ABOUT THE LIBRARY OF AKATIGA FOUNDATION

Bismillah

Live in Bandung is take a great risk. Why..?? Kata adik kelas saya yang berasal dari Nganjuk-Jawa Timur, hidup di Bandung itu menakutkan. Pergaulannya sangat bebas dan semuanya ada di sini. Ya memang tidak salah pendapatnya ini, Bandung adalah jantung nya Jawa Barat dan tentu saja bermacam kebutuhan bisa terpenuhi di sini, bahkan yang tidak ada di kota lain adanya ya di Bandung, ditambah lagi suasana kota dan penghuninya yang cukup memikat hati :D

But,,, I was view from the other perspective, the positive perspective ;) I think, the big city is the big opportunity, and this is right. Cukup buaanyak sekali hal positif yang bisa kita dapatkan di Bandung. Nah, untuk ulasan kali tentu saja akan saya bahas mengenai hal lain dan menarik yang ada di Bandung berkenaan dengan pendalaman bidang ilmu yang saya geluti di Kampus STKS tercinta.

The Library of Akatiga Foundation. Saya adalah satu dari sekian mahasiswa yang suka membaca namun tidak gemar membeli buku, maka jalan yang sudah saya tempuh adalah gemar mengunjungi perpustakaan, mulai dari perpustakaan SD, SMP, SMK(eh lupa SMK belum ada perpusnya), Perpustakaan Umum Bojonegoro hingga ke perpustakaan kampus STKS Bandung. Namun, ternyata ada perpustakaan yang lain, yakni Perpustakaan Yayasan Akatiga. Yayasan Akatiga menyebut dirinya sebagai Pusat Analisis Sosial, nah pas banget dengan bidang ilmu saya, Social Work yang notabene gemar menganalisis berbagai macam permasalahan sosial yang ada.

So, What is in the Library..?? Akatiga Library is one of inportant in Bandung for social studies. Started small to support Akatiga internal needs, it now attracts activist, students and scholars to conduct research. Akatiga library is committed to :

1. Providing services to support research, teaching, learning, advocacy, activism of social and development issues.

2. Developing internationally significant collections to support the literature needed.

3. Improving access to information and services of public and any concerned group to any actual, critical literature and documents from both Indonesian scholars and all over the world.

The Library has a rich collections of publications related to societal and developmental problem and issues in the wides sense, with an annual growth of 160 titles. The collection is particularly rich literature on economics, politics, gender, sociology, anthropology and social science methodology, relevant to Akatiga’s specialization. It’s collection also includes rare books hardly found at most libraries. Publications are primarily in Indonesian and English, and cover a period between 1931 to date.

Huuhhh, pusing bacanya..?? Hohhohoho maklum, itu saya ketik ulang dari selebaran yang dibagikan oleh pihak Akatiga yang dititipkan di perpustakaan STKS Bandung.

Saya sendiri sudah meniatkan mengunjungi perpustakaan tersebut, namun hingga saat ini belum sempat, insyaallah akan saya sempatkan secepatnya. Untuk kalangan umum(bukan pegawai Akatiga) hanya boleh menggunakan fasilitas gratis perpustakaan di hari Senin dan Kamis, from 9 am to 4 pm.

Akatiga Foundation Address :

Jl. Tubagus Ismail II No 2 Bandung 40134 West Java Indonesia. 022-2502302 akatiga@gmail.com or akatiga@indo.net.id http://www.akatiga.org/

About these ads
Comments
16 Responses to “ABOUT THE LIBRARY OF AKATIGA FOUNDATION”
  1. Pustakawan Akatiga says:

    Mas Joko dan kawan-kawan lainnya,

    Kantor yayasan Akatiga, tempat dimana perpustakaan Akatiga berada, memang tidak mencolok. Mirip rumah biasa.

    Bagi yang mau datang, posisi perpustakaan Akatiga itu di samping Sophie Paris, sebrang Salon Fora, Jl.Tubagus Ismail II No 2 Bandung. Atau telepon saja dulu ke 022-2502302.

    Meskipun tidak besar, perpustakaan Akatiga memiliki koleksi yang cukup lengkap di isu-isu buruh, agraria, usaha kecil, gender, kemiskinan, dan governance.

    Tambahan info. Sekarang Akatiga sedang membagikan beberapa buku dan jurnal secara gratis. Jadi cepetan datang.

    Salam,
    Pustakawan Akatiga.

    • bocahbancar says:

      Wahhhhhh, dukunjungi sama yang Pustakawannya Akatiga nich :)
      Alhamdulillah…
      Makanya, pada saat saya ke sana dahulu sempat bingung Pak, dan kelihatannya pada saat tutup(meskipun saya datang pada hari Kamis)
      Wah wah wah, saya tidak sabar untuk mencoba ke sana, Insyaallah akan meluangkan waktu untuk mengoprek isi perpustakaannya dan akan menggondol Buku dan Jurnal gratisnya he he he :D

      Salam,
      Joko Setiawan
      Student of Bandung College of Social Welfare
      Social Rehabilitation Department 2008

  2. RitaSusanti says:

    Wah Joe keren banget tuh Perpus, baru buka ya?? kok waktu aku di Bandung tak pernah mendengar yayasan itu yah? padahal Tubagus Ismail tuh di belakang kosan aku lokasinya (kan deket banget tuh dengan Sekeloa Utara).
    Hmm, kapan2 kalau main ke Bandung harus disempatkan main ke sana tuh. Trims ya Joe info nya :)

    • bocahbancar says:

      Sudah lamaaaaa Mbakkk…. Cuman kalo untuk sejarah dibukanya Perpustakaan Yayasan Akatiga untuk Khalayak umum tidak dapat saya temukan informasinya…
      Wah siip lah, sempatkan ya Mbak di Hari Senin atau Kamis…

  3. cipstuff says:

    takut karena belum tahu kali ya!

  4. Teguh Aditya says:

    wah.. deket to, di tubagus, tapi aku belum pernah kesana..

  5. attayaya says:

    mari galakkan semangat membaca

  6. ALRIS says:

    Saya waktu jaman sekolah maniak ke perpustakaan. Untuk membacakah? Bukan lagi, pergi ngadem…wekekeke

    Ntar kalo udah kaya mau bikin perpustakaan gratis buat masyarakat umum, gak bakal bedain antara anggota dan non anggota.

  7. mamah aline says:

    wah itu sih deket rumah saya di sadang serang, bisa ke sana buat liat-liat dong sayang -nya cuma senin dan kemis

  8. Aribicara says:

    Seandainya perpustakaan Indonesia di Kelola dengan bener dan menarik, mungkin tingkat minat baca di masyarakat akan semakin tinggi…

    Salam :)

    http://www.dunia-perpustakaan.tk :D

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: