MENJADI MANUSIA YANG BERGUNA

Pada postingan kali ini, saya akan menuangkan pemikiran yang selama ini bergelayut di dalam pikiran saya. Kadang kita tidak pernah terpikirkan mengenai hal ini, tapi mungkin kalau Anda sama dengan saya, Anda juga mungkin sering memikirkannya.

Menjadi Manusia yang Berguna.. Ya inilah yang menemani kegelisahan saya siang dan malam. Berulang kali saya berfikir, apa saya bisa berguna bagi orang lain..?? Saya rasa masih jauh dari itu, karena sampai sekarang saja saya masih belum bisa berguna sepenuhnya bagi diri saya. Lalu apa yang bisa saya lakukan untuk orang lain..?? Apa saya akan terus menerus menjadi orang yang tidak bisa berguna bagi orang lain..??

Hhh…Kadang saya sangat merasa sedih jika mengingat kenyataan ini, kenyataan kalau belum bisa berguna bagi orang lain. Tidak usah jauh-jauh lah, yang pertama kali ingin saya bahagiakan(baca: saya berguna) adalah kedua orang tua saya dan tentu saja keluarga.

Sebenarnya saya sudah ada gambaran atau cita-cita jika saya bisa menjadi orang yang sukses nanti(baca: sudah punya penghasilan dan berkecukupan). Idealnya adalah seperti ini : Saya bekerja di kota besar dan kedua orang tua saya masih tetap tinggal di desa beserta keramahan dan kesejukan daerahnya. Saya akan mengirimkan uang sebulan sekali untuk kebutuhan orang tua di sana. Orang tua di sana tidak perlu lagi bekerja. Ayah akan saya anjurkan untuk mengajar ngaji kembali di masjid(karena dulu ngajar ngaji dan sudah lama berhenti, pada saat saya kelas 6 SD). Sehari-harinya beliau hanya menggunakan waktunya untuk beribadah dan beribadah. Tidak berarti beliau berdua(Ayah dan Ibu) sudah tidak berfungsi lagi seperti biasanya. Yang berubah adalah murni beliau berdua sudah tidak perlu bekerja lagi, kerjanya hanya membantu tetangga yang membutuhkan dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk meminta ampunan diri atas dosa-dosa yang telah lalu. Jika sudah sanggup saya pun akan memberangkatkan beliau berdua ke tanah suci Mekah untuk menunaikan Rukun Islam yang terakhir.
Kemudian untuk kakak saya yang masih ada di sana hingga saat ini, saya juga mempunyai rencana untuk beliau. Sebenarnya saya sangat menyayangkan karena hingga saat ini beliau belum juga bisa menata hidupnya untuk menjadi seorang yang bisa bertanggung jawab terhadap keluarga. Saya berharap ini adalah option terburuk yang pernah terjadi. Rencananya kakak saya ini akan saya anjurkan untuk menjadi seorang wirausaha yang memanfaatkan usaha di bidang laut dan perikanan (karena rumah kedua orang tua saya ada di dekat laut). Nah berarti saya bisa tenang, di samping kedua orang tua sudah tidak bekerja lagi, kakak saya dan istrinya nantinya bisa mengurusi jika ada hal-hal yang sifatnya emergency.

Hhh…menjadi orang yang berguna..Saya akan menjadi orang yang berguna dulu untuk Kedua orang tua dan keluarga, masyarakat dan juga bangsa dan negara. Memang kelihatannya tidak nasionalis ketika menempatkan bangsa dan negara di posisi yang terakhir, tapi memang urutannya seperti itu, dari yang kecil menuju ke yang besar. Saya jadi ingat sebuah perkataan yang sangat bagus ”Berfikir besar, melakukan hal-hal yang kecil dan lakukan hal kecil tersebut sekarang juga”

OK hari ini saya sangat bersemangat, besemangat untuk menjadi manusia yang berguna. Apakah Anda sudah bersemangat yang sama dengan saya..??

Comments
23 Responses to “MENJADI MANUSIA YANG BERGUNA”
  1. Trimiyati says:

    Assalamualaikum Wr Wb. Saya pustakawan BBPPKS Yogyakarta, terimakasih postingannya sangat bermanfaat bagi perpustakaan kami……..ndak minta instrumen asesmen keluarga dan artikel/materi kuliah tentang asesmen keluarga…………

  2. ternyata untuk jadi manusia berguna ga hrs muluk2 y,ku sndri br nyadar,n jd lebih realistis.makaci y..

  3. Realy Intersting mas & make me so spirit

  4. achmadtantosetiadi says:

    oke…..punya..tulisanya…

  5. didik sudadana says:

    aku mpe nangis krn inget ortu…..
    aku ko bisa lupa ya pada mereka yang slalu memberi tuntunan..
    makasih mas tulisanya bagus,
    Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna

    • bocahbancar says:

      HHmm..Alhamdulillah Mas jika Anda bisa termotivasi dari sini,,

      Sekarang, mulailah untuk membenahi hal2 yang merasa masih kurang….

      Wah kata2 di kalimat terakhir itu saya sangat suyka.. :)

  6. juni says:

    cari inspirasi gt dr mana maz………….

  7. talulasalma says:

    Assalamualaikum……
    WAw…ruar biasa nih
    salam kenal saja,
    Cowok banjar maksudnya banjar mana????
    ————————————
    Wa’alaikum salam wr.wb..

    He he he he RUAR BiASa….

    Salam kenal juga dech tapi sayang salah baca yaw, saya ini Bocahbancar, BANCAR bukan BANJAR he he he he..

    Jadi saya ini Bocahbancar dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur…

    Salam hangat Bocahbancar….

  8. kenangamu says:

    wah memotivasi bgt, w uda jadi orang yang gk berguna hanya karna egois dengan diri sendiri.
    Tapi sekarang w sedang berusaha untuk menjadi lebih berguna terutama wat ortu w..
    Thanks cin
    Kunjungi blog aku yah…
    ——————————————————————
    Ya siip lah ayo bersemangat untuk menjadi manusia yang berguna…

    Wah tapi kok jejak BLOGnya tidak ada, jadi saya tidak bisa berkunjung balik….

  9. Rychan says:

    Semoga saya termasuk manusia yang berguna baik itu bagi agama, nusa dan bangsa plus anak yang shaleh….Amin…. ;) mas gabung di RFren yuk…..
    ————————————————————-
    Aminnn amiinnnn…

    HHmmm….saya lihat dulu yaw……

  10. saya selalu mencoba untuk bisa bermanfaat untuk lingkungan disekitar saya dulu, buat apa menyenangkan orang lain di luar sana , padahal orang di sekitar kita malah kita cuek kin…hmmmm..berusaha untuk menjadi berguna kapanpun dan dimanapun, mencoba untuk selalu menghargai orang lain..hmmm
    ————————————————————
    Yupz sangat setuju sekali maz, dimulai dari lingkungan terdekat…

    KOmpak dah he he he…..

  11. aribicara says:

    Aku harus belajar dari dirimu kawan :)

    Aku masih sering berlaku egois dan egois dan masih terlalu banyak menyulitkan orang lain…. tapi aku akan selalu mencoba dan mencoba bagaimana supaya bisa memberikan manfaat utk org lain…

    MAkasich tulisan Inspirasinya dna juga memotivasi siapa saja yg membacanya ..

    Salam :)
    ——————————————————-
    Mmm..OK selalu semangat kawan seperti saya he he he…
    Alhamdulillah tulisan saya bisa menggugah Anda dan kawan2 lainnya…..

  12. kezedot says:

    selalu blue harap ada cabar baik darimu,sahabat
    salam hangat dalam dua musimnya blue
    semangat ya
    ——————————-
    Iya Maz OK…..

  13. edratna says:

    Minimal udah ada niat untuk kesana.
    Betapapun menjadi orang berguna bisa dimulai dari sekarang, minimal tak mengganggu orang lain, mengulurkan pertolongan bagi teman yang membutuhkan.
    ——————————————–
    Iya iay makasih Bunda atas petuahnya…

  14. Asri says:

    yup…semangat dan cita-cita adalah hal yang paling penting, walau harus ada proritas hidup dulu :)
    tetep semangat Kang :)
    kita saling mendo’akan saja :)
    ——————————————–
    Hhhmm..OK OK dez semangat yawh..

    Thanks atas sms-smsnya(meskipun yang gratisan doank he he he)

    Semangat dunk…..

  15. yantysa says:

    wah kak bagus blognya ya………

    dengan begini saya bisa belajar dengan baik……

    oh ya kak jangan lupa kunjungi blog saya

    yantysa.wordpress.com

    ditunggu
    ——————————-
    Ya terima kasih…..

  16. keluarga
    keluarga
    keluarga
    ——–
    Siip sama Mbak…..

  17. aris says:

    Wah… saya juga mas. Urutan saya:
    1. Keluarga
    2. Agama
    3. Bangsa

    SEMANGAT!!!
    —————————-
    He he he he he Boleh boleh….^_^

Tinggalkan Jejak ^_^

