Hendak Menjadi Apa Kuliah di STKS Bandung,,??

Bismillah,

Jujur saja, awal masuk di STKS Bandung, diri ini belum tahu apa-apa, belum kenal apa-apa, STKS hanya kuketahui dengan sebatas nama. Ya, waktu itu memang diriku sedang mengejar mimpi, mimpi menjadi seorang mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi.

Tak kupungkiri, sebenarnya kuliah ini adalah suatu barang mewah bagiku, kedua orang tuaku pun tidak berangan-angan banyak bahwa anaknya ini bisa menjadi seorang sarjana. Ya, begitulah adanya, dan begitulah kenyataanya.

Alhamdulillah lingkungan di sekitarku dulu membuatku menjadi sadar diri, siapa diri ini, untuk apa berjuang, dan bagaimana cara meraih cita-cita, bagaimana cara membangun semangat, dan masih banyak lagi pelajaran hidup yang kuterima.

Masuk STKS Bandung

Agustus 2008, Bulan ini adalah awal masuk sebagai mahasiswa STKS Bandung, belum mulai kuliah, namun baru memasuki PPI(Program Pengenalan Institusi) sebagai gerbang untuk mengenal lebih dalam mengenai STKS dan sistem penerimaan mahasiswa baru-nya.

Akhirnya, diri ini masuk di kelas I-F bersama dengan teman-teman dari Makasar, Pangkal Pinang, Palembang, Palu, Nusa Tenggara Timur&Barat, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, dan juga Jawa Timur tentunya. Selanjutnya mengikuti perkuliahan di semester 1 masih aman karena mata kuliahnya adalah yang masih umum, kemudian masuk semester 2 sudah mulai agak membingungkan,  masih ada keinginan untuk kuliah di kampus ternama, kemudian semester 3 diri ini sudah benar-benar memantapkan diri. Tidak hanya mampu menyelesaikan tugas-tugas lapangan dan soal-soal ujian, namun juga mulai mencintai sejatinya profesi ini PEKERJA SOSIAL.

Januari 2009, melihat kenyataan memang cukup memilukan, apa yang baru saja mulai aku cintai itu ternyata memang cukup kurang begitu dikenal. Alhasil aku mulai menuliskan beberapa artikel mengenai pekerjaaan sosial, pekerja sosial, dan kesejahteraan sosial. Aku mulai mengagumi tokoh-tokoh dosen yang bergelar “Doktor” untuk lebih mengenal ilmu pekerjaan sosial secara lebih dekat lagi. Aku mulai mengenal orang dan dikenal orang. Tak hanya alumni STKS Bandung, pekerja sosial dari lulusan universitas lain pun satu demi satu kutemukan, teman-teman yang menggeluti bidang sama(Pekerjaan Sosial maupun Ilmu Kesejahteraan Sosial) lambat laun terus bertambah, bahkan dikenal beberapa organisasi profesi pekerja sosial, NGO, INGO, Government, hingga ke UN(United Nations).

Februari 2010, Namun itu semua tidaklah cukup, aku baru “hanya dikenal” sebagai sosok yang semangat untuk mempromosikan profesi pekerja sosial, namun belum dikenal sebagai sosok yang “berilmu pengetahuan bidang praktek pekerjaan sosial”. Inilah yang menjadi cemetiku sepanjang waktu, karena tak ada guna rancangan bermacam-macam ide tanpa adanya realisasi. Terus menimba ilmu hingga akhir hayatku.

Juni 2010, menjadi Pekerja Sosial, itulah sekarang cita-cita luhurku, dan itulah kenapa aku berada di STKS Bandung. Akan terus kukabarkan kepada khalayak ramai mengenai profesiku ini sehingga jelas tampak bahwa di sinilah aku berdiri, sebagai seorang Mahasiswa Pekerja Sosial.

About these ads
Comments
86 Responses to “Hendak Menjadi Apa Kuliah di STKS Bandung,,??”
  1. elisa says:

    Assalamualaikum mas, saya calon mahasiswi stks 2014. Bagi infonya dong mas waktu masnya masuk stks belajar apa aja, apa yg hrs dilakukan wakktu wawancara, terus apa wawasan juga diuji ? Terimakasih sblmnya …

  2. SALAM.
    Saya calon mahasiswi STKS 2013, minta do’anya ya mudah2an lulus seleksi dan wawancaranya.
    sehingga dari calon mahasiswi jadi mahasiswi STKS. ;-)
    AAMIIN

    Makasih.

  3. permadi says:

    bang apa semua lulusan bisa diangkat jd PNS ?

  4. Setelah lulus dari STKS, peluang kerjanya dmn?

  5. adiwena says:

    Saya lulusan Hubungan Internasional, tapi sedang menyiapkan karier yang nyerempet bidang mas bocahbancar. :D

    Saling mendoakan yang terbaik ya, mas!

  6. diah says:

    website yang bagus ,bisa jadi pengatahuan baru bagiku..

  7. Lilisari says:

    cia you…joe…!!!!!!

  8. Rindu says:

    Ade pernah nginep di seraton tapi gak tahu kampus ini :)

  9. aan says:

    semangat bung..

    sebenernya saya juga baru tau STKS itu apa dan dimana.. tapi tetep semangat!!!

  10. apapun yang kita lakukan, apapun bidang pekerjaannya, bila dilakukan dengan kesungguhan, InsyaAllah membuahkan hasil yang baik..

  11. Bee'J says:

    wah jadi pekerja sosial, suatu pekerjaan yang mulia :D

  12. diazhandsome says:

    wow, ada yg tunanetra juga?? ckckck… itu tunanetra hebat dong?

    diangkat dong jadi cerita si tunanetra itu. *ide absurd*

  13. Siti Fatimah Ahmad says:

    Assalaamu’alaikum Muhammad

    Dengan hormat dan takzimnya, saya berharap sahabat sudi menerima AWARD PERKASA – KAU ADALAH YANG TERBAIK, sempena sambutan HARI BAPA di Malaysia pada 20 Jun 2010. Ia sebagai menghargai persahabatan dalam perkongsian ilmu di ruang maya dan mengenangi jasa para bapa dalam memperjuangkan kehidupan yang harmoni untuk kebahagiaan keluarganya.

    http://websitifatimah.wordpress.com/2010/06/21/20-jun-2010-selamat-hari-bapa-untukmu-malaysia-dan-indonesia/

    Salam mesra dari saya.

  14. Usup Supriyadi says:

    info menarik, siapa tahu adik saya satu-satunya mau ke situ. *tiga tahun lagi sih*

    anyways, di situ ada buat S2-nya, nggak?

  15. fety says:

    blog ini juga bisa jadi sarana memperkenalkan tentang STKS, bukan?
    ayo nulis yang banyak ttg STKS sehingga bisa diindex dengan rating yang tinggi oleh om gugel.

    • Yups,,,, Website STKS sendiri tidak bisa diandalkan untuk promosi,,, jadi ya blog Bocahbancar inilah yang menjadi ajang promosi untuk saat ini(meski tidak ada dukungan sama sekali dari pihak kampus, tapi saya ikhlas kok)

      Hmm…. Iya juga sich,,, om Google sudah merekomendasikan ke sini jika ada yang ngetik “STKS Bandung” :mrgreen:

  16. diazhandsome says:

    kalo dari SLB bisa masuk gak bro? :mrgreen:

    • Hohohohoho :D
      Dassaaaarr,,,, Namun alhamdulillah bisa kok,,,, ;)
      Ada teman sekelasku saat tingkat satu dulu yang Tunanetra,,, dan dia bisa bertahan hingga sekarang kok,,,,

      (Owwwhhh,,, baru tahu kalau Diaz ternyata sekolahnya di SLB wkwkwkwkw,,,, peace ^_^V

  17. irul-green says:

    sukses y mas…

    slm knal..

  18. joe says:

    apapun, jadilah yang terbaik di bidangnya masing-masing. benarkan bro?

  19. ierest says:

    Mas Joe, saya ingin tahu lebih banyak tentang STKS .. saya sedang mencari info2 mengenai Perguruan tinggi. Mudah2n tertarik .. :D

  20. bener juga tuh,..
    saling tukar ilmu,…

  21. dhila13 says:

    wow, mahasiswa pekerja sosial. hmmm

    • Iyah Dhila,,, :)
      Ada yang menggelitik saya mengenai hal ini, salah satu ungkapan dari teman saya yang kebetulan juga mahasiswa STKS Bandung,,,
      “kok mahasiswa pekerja sosial? Ga pas strukturnya, brarti sama aja kyk misal. Pekerja sosial=dokter..
      Berarti asosiasi mahasiswa dokter,?”
      Kemudian saya jawab :”Owh iya ya,,, Seharusnya Mahasiswa Pekerjaan Sosial ya he he he,,,, Tapi ga papa,,, nama Pekerja Sosial itu kurang populer Dick,,, melalui Blog ane, insyaallah akan semakin banyak dikenal masyarakat… Coba saja searching Mahasiswa Pekerja Sosial,,bakalan langsung ketemu di Blog Bocahbancar he he he,,,,” :)
      Begitulah simponi hidup ini,,,,(ga nyambung)

  22. Si Paijah says:

    aku juga baru tahu tuh

  23. An says:

    Saya belum jadi apa apa, pelajar bukan mahasiswa belum… :(
    Doakan 17 juli nanti ya…
    Saya ingin jadi ahli tekhnik lingkungan :mrgreen:

  24. Nisa says:

    aku juga mau. semangat jadi ahli kesehatan masyarakat :D bismillah..

  25. blue itu sellau mengharapkan kamu tetap menomor satuklan pendidikan appaun itu jurusannya nanti
    tetap semangat
    dan semoga sehat selalu
    salam hangat dari blue

  26. diazhandsome says:

    programnya IPS atau IPA? masih 2 tahun lagi sih menempuh pendidikan peruguran tinggi, tapi bisa jadi referensi ;)

    • Bebas,,, baik dari IPA/IPS/ataupun Bahasa,,, semuanya bisa masuk ke STKS Bandung,,, mantebbss to,,, namun memang sich disarankan yang punya background IPS,,, sedangkan saya sendiri background anak Tekhnik(SMK),,,,
      Bagus lah kalo memang STKS Bandung dijadikan salah satu referensi ;)

      • Usup Supriyadi says:

        oh….lulus SMK toh. :mrgreen:

        kalau saya lulusan SMA, program studi IAP (Ilmu Alam Palsu), :lol: , soalnya, kelas di IPA tapi otaknya IPS dan Bahasa. :mrgreen:

        tapi, alhamdulillah lulus juga, dan hanya Biologi yang memikat saya….. *dasar otaknya biologis mulu* :lol:

        • Iyah Kang,,, lebih tepatnya dari Jurusan Geologi Pertambangan,,,, jadi, meski kuliahnya di ranah sosial gini, kalau bicara tentang dalemnya bumi dan tambang, masih nyambung juga he e he :D

          Waduhhhh,,,, Ya ndak papa Kang,,, lha terus kuliah di Jurusan apa and semester berapa to..???

          Saya dulu juga terpikat biologi gara-gara gurunya cantik,,, uppss,,,, (itu waktu SMP kelas 2) :mrgreen:

          • Usup Supriyadi says:

            wah, kalau saya malah kebalik Joe, saya masih ditaksir ama guru biologi saya, pas di SMA. Sampai sekarang kalau saya mampir ke SMA saya dulu dan ketemu beliau, pasti dia itu nyubitlah apa lah, dan berkata dengan nakalnya, “Usup makin ganteng aja ih….udah punya cewe belum, ibu mau lho…” :lol:

            saya bukannya senang, tapi takuuuut…..

            alasannya karena apa coba? karena ketika saya ditugasi presentasi soal bab Reproduksi….

            :lol:

            pokoknya kocak dah, dan memang bab itulah yang jadi spesialisasi saya. :mrgreen:

            ckckkckc

            http://degoblog.wordpress.com/tentang-pemegang-de-go-blog/

            • Owwhhh,,, Subhanallah,,, malah ditaksir guru,,,, Luar biasa,,,, :D
              He he he he,,, memang, otak laki-laki itu jika distimulasi dengan hal-hal seperti itu akan cepat nyerapnya,,, namun Alhamdulillah Kang Usup sudah punya tamengnya,,, yakni akhlak yang mulia sesuai dengan Al Qur’an dan As Sunnah,,,,

              Saya sudah meninggalkan komentar di halaman baru Kang Usup tersebut ;)

  27. ciput says:

    Percaya aja pada yang telah Dia janjikan. Apa yang kita tanam buahnya lah yang akan kita dapat. Kejar terus impiannya. Jangan pernah ragu untuk melangkah.

  28. orange float says:

    sebuah cita-cita yang mulia, mengabdikan diri kepada masyarakat. tidak semua orang tertarik menjadi pekerja sosial :)

  29. Asop says:

    Wah, saya hanya bisa bilang, semoga sukses! ^__^ :)

  30. phiy says:

    mungkin maksud komen di atas itu, selamat telah menemukan jati diri. Hehehehe :mrgreen:
    Smoga kelak bisa jadi pekerja sosial yg jujur dan tangguh ya joe ;)

  31. dafiDRiau says:

    Selamat y Mas Joe..????

  32. erick azof says:

    aslm.mas joe..
    lagi2 tulisannya mas selalu penuh pembelajaran..
    sebelumnya mau kasih selamat sudah mencapai 1juta pengunjung y mas?hehe..
    terus terkait dengan ilmu yang kita enyam bersama ini..saya merasakan bahwa saya termasuk salah seorang yang beruntung karena dapat masuk jurusan ini..
    seperti yang dituliskan oleh teman saya, Tya dalam tulisannya :
    http://acakadul.wordpress.com/2010/06/04/hadiah-dari-kessos/

    saya merasa berbangga dengan jurusan ini..tetap menginspirasi mas joe, sama2 belajar, sama2 mengejar cita2 kita..amin
    wassallam.

    • Wa’alaikumsalam wr,wb Kang Erick,,, senang rasanya mendapat kunjungan dari Kang Erick, padahal ini hanyalah sebuah tulisan curhatan saja he he he he,,,
      Hohoho, Terima kasih atas ucapan selamatnya, but, bukan satu juta kok Kang, tapi baru seratus ribu pengunjung saja ;)

      Yups,,yups,,yups,,, Saya juga sudah membacanya kok ,,,

      Mari,,, kita banggakan diri sebagai Mahasiswa Pekerja Sosial,,,,

      Salam semangat selalu

  33. udienroy says:

    hmm semoga saja, saya turut ber do’a, kalau saya mah bukan anak yang dekat dengan sekolah, sejak kecil saya dah terbiasa jadi gembel tak jelas tempat tinggalnya. maaf jika Commentnya gak nyambung hehe selamat pagi

  34. camera says:

    hehehhe…

    mau nanya donk…

    emang dmana sih???

    gw aja gk tahu itu dmana???

    salam hangat…

    • Hohoho,,,, Untuk itulah saya coba beritahukan kepada semuanya,,,,
      Kampus STKS Bandung ada di Jl. Ir. Juanda 367 Bandung,,, Tepatnya sich di Dago atas, antara hotel Jayakarta dan hotel Sheraton,,,, :)

      Salam semangat selalu Kang,,, Selamat Atas PERTAMAXXnya :D

Trackbacks
Check out what others are saying...


Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: