of Social Rehabilitation 2008

@NERU NET, Dago-Bandung 09.50 am

About these ads
Comments
35 Responses to “MARI GEMAR MEMBACA”
  1. nadiafriza says:

    saya suka gambarnya :)

    setuju! baca itu jendela dunia. buku apapun pasti berguna, bahkan komik :p saya banyak belajar budaya dan pengetahuan jepang dari detektif conan hihi

    • Gambarnya keren yakk :)
      .
      .
      Iyah, awalnya memang dari Komik, dan alhamdulillah nya, Komik Jepang itu sangat edukatif sekali, menumbuhkan rasa keingintahuan yang lebih untuk membaca yang lainnya (selain komik) ;)

      Salam semangat selalu

  2. erviana says:

    mari kita membaca yok biar tambah ilmu kita

  3. jasmine says:

    bukan hanya lewat buku,dengan adanya internet aku jadi tau bnyak hal tanpa harus membeli/menyewa/meminjam buku,bahkan kita malah bisa lebih menjaga bumi,dengan meminimalisir penggunaan kertas,keep blogging

  4. massigit says:

    Wah.. emang harus ditarget satu bulan minimal satu buku habis terbaca..

  5. 'Ne says:

    Dengan membaca kita punya tiket ke mana saja :-D

  6. ilham says:

    mari membaca…

  7. akhmad fauzi says:

    buku adalah jendela dunia…budayakan gemar membaca

  8. bukugrat says:

    Amal baik perlu diperkuat oleh ilmu. Salah satu sumber ilmu adalah dengan membaca.

  9. wildanr says:

    Tulisannya bagus.. :D Setelah selesai membaca, usahakan juga untuk menulisnya sehingga ilmu baru kita bisa didapatkan oleh orang lain juga ^^

    • Baru sampeyan ini lowh Mas yang bilang tulisan saya bagus hohohoho :D

      Yups,,, dengan membaca catatan kecil saat membaca, itu akan memudahkan kita merangkum inti2 dari tema yang sudah terbaca :)

      Terima kasih atas masukannya ya,,

  10. tyan says:

    ya jika melihat minat membaca sekarang ini cukup mengecewakan…..,
    sepertinya harus ada sesuatu yang bisa membangkitkan minat membaca….,

    • Betul betul betul,,,,

      Kira-kira apa yang Mas yang bisa membangkitkan minat baca,,????

      Mari kita pikirkan bersama dan segara implementasikan dalam lingkungan sekitar kita,,,

      jika sukses,, bisa di share kan pengalamannya,,, :)

  11. erick azof says:

    dengan membaca aku serasa sedang mendengar dari penulisnya langsung..itu mengapa buku disebut juga jendela dunia.. :)
    thx 4 sharing bro!

  12. Betul sangad…
    membaca buku gudangnya ilmu… ;)

  13. kawanlama95 says:

    seringkali membaca buku dengan hambar tak meyentuh dan kemalasan dipelihara stop kemalasan yuk dari sekarang perlu dan agendakan membaca. aku abis baca buku silahkan klik di /buku-smart-healing

  14. ilmu adalah bekal yang tak akan habis…

  15. ierest says:

    ILMU adalah CAHAYA.. yang dapat menuntun kita kelak di Akhirat sana :D

  16. Selamat Membaca Kawanku,,,

    Nikmati hari yang cerah ini dengan menambah selalu ilmu yang Engkau miliki,,
    Barakallahu Fikum,,,, :)

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: