Banggakah Menjadi Mahasiswa STKS Bandung???

Bismillah

Setiap orang pasti dahulunya memiliki cita-cita dan keinginan agar dapat kuliah di tempat “impian”. Dan tentunya itu diawali dengan nama-nama kampus yang besar seperti Institut Teknologi Sepuluh November(ITS), Universitas Brawijaya(UNIBRAW), Institut Teknologi Bandung(ITB), Universitas Gajah Mada(UGM), Universitas Indonesia(UI), paling tidak beberapa nama kampus di ataslah yang biasa menjadi tujuan “favorit” dari para siswa yang sudah akan lulus dari bangku SMA, dan tak terkecuali itu terjadi pada diri saya.

And finally, itu tak bisa terealisasi. Di sini, di sinilah saya, di STKS Bandung yang kepanjangannya adalah Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung. Kampus yang terletak di Jalan Ir H Juanda 367 Dago, Bandung ini sejatinya adalah sebuah kampus yang tua. Ia pertama kali berdiri pada tahun 1957 dengan berbagai perubahan yang signifikan. Nama STKS Bandung menjadi resmi pada tahun 1959. Mulai dari melaksanakan Kursus Dinas Sosial A (KDSA) yang berjangka pendidikan satu tahun, Kursus Sosial Tingkat Tinggi (KKST) yang berjangka pendidikan dua tahun. Hingga tahun 1970 STKS Bandung mencetak Sarjana Muda dan kemudian pada tahun 1971 akhirnya menyelenggarakan Program Strata 1 (S1), tahun 1985 membuka program Diploma III (D-III), dan pada tahun ajaran 1989/1990 STKS Bandung membuka program Diploma IV (D-IV) sebagai pengganti dari program Sarjana Muda, Strata 1, dan Diploma III hingga sekarang. Jadi saat ini yang ada hanyalah lulusan program Diploma IV saja yang pada tahun 2000 baru diawali dengan adanya 2 jurusan, Rehabilitasi Sosial(Rehsos) dan Pengembangan Sosial Masyarakat(PM). Berjalan dengan perkembangan zaman. Mulai tahun 2001, STKS Bandung dikukuhkan sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan melalui Keputusan Presiden RI pada 18 Januari 2001. Kemudian sejak tahun ajaran 2009/2010 STKS Bandung tidak akan memiliki jurusan lagi, back to the past time. Lulusan dari STKS Bandung akan menjadi Social Worker Generalist. Artinya menguasai Pekerjaan Sosial Klinis maupun Community Development & Social Policy.

Secara nasional di kalangan masyarakat awam, memang benar bahwa yang namanya STKS Bandung itu belumlah begitu populer dibanding dengan universitas besar yang saya sebutkan di atas. Ya memang sudah layak lah. Namun jangan disangka, Mahasiswa di STKS Bandung sangat mewakili kondisi masyarakat Indonesia pada umumnya. Hal ini karena mahasiswa STKS Bandung berasal dari daerah Aceh, Padang, Palembang, Bangka Belitung, Jakarta, Bandung, Bojonegoro, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Makasar, Palu, Gorontalo, Ternate, hingga sampai Papua, Irian Barat. Luar biasa bukan!!! oleh karena itulah di STKS Bandung banyak berdiri Himpunan Mahasiswa Daerah yang kegiatannya sangat memperkaya khasanah budaya daerah di kampus STKS Bandung tercinta. :)

Mahasiswa STKS Bandung terdiri atas 4 kriteria : 1)Tugas Belajar yang artinya sudah PNS; 2)Ikatan Dinas Daerah yang artinya nantinya akan ditarik langsung oleh pemerintah daerahnya masing-masing; 3)Izin Belajar yang artinya berasal dari kalangan LSM dan masyarakat umum; dan 4)Izin Belajar Penerima Bantuan Pendidikan yang artinya dari kalangan LSM atau masyarakat umum yang mendapatkan beasiswa dari Kementerian Sosial RI. Saya saat ini terdaftar sebagai mahasiswa dengan poin terakhir.

Hal membanggakan lainnya adalah mengenai peran serta STKS Bandung dalam kaitannya dengan program pemerintah guna memerangi masalah sosial dan mencarikan solusi terbaik untuknya. Di STKS Bandung kita akan dididik untuk menjadi insan yang berguna bagi orang lain, dan tidakkah kita ingat bahwa Nabi Muhammad SAW telah bersabda, “Sebaik-baik manusia adalah (orang) yang paling bermanfaat bagi semua orang”. (HR ad-Daruquthni dari Jabir bin Abdullah).

Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar!!!! SAYA BANGGA MENJADI MAHASISWA STKS BANDUNG :)

DOWNLOAD FORMULIR PENDAFTARAN DIPLOMA IV STKS BANDUNG 2010

DOWNLOAD FORMULIR PENDAFTARAN SPESIALIS 1 STKS BANDUNG 2010

Salam semangat selalu,

Joko Setiawan, Mahasiswa STKS Bandung Jurusan Rehabilitasi Sosial 2008

About these ads
Comments
95 Responses to “Banggakah Menjadi Mahasiswa STKS Bandung???”
  1. danish says:

    5 tahun di STKS banyak makan asam garamnya kehidupan..klo saya bangga dengan baju seragamnya dulu yang mirip PDH pemda

  2. Irfan says:

    banggalah jd alumni STKS Bandung…lulusanya dapat berkiprah dimanapun yg membutuhkannya.. sy bangga dapat mengaplikasikan ilmu sy di dunia pendidikan, karena saat ini sy mengabdikan diri di bawah Kementerian Pendididkan dan Kebudayaan RI…sebagai salah satu karyawan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Daerah Sulawesi Tengah..

    • Nice, great Kang Irfan… Insya Allah saya juga bangga kok.. Semoga suatu saat nanti kita bisa ketemu di Reuni IKA ya Kang..

      Salam hangat dan semangat selalu untuk kontribusi di DisdikBud Sulteng ^_^

  3. katanya asramanya cuman buat yg tugas belajar ya? gak ada buat pendaftar dr lulusan sma ??

  4. saya kan sma nya di kalmantan, kalo lanjut di stks emgnya bisa? trus ntar kalo lulus gmn?

  5. heni says:

    mbak mas insyaALLAH saya ingin mndaftar STKS 2013 nanti
    nah itu di posting yang poin terakhir apakah selama sekolah kita biaya sendiri atau dari pemerintah?terus keluarnya apakah kita sudah ikatan dinas atau belum?trmksih

  6. Dion says:

    misi,
    ka, saya mau nanya, saya kan baru keluar dari SMA apakah saya bisa masuk STKS, dan siapa saja yang bisa masuk STKS . . .??
    tnaxx . . .

  7. aiyra says:

    ka, kalau STKS jadi ikatan dinasnya gimana?soalnya ke pemda subang gada, saya dari subang, ingin ikatan di STKS tapi caranya gimana?
    makasi,,, :)

    • Iyah, untuk daerah Seluruh jawa memang tidak ada yang MoU Ikatan Dinas dengan STKS Bandung,,,

      Cara menjadi Ikatan Dinas..?? Saya juga kurang tahu, karena itu adalah kerjasama antara daerah dengan pihak STKS Bandung dan atas persetujuan dari kementerian sosial RI

  8. dhimar abang says:

    Hahahahaa….. STKS? Luar biasa…. Saya butuh 7 tahun untuk menamatkan program Diploma IV di kampus itu. Bayangin aja, 7 tahun. Dan, hampir sebagian besar waktu saya habiskan di kampus. Sampai-sampai saya nggak ngekos dan memilih tinggal di salah satu UKM-nya.

    Hehehehee…. ini bukan soal kebanggaan. Ini daya juang, bung!!!

    • 7 Tahun…??? Mas Dhimar masuk kuliah tahun berapa dan lulus tahun berapa Mas..?? ‘o’

      Hampir sebagian besar waktu dihabiskan di kampus, namun kenapa tidak lulus-lulus mas..?? Ada something wrong dech mas kayaknya,,, namun saya tidak paham apa itu,,,

      Perjuangan itu memang semangat kita semua, dan 4 tahun PASTI LULUS :)
      Karena itulah saya bangga :mrgreen:

  9. tyan's says:

    ehm… kita harus karena kalau bukan kita yang membanggakan siapa lagi…,
    sama seperti saya, saya juga bangga kuliah di STMIK Mercusuar…,

    • Yups,,yups,,Yups,, Betul sekali itu Mas,,,, Namun ada keuntungan lain ketika kita berani mempublikasikan kebanggaan kita terhadap almamater kita saat ini, yakni : Kampus kita akan semakin dikenal, dan itu penting agar masyarakat juga lebih tahu mengenai kampus yang kita diami saat ini,,,, :)

      Salam semangat selalu untuk teman-teman di STMIK Mercusuar,, , Sama kayak Mas Heri(Blogger juga Jurusan Teknik Sipil) ya,, Sekarang udah lulus sich,,, :D

  10. sepatubordir says:

    lama gak kemari.. gimana kabarnya?

  11. jadilah pendidik yang menjadi uswah…sukses bro

  12. wibowo says:

    mas muhammad saya kurang punya biaya to kuliah,apakah saya bisa kuliah di stks bandung dengan keadaan seperti ini,tapi keniatan saya to kuliah sangat tinggi,kalo bisa bagaimana prosedurnya yang harus saya lakukan dan agar saya dapat pula tinggal di asrama stks bandung jika lolos seleksi,mohon panjelasanya dengan sangat dan dengan segala hormat jika mas muhammad berkenan membantu saya silakan hubungi saya di 085228763774,saya sangat membutuhkan info2 stks,salam dan terimakasih.

    • Dear Wibowo,,

      Mohon maaf sekali ya, karena Asrama hanya diperuntukkan bagi Mahasiswa Tugas Belajar dan Mahasiswa Ikatan Dinas, tentu saja kita sebagai mahasiswa IB biasa ini tidak mendapatkan hak tersebut(baca:tinggal di asrama),,,

      Mengenai biaya,, Hmm,,, saya juga sedang berjuang nich,,, Tapi kalau memang niatan kamu bulat, cukup usahakan dulu biaya masuknya(jika tidak beasiswa sekitar 3.8 juta), namun jika lolos sebagai penerima bantuan beasiswa, hanya membayar sekitar 2 juta saja,,, selanjutnya, mari kita pikirkan bersama-sama,,, Insyaallah akan banyak yang membantu lah meski tidak lah begitu berarti,,, Salam semangat selalu :)

  13. Mamah Aline says:

    sukses buat STKS ya

  14. Mamah Aline says:

    semoga selalu sukses, menjadi lembaga yang berkualitas tinggi, bravo STKS

  15. joe says:

    semoga sukses…

  16. hellgalicious says:

    harus bangga dong bang
    wiih seragamnya mirip PNS ya?
    hihihi

    kaburrrr

    • Yups,,, tentunya ;)
      He he he,,, iyah nich,,, jadi kelihatan lebih tua dech dengan seragam ala PNS seperti itu,,, :(
      Lowh lowh lowh,, kok malah lari, saya sudah jinak lowh, tidak menggigit lagi :D

  17. intan says:

    ini dibayar brapa untuk promosiin stks. :D
    salut deh, saya malah suka ngejelekin fakultas sendiri. :D

    • Hohohho,,, engga dibayar sama sekali lah,,, malahan pihak STKS mungkin banyak yang tidak kenal dengan saya he he hye :D
      HHmm… ayoo,, mulai sekarang, banggakanlah Fakultasmu, Okay ;)
      Salam semangat selalu

  18. febty says:

    harus banggalah. kan itu pilihan :)

  19. met belajar di STKS Bandung..mudah2an kesenangan mengantarkan dirimu ke jepun…amiiinn..

  20. advertiyha says:

    Dimanapun kita berada, kebanggaan mutlak kita tumbuhkan dihati kita, karena dari kebanggaan yang kita miliki itulah, satu hal yang kecil dapat menjadi sesuatu hal yang besar… tetep ikhlas n terus bersyukur kuncinya… salam kenal.. :)

  21. edratna says:

    Sudah lama tak berkunjung ke sini…
    Sekarang sudah tingkat berapa?

    Sekolah atau kuliah sebetulnya menjadi dasar kita untuk bermasyarakat nanti, jadi sebetulnya sangat tergantung pada masing-masing orang untuk menentukan masa depannya nanti.
    Bagi yang punya niat teguh dan bekerja keras, maka kesuksesan akan dapat dicapai…tentu saja ukuran kesuksesan dan kebahagiaan masing-masing orang akan berbeda

    • Iyah Bunda,, saya juga soalnya sudah lama sekali tidak Blogwalking sich he he he

      Sekarang baru diakhir semester IV, insyaallah bulan Agustus depan memasuki Semester V :)

      Hhmm,,,, Terima kasih atas masukannya ya Bunda Edratna,,, akan sangat bermanfaat bagi perkembangan cara berpikir saya,, ;)
      Salam semangat selalu

  22. matanaga says:

    asyikk!
    bangga juga dah! pokoke sama stks bandung
    jadilah abdi negara yg sesungguhnya biar negara smakin melanglang buana
    sakses yeh! ;p

  23. cenya95 says:

    makasih infonya…
    baru tahu daku ada STKS…
    Smoga sukses
    salam superhangat

  24. sang newbie says:

    yang terpenting adalah out put-nya…popularitas bukanlah segalanya dan bukanlah selamanya..

    salam sukses

  25. kakve-santi says:

    itu bukan masalah kang… yang jadi masalah sudah siapkah ketika kita keluar dari kampus?
    *rasanya hal itu berlaku sama saja pada semua univ

    • Yups,,yups,,yups,,,
      Oleh karena itulah kita yang berada di kampus yang “tak terlalu keren” ini kudu membuat suasana belajar di kampus menjadi OPTIMAL,,,,,, Dan selamat datang di kampus idaman kita sendiri :)

  26. Delia says:

    wahh keren ya photo rame2….
    selamat buat mahasiswa stks bandung… :)

    salam kenal

    • He he he he,, Iyah, itu foto waktu masih tingkat 1(satu) lowh Mbak,,, dan sekarang saya sudah memasuki tingkat 3(tiga) … Jadi, itu foto lumayan lama ;)

      Salam kenal juga dan salam semangat selalu

  27. orange float says:

    baru dengar nama kampusnya, walau bukan pilihan favorit setidaknya banyak sisi positif yang bisa diperoleh dari kampus itu :)

    • Iyah,,, memang sich hanya kalangan terbatas saja yang tahu mengenai STKS Bandung, soalnya pada silau dengan nama-nama kampus besar sich he he he :)
      Padahal, banyak orang hebat di sini,,,
      Yups,,tentunya demikian,,,,

  28. cantigi says:

    mudah2an ilmunya bermanfaat bagi banyak orang ya

  29. novi says:

    ya harus bangga dong, lha wong gagah n kece2 gtu anak2nya… ^^

  30. kezedot says:

    dan aku serta blue sangat bangga memiliki sahabat sepertimu,mas
    sukses selalu

    salam dalam persahabatan

  31. Dangstars says:

    Mantap nih informasinya,,buat calon mahasiswa baru

  32. Dangstars says:

    Banggalah apa yang dimiliki dan yang didapat..
    Selamat anda jadi mahasiswa STKS

  33. Tary Sonora says:

    harusnya kita selalu berbangga sebagai alumni, di situ tempat kita belajar, bergaul dan berkreasi.
    sukses ya

  34. kawanlama95 says:

    Semoga engkau di beri kemudahan dalam setiap aktivitasnya. amien ,akhirnya dia mengaku baca di pengakuan-cinta-sang-lelaki

  35. kawanlama95 says:

    Tak masalah populer atau tidak , bila memang mampu mewujudkan dan memerangi masalah sosial dan mencarikan solusi terbaik untuknya. maka itu sebuah kontribusi yang patut didukung, dan keberagaman adat istiadat merupakan hal yang baik.semoga tetap eksis dan terus berbagi dengan kami.

  36. Eyang Resi says:

    Dengan mengenal diri sendiri, seseorang akan sadar dan mengerti tentang kemampuan, karakter, potensi dan kekurangan yang dimiliki di bumi mana ia bertempat serta berdiam diri. Dengan pencapaian kesadaran itu pula, setiap individu yakin akan adanya kekuatan, kekuasaan Maha Besar yang berada jauh dibandingkan dengan dirinya.

    Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti…….

    • Subhanallah,,,,
      Terima kasih atas kata-katanya yang sungguh luar biasa :)
      Insyaallah tak akan terlepas dari kesadaran akan lemahnya diri ini di hadapan Illahi, namun juga memiliki potensi yang luar biasa untuk mengemban tugas-tugas di Bumi Allah SWT,,

      SAlam semangat selalu

  37. khatulistiwa says:

    tempat kuliah tak harus baik dan bagus, yang penting hasil kinerja setelah lulus bisa menunjukkan prestasi yang gemilang ditempat kerjanya / usahanya…syukur2 kalo bisa menumpaskan / merubah sejarah korupsi di negeri ini…

  38. saya juga ikut bangga banyak siswa yang bisa meneruskan kuliah…semoga generasi muda kita bisa menyejahterakan Indonesia secara menyeluruh

  39. Virgo says:

    Waduh saya malu berkomentar diantara para orang2 berpendidikan, salam kenal aja dah..

  40. Nisa says:

    Good luck ya ^_^v

  41. ario saja says:

    wah kaynya sekolah kedinasan yah ini

  42. Hariez says:

    dan aku pun bangga mengenalmu sebagai sobatku Joe…

    lama tak singgah disini semoga dikau sukses kawan

    salam hangat

  43. kang ian says:

    gareulis uy eta istrina eh eh eh

  44. erick azof says:

    bagus sekali ! :) sukses yaa.. semoga cita2 kita tercapai.. amin !

  45. Lilisari says:

    SAYA BANGGA MENJADI MAHASISWA STKS BANDUNG………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: