WISATA PANTAI SOWAN

Bismillah

Langit pantai yang indahFoto diambil dengan cara membelakangi pantai

Sambil menunggu kesembuhan My Chie, kali ini saya akan membuat tulisan mengenai Wisata Pantai yang berada di wilayah desa saya. Sebenarnya tidak tepat berada di desa saya, namun garis pantainya bergabung menjalar dari pantai Desa Sowan, Bogorejo hingga Pantai Desa Bancar.

Latar belakang RumahkuDibalik pohon-pohon itu adalah tempat dimana rumahku berada

Nama Pantai Sowan diambil dari nama desa tempat pantai tersebut berada, yakni Desa Sowan. Secara administratif, Desa Sowan berada di Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Desa ini berbatasan dengan Desa Boncong di sebelah baratnya dan Bogorejo(desa tempat rumah orang tua saya) di sebelah timurnya.

Di suatu pagiPantai di desa Bogorejo dengan pemandangan Sunrise

Tempat yang dijadikan wisata ini dulunya adalah sebuah TPK(Tempat Penimbunan Kayu) yang kebetulan juga sangat rindang ditumbuhi oleh pohon klampis(Acacia tomentosa) yang berduri.

Latar SunriseSunrise dengan latar ombak yang begitu tenang membawa suasana kedamaian

Yang menarik dari Wisata Pantai Sowan adalah tempatnya yang agar berbukit yang memungkinkan kita bisa memandang pantai dari atas, bahkan bisa menantikan Sunrise yang amat sangat begitu indah. Belum lagi ditambah dengan adanya terumbu karang yang menakjubkan serta batu-batu di pinggir pantai senantiasa menambah kemegahan pantai yang masih alami ini. Pasir putih serta gebyuran ombak diselingi angin sepoi-sepoi menambah eksotis suasana bersantai kita.

Indahnya Pantai belakang rumahkuBegitu indahnya dengan adanya perahu-perahu kecil sembari pantulan sinar matahari di atas air laut

Ini semua merupakan potensi yang sangat berharga. Namun sayangnya memang sampai sekarang, wisata ini tidak terus dibangun dan diperindah, melainkan malah semakin bertambah buruk kondisinya.

Latar Pantai Bacar NggenengKeindahan yang menakjubkan atas perpaduan antara sunrise, awan langit serta latar Pantai Bancar(ada bukit menjorok ke pantai)

Hal ini disebabkan antara lain :

- Dengan banyaknya turis yang datang, namun dengan tidak dibarengi kesadaran akan kebersihan, akhirnya lambat laun sampah dapat terlihat di mana-mana, bahkan hingga di pinggir-pinggir pantai juga ada.

- Pembangunan yang tidak berkelanjutan serta tidak adanya pemeliharaan yang sepadan.

- Masyarakat sekitar kurang merespon dengan baik atas pelestarian keindahan lingkungan di sekitar Pantai Sowan

Hal ini memang memprihatinkan. Barulah akhir-akhir ini saya memikirkan suatu ide yang ada kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat sekitar Pantai Sowan. Ide ini antara lain :

- Investasi pembangunan yang berkelanjutan dan terencana yang dananya bisa berasal dari Pemda setempat maupun Investor.

- Pengelolaan dan pemanfaatan serta pemeliharaan bersama dengan masyarakat sekitar. Hal ini dapat diimplementasikan dengan :

a. Investor haruslah dana dari warga sekitar sendiri yang dikumpulkan, kemudian keuntungannya akan kembali kepada warga dengan sistem presentase.

b. Membersihkan arel Pantai Sowan dari sampah dengan bergotong royong seluruh elemen warga masyarakat.

c. Memberikan pelayanan yang nyaman dan ramah kepada semua turis(baca: pengunjung) yang datang.

d. Membuat aturan bersama untuk menjaga keindahan Pantai Sowan.

- Satu lagi yang tidak bisa luput dari pandangan adalah keindahan Terumbu Karangnya. Hal ini dapat dilakukan penelitian dan konservasi terhadap terumbu karang serta dalam jangka panjang bisa menjadikannya sebagai wisata Diving Area.

Latar Truk mengangkut pasirTruk-truk itu pulang dengan membawa pasir yang indah di bumi pantai Bogorejo

Semuanya ini adalah dilakukan oleh Pemerintah bersama pihak pelaksana serta melibatkan masyarakat yang tujuan akhirnya adalah memang untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat di sekitar Pantai Sowan tersebut. Jadi Pemerintah untung dengan ada pemasukan daerah, namun warga juga bisa menikmatinya seraya bisa berinteraksi dengan para wisatawan dalam rangka akulturasi pengetahuan dan kebudayaan.

Latar Pantai SowanTanjung yang menjorok ke laut tersebut adalah tempat wisata Pantai Sowan

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan untuk sekedar menuangkan pikiran serta mengisi postingan Blog Bocahbancar.

Latar Pantai Sowan 2Foto dengan latar Pantai Sowan lagi

Di setiap celah paragraf saya sisipkan foto-foto pantai yang tepat di belakang rumah saya(pantai Bogorejo). Foto-foto tersebut saya ambil pada tahun 2008 kemarin dengan menggunakan foto kamera HP SE W830i 2 Megapixel.

Di pantai bersama keluargaMenikmati Pantai Bogorejo bersama dengan keluarga

Kemudian untuk yang terakhir, saya cantumkan pula link-link yang pernah membahas Pantai Sowan beserta koleksi foto-fotonya. Selamat menikmati.

Johaneskris in Pantai Sowan

Salah satu foto dari Johaneskris

Tulisan di Aieyes

Tulisan di Andik11

Tulisan Bonafit85

Tulisan Bluestarboy

Salam semangat selalu dari Bocahbancar.

About these ads
Comments
41 Responses to “WISATA PANTAI SOWAN”
  1. andipeace says:

    slamat malam kawan

  2. mikha_v says:

    Itulah yang menjadi kelemahan umum banyak objek wisata di indonesia. Maintenance dan perawatannya yang kurang. Padahal foto-foto itu bagus sekali lho. Untuk persoalan objek wisata alam, saya yakin USA juga kalah deh dari Indonesia..tapi persoalan perawatannya itu…

    • bocahbancar says:

      Tuwh kan, yang di USA saja mengakui lowh he he he….
      Ya, heran juga sich, edukasinya yang salah, tidak ada kemauan warga, atau pemimpinnya yang tidak peduli….
      Yang jelas saya menyeru untuk menjaga dan merawat Keindahan alam kita :)

  3. andipeace says:

    terasa sudah berkunjun g kepantaai itu.
    tapi masih belum ngerasain keindahanya secara langsung.

    salam hangat kawan

  4. Menahan nafas.
    Foto2nya cantik banget!

  5. dedenia72 says:

    sebelumnya saya minta maaf karena baru bisa melakukan kunjungan balik dikarenakan mudik lebaran. Karena rumah saya kampung, jadi susah tersambung dengan internet. hehehe..
    tak ada kata terlambat untuk saling silaturahmi dan bermaafan.
    Minal Aidin wal Faidzin.
    mohon maaf lahir dan bathin..
    salam rimba raya lestari..

  6. agus says:

    wow mantap nih photo2nya.. salam kenal ya sekalian ikutan tukar link nih,.. di tunggu lho link back dari http://sewu.wordpress.com makasih

  7. Pertama, saya mampir lagi kesini. Kedua saya punya pengalaman pergi dari Surabaya ke Jakarta lewat jalur pantura. Disekitar Tuban memang ada kawasan pantai yang cukup menarik perhatian.

    Ketiga, asyik sekali bisa main ke pantai hanya dengan pergi ke belakang rumah. Sungguh hal yang menyenangkan.

    Keempat, bagus sekali rencana atau pemikiran dari seorang anak bocahbancar ini, semoga pemikiran yang positif seperti ini dapat ditindak lanjuti oleh pihak – pihak yang bersangkutan. Karena menurut saya juga hal tersebut adalah untuk kepentingan seluruh elemen masyarakat di sekitar kawasan pantai tersebut.

    • bocahbancar says:

      Pertama : Terima kasih atas kunjungannya lagi

      Kedua : Yups…Membuat mata menjadi cerah kembali kan pemandangannya :)

      Ketiga : Itu sudah menjadi kerjaan saya saat masih kecil dulu Mas.. Sayang sejak SMP saya sudah pindah ke daerah yang tidak ada pantainya…

      Keempat : Siip..Insyaalah akan saya buat draft nya dan akan saya ajukan ke pemerintah Kota Tuban. Semoga bisa terealisasi secepatnya… :)

  8. jadi pengen ke pantai dah melihat fotonya

  9. elmoudy says:

    mengagumkan… saya suka dengan objek awan..
    seolah dia ingin menjadi dominan dalam posisinya sebagai background
    awan langit yang tampak gagah n penuh obsesi… hehe

  10. RitaSusanti says:

    Subhanallah indah nian pemandangan pantai sowan itu ya Joe…
    Semoga selalu terjaga keasrian, keindahan dan kebersihannya ya…:)

    Your chie masih sakit? semoga segera sembuh ya…

    • bocahbancar says:

      Terima kasih atas pujiannya ya Mbak..
      Amiinn..
      Iyah Mbak, alhamdulillah sudah selesai dioperasi kemarin, tinggal menunggu masa penyembuhan saja…
      Mohon doanya yawh…

  11. si_nobi85 says:

    hem… mamang Negeri kita kaya akan kekayaan dan keindahan alam yang menarik. Semoga kita tetap menjaga dan melestarikannya

  12. cerita cinta says:

    foto-fotnya indah sekali….
    rumahku juga di sini deket pantai.. kapan kapan aku posting ah….

  13. masnur says:

    Ingat pantai Rembang lagi deh…kayaknya nggak jauh2 amat khan masih serute, tetangga kota lagi….yang pasti “romantis” banget kalo pas lihat sunrise.

  14. Wah terlihat sangat bersih, masih asri pantainya sepi…tenang

  15. diazhandsome says:

    oh gitu ya. kalau ada foto, (rata-rata) orang malas membacanya. apalagi ngeliat yang detail seperti link itu.

    masukan aja sih. gak niat ceramahin. hehe :D

    • bocahbancar says:

      Hohohohho, rata2 atau kebiasaannya Diaz, belum melakukan percobaan sederhana kan, baru opininya Diaz, jadi belum bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, iya ga he he he… :D
      (gantian, ga nyeramahin lowh)

      Nah, kalau link memang sich, kadang aku juga ga sempat untuk mengeklik, apalagi kalau sedang cepat2 Blogwalking…

      Shikashi(However)..Thanks for sharing yawh… :)

  16. Assalamu’alaikum,
    Objek wisata yang indah, pantainya bersih, semoga selalu terjaga kebersihannya.

  17. gatotkaca says:

    jadi pengen liburan……bis keren2 bangat sih pic lautnya………enak deh bocah bancar…cayooooo

  18. diazhandsome says:

    wih kereenn… gak sekalian dikasih caranya bisa sampe ke pantai itu? sekalian promosi gituu :D

    • bocahbancar says:

      He he he he, tadinya sich mau, tapi kelihatannya nanti kepanjangan dech tulisannya…
      Klik ajah link yang ditulisn paling bawah itu, banyak yang ngasih rute nya juga lowh he he he…..

  19. wi3nd says:

    fotona nda nampil neeh ditempatQ :(
    jadi belum bisa lihat..
    sayan9na suda ada ulah manusia yan9 usil den9an truk truk pasirna ituh hiks.. :(

    **nanti balik la9i wat liat fotona yaa :)

    • bocahbancar says:

      Wah iya ta Mbak..
      berad yawh…maaf yawh…
      Hhm…Sayang sekali Mbak, bukan usil, namun itu juga sudah menjadi mata pencaharian warga sekitar(termasuk ayah dan kakakku)…Duh sedihnya :(

  20. Jidat says:

    kalau dilihat dari gambar di atas itu masih bagus…. tapi sayang alam ini mulai menangis karena ulah manusia..

  21. dhodie says:

    Ngeri kalau truk-truk itu sudah menghabisi bukit-bukit berpasir, dan mengalihkan sasarannya ke pantai-pantai (doh)

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: