MENGHAPUS BUDAYA KKN DIMULAI DARI DIRI SENDIRI

Sudah bukan rahasia umum kalau negara kita ini masih sangat sulit dalam memberantas korupsi. Kolusi maupun nepotisme. Saya jadi teringat pembicaraan di salah satu BLOG yang saya kunjungi namun lupa apa alamatnya. Yang masih saya ingat di situ dialognya antara satu orang yang melakukan praktik suap dan satunya adalah seorang direktur. Dibicarakan bahwa sang direktur akan diberikan mobil oleh sang penyuap namun direktur tersebut menolak dengan keras, lalu bagaimana jika sang direktur membeli saja mobil ini, hanya dengan Rp 10.000,- saja, maka dikatakannya dengan santai segera kirim 4 mobil ke rumah saya.

He he he saya jadi tertawa sendiri membaca postingan itu. Ya beginilah kita secara terang-terangan menyuarakan menolak KKN, namun apa yang terjadi bila kita sendiri yang mempunyai kesempatan untuk melakukan korupsi(meskipun samar-samar). Pasti Anda akan mengambilnya tanpa alasan yang jelas.

Ya intinya memang kita harus mengedukasi mengenai penolakan akan adanya KKN ini dimulai dari diri sendiri dan sejak Anda membaca postingan ini sekarang juga. Korupsi waktu, mendahulukan keluarga dekat dan sahabat karib, membayar sejumlah uang kepada Pak Polisi karena melanggar peraturan lalu lintas. Semua ini sudah sangat sering kita lakukan dan sudah menjadi suatu yang biasa. Wah wah wah kacau ini, padahal itu adalah pelanggaran kecil yang ketika ditumpuk dan ditumpuk akan menjadi sangat besar.

Jadi, mulailah dari diri Anda sendiri, lakukan sesuatu hal yang benar-benar bebas dari KKN. Jika Anda seorang siswa, maka jangan lakukan nyontek atau saling kerjasama dalam mengerjakan ujian. Jika Anda seorang mahasiswa maka jangan lakukan pembayaran sejumlah uang kepada dosen sehingga nilai Anda akan aman meskipun tidak pernah belajar sama sekali. Jika Anda bekerja jangan pernah mengharapkan bekerja di Instansi pemerintahan dengan bantuan dari keluarga laiinnya, apalagi kita yang melakukan itu. Suatu pelanggaran amanah.

Baiklah menurut hemat saya, jika Anda masih bingung dalam memulai praktek yang bersih dari KKN, maka saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan seseorang yang Anda anggap bersih dan jangan lupa kalau sudah menjadi seorang pejabat pegang baik-baik idealisme Anda tersebut yang dulunya digembar-gemborkan bebas KKN.

Mari kawan, besemangatlah untuk menjadi insan yang bersih dari KKN. Harapan itu masih ada.

Semangat……

Aku untuk Negeriku, Bugiakso Blog Competition 2009

About these ads
Comments
54 Responses to “MENGHAPUS BUDAYA KKN DIMULAI DARI DIRI SENDIRI”
  1. derai says:

    nice topic!

  2. warna2cinta says:

    Bagus sarannya,boleh cerita sdikit,kemarin pas kena tilang, saya disuruh pilih surat tilang ato bayar ditempat, saya memilih surat tilang/ denda di pengadilan saja,saya pikir hitung2 buat pemasukan kas negara bisa buat pembangunan jalan,kan kita juga yang maké jalan.Kata pak polisi “oya bagus-bagus” tapi tak lihat kok mukanya agak cemberut ya.Kuberharap Ya semoga aja di pengadilan uangnya tdk dikorupsi agar bisa digunakan untuk pembangunan.

    Belajar anti kkn tapi kok dgn cara melanggar aturan lalulintas ya .Aneh.!Aneh gak sich?
    ————————————————————–
    Iyayh iyah,.,…Langkah Anda sudah sangat tepat Mas..
    Semoga bisa diteruskan perjuangan itu…

    Ha ha ha yang terakhir itu Mas, saya rasa masukan bagi semua…

    Salam semangat….

  3. Yari NK says:

    Selain dari diri sendiri, kita juga harus membuat sistem sosial (termasuk perangkat hukumnya) yang mantap kalau perlu korupsi diganjar dengan hukuman berat, dan yang lebih penting lagi hukum tersebut harus ditegakkan, bukan malah hukum tersebut malah menjadi obyek korupsi baru…….

    Terkadang suatu bangsa memang tidak bisa serta merta menjadi dewasa, banyak hal yang mempengaruhinya termasuk kultur. Kultur kekeluargaan yang erat dengan budaya ‘timur’ konon merupakan pupuk bagi timbulnya KKN di masyarakat ‘timur’……
    —————————————————————–
    Iya memang sistem sosial yang mengembalikan paradigma paradigma agar menumbuhkan budaya malu dan jijik terhadap korupsi…??
    Jijik pada korupsi..???Apa ada orang yang jijik kepada uang yang jumlahnya milyaran..???Hohoho semua kembali kepada Anda tapi saya pribadi insyaallah akan melakukannya..
    Budaya Timur kita sudah bagus maz cuman ada oknum oknum tertentu saja yang menyebarkan virus…

  4. Agus R says:

    Saigo made ganbarimasho!!!

    Salam SDA!
    AR
    ————————-
    Uwwa…Arigatou Gozaimashita..
    Salam…(^_^)

  5. restava says:

    haduh blognya bagus banget…blog saya jadi kelihatan ecek² dah…but makasih atas kunjungn Mas Bocahbancar :D

    yow korupsi harus diberantas, tapi caranya yang susah. Mungin sama seperti menyuruh anak yang kecanduan game online berhenti seketika itu juga. yang paling benar adalah pencegahan. Pendidikan dasar harus bagus (kalau menurut saya lho mas :D ) moral, budi pekerti, dan seni patut diajarkan. dan jangan lupa si pengajar haruslah suri tauladan yang baik. gak lucu dong guru suruh murid tidak mengakses situs porno tapi dia sendiri malah bikin videonya :D

    Salam kenal ya bosss…..moga menang di kompetisi blognya 8)
    ————————————————————-
    He he he, makasih yaw…
    Memang sangnat sudah, tapi bukannya tidak mungkin…
    Memang sich pastinya mulai dari sekarang di tingkat pendidikan yang paling dasar dilakukan seperti itu, tapi bagaimana dengan koruptor yang sekarang,,…??Tentunya aturan harus lebih tegas dan tidak tebang pilih(apalagi KPKnya yang malah nerima suap sana sini, wah bakalan kacau dech)

  6. demoffy says:

    dan kejujuran harus…
    kita tanamkan mulai sekarang…

    tapi ngoong2 aku dah berbuat jujur beLum ya…..? :-?
    ———————————————
    Ya harus itu…
    Hah,,…????Kok nannya sama saya,,,.???????

  7. cerpen kita says:

    tul itu, semuanya harus mulai dari diri sendiri. ga mungkin nyuruh orang laen kalo kita ndiri amburadul
    —————————————————————
    Iyap setuju Maz…AYO semangat…Dari diri sendiri..

  8. topijerami17 says:

    huaduh…KKN itu masalah klasik banget…
    pengin menghaspus KKN? Hapus aja pake tombol backspace ato delete..hohohooho
    ———————————————
    Ho oh saking klasiknya ampe melegenda low Maz..

    But harapan itu masih ada, selama asa dan semangat buat menghapus KKN Insyaallah bisa dech…

  9. masrobertk says:

    KKN dari dulu kala tidak pernah surut..

    Anda ingin perubahan terjadi? Tidak ada salahnya Anda membaca di http://masrobertk.wordpress.com/2009/01/29/perubahan-nyata-untukmu-indonesiaku/
    ——————————————————–
    Iyah soalnya memang tidak ada niatan yang mendalam Maz, atau memang KKn itu sudah dianggap tidak dosa kali yaw..

    OK dech nanti saya ke TKP Maz…

  10. taga says:

    Setiap artikel dikasih banner gitu yah, kaya kamu gitu?? maap merepotkan tanya-tanya mulu hehe… terimakasih atas bantuannya..
    ————————————————————-
    Wah saya kurang tau juga Maz Taga…Itu mah inisiatif saya ajah soalnya biar tau kalo itu adalah artikel untuk persembahan “Aku Untuk Negeriku”…

    Hohoho Ga papa kok nanya kita saling bantu ajah OK..Salam…

  11. iya, sepakat banget, mas. pemberantasan kkn perl dimulai dari diri sendiri. jika makin banyak yang menolak, akhirnya akan menjadi kesadaran kolektif sebagai bangsa yang terhormat dan bermartabat, bebas dari virus kkn.
    ————————————————————
    Iyap betul….Ayo semuanya semangat buat berantas KKN mulai dari diri sendiri..

  12. adiandra van kolen says:

    wah thx ya bang atas dukungannya,salam kenal juga
    saya masih baru belajar blog jadi mohon bimbingannya
    jah yang itu kan cuma ungkapan cinta bang.hhehehe
    ———————————————-
    OK..Kita sama sama belajar yaw…

  13. fietha says:

    Hehehehe…. Menurut saya, Korupsi itu banyak wujudnya. mulai dari aktifitas sehari-hari sampai kepada aktivitas besar. mawas diri ajah dari yang namanya praktek korupsi. Salam :)
    —————————————————————–
    Iyah memang sangat luas kondisi di lapangan yang namanya praktek KKN ini..

    Dijamin kalo bermain main nyoba kana ketagihan…
    Mari kita bangun budaya benci pada KKN mulai dari diri sendiri ya Mbak Fietha..

  14. semoga sukses selalu ya..
    ————————
    Amiiinnnn…Makasih sudah mampir ke BLOG sederhana saya ini..

  15. Haha… yang itu becanda. Menurut saya, kalo kita udah terbiasa dengan korupsi sama hal-hal kecil yang kita lakukan setiap hari, maka korupsi dengan hal-hal yang besar, kelak juga akan terbiasa, hanya beda level dan nominal. Mari kita koreksi diri kita sendiri, apa kita sering korupsi waktu? korupsi energi? korupsi tanggung jawab terhadap diri sendiri? saya rasa, kalo jawabannya tidak sering atau kadang, pasti pernah… beberapa kali!
    ——————————————————————
    Nah itu dia, karena sudah saking biasanya bisa dibilang sangat sedikit sekali dari kita yang tidak melakukan korupsi(biarpun tidak berupa uang)..

    Marilah kita perbaiki diri dari diri sendiri mulai sekarang OK..

  16. Makanya, saya nggak mau bercita-cita sebagai politikus atau pejabat. Karena saya tahu, saya nggak akan kuat sama godaannya…:P

    http://pengamencinta.wordpress.com/2009/01/23/sekadar-impian-mengurangi-jumlah-para-pengamen-dan-anak-anak-jalanan/

    ————————————————————–
    He he he he..Ya itu kan sebuah Pilihan , Jadi semua terserah kepada Anda he he he..

  17. faizal says:

    Saya sependapat menghapus KKN mulai dari diri sendiri dan jangan takut mengkritisi relasi atau saudara kita yang korupsi.
    akibat korupsi banyak kriminal meningkat, pengangguran,dsb…seharusnya hukuman koruptor lebih berat dari tindakan melanggar hukum yang lainnya karena tindakan mereka membunuh bangsa ini secara perlahan.

    meminjam tagline teman saya ……….. “better Indonesia!”
    ————————————————————
    Siip..Kita sehati ya Maz Faisal..

    Nah setelah kita berangkat dari sendiri maka hukumlah yang harus ditegakkan..

    Semangat..Be better Indonesia..(^_^)

  18. arhan says:

    walah, persetan dg Hak Asasi!
    pertanyaanya sekarang: apakah pelaku koruptor kelas kakap itu melanggar HAM atau tidak? dengan segala dampaknya?

    kalau tidak, memang tidak boleh dihukum mati…
    ———————————————————–
    Hhh…Jawabannya: Memang melanggar HAM secara artian luas, tapi bukan berarti menghalalkan Hukuman Mati dunk..

    Harus ada prosedurnya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat kita dan masyarakat dunia..

    Setuju..????

  19. joelouisrock says:

    Masih bocah tapi udah jago ngeblog… wakakakak… lam kenal bocahbancar… mau komen dikit nich…
    KKN itu pada dasarnya engga baik tapi untuk bagian Nepotisme , aku agak setuju selama orang yang dibantu itu memang memiliki kualitas kerja yang baik tapi dia engga dikasih kesempatan sama yang diatas alias para boss. Jadi kalau kita bisa bantu ,kenapa engga dibantu ?
    ——————————————————————-
    He he he he Makasih atas pujiannya, padahal saya ini udah kepala 2 low…(^O^)
    Nah berarti ada Nepotisme bersyarat yaw.. Jadi syaratnya seperti ini :
    1. Dia memang benar-benar berkualitas namun tidak mendapat kesempatan
    2. Dia bukan merupakan anggota dari keluarga kita, yang tentunya nasibnya sudah baik kan daripada yang lainnya
    3. Dalam upaya membantu ini tidak merugikan pihak manapun(termasuk orang berkualitas lainnnya)
    4. Tentu saja tidak menyalahi prosedur yang sudah ada(mengarah pada suap atau korupsi contohnya)
    Jadi Silahkan saja namun yang tidak sesuai dengan syarat di atas(yang mungkin masih bisa ditambahi lagi) ya…????Tetap tidak boleh menurut saya..OK(^_^)

  20. arifudin says:

    mari kita hapus KKN sejak dini :)
    ——————————
    Yuuklkk Mari Maz Arief,…Semangat…

  21. phiy says:

    “Menghapus Budaya KKN Mulai dari Istri”

    hihii…

    yang ini musti juga ni,
    kadang istri/keluarga juga ikut andil dalam mendorong hasrat korup bapak-bapak.. :lol:
    ————————————————————–
    Ha ha ha ha…

    Iya juga sich disamping keserakahan seorang lelaki desakan dari Istri yang meninggikan gengsi juga menjadi masalah..

    berarti dari diri sendiri dan Istri(bagi yang punya he he he) (^O^)

  22. Ya … mulai dari diri sendiri. salam
    ——————————–
    Siipp..Sepakat kan..Semangat…

  23. Emmm… Kejujuran dan tanggung jawab saya rasa pondasi untuk menghindari kkn.
    ————————————————————-
    Kejujuran dan Tanggung Jawab + Iman dan Takwa pasti lebih lengkap..

    (^_^) Salam…

  24. marabunta says:

    Salam Kenal Semuanya,

    Jangan katakan Korupsi itu sebagai budaya (bikin ge-er aja, tambah besar kepala itu koruptor) tapi Korupsi itu sebenarnya adalah Bandit saudara-saudara :)
    mari kita berantas bandit2 itu (mulai dari diri kita sendiri)
    —————————————————————–
    Salam kenal juga Marabunta..

    Yach, biar mereka sadar kalo budaya yang telah mereka ciptakan(para koruptor) adalah hal yang memalukan..Mulailah dari diri sendiri..

    Semangatz…

  25. bogorbiru says:

    kunjungan balik kawan.. soal korupsi yang emang udah jadi penyakit kronis di negara kita, mari kita mulai bicara strategi.. blogger sebetulnya pun bisa jadi salah satu panopticon buat mengawasi tindak tanduk para politisi, bahwa blog memang bisa jadi elemen penting mendemokrasikan demokrasi di Indonesia kita tercinta ini. maklum, saya termasuk orang yang udah ga percaya sama media massa. salam dari baranangsiang, kawan
    —————————————————————–
    Makasih Maz udah mampir di sini..

    Wah Blogger bisa jadi seperti itu yaw..

    Jadi tambah semangat dunk,,….

    Siip Maz saya siap jika dibutuhkan…

  26. taga says:

    boleh tanya cara ngelink di lomba aku untuk negeriku ga….?? gw takut salah nih… mohon bantuannya yah
    ——————————————————————
    Pasang ajah banner yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara..

    Itu sudah ngelink sendiri kok..

    OK..Semangatz yaw..

  27. imcw says:

    Sayangnya sedikit banget yang menyadari hal tersebut. Kadung sudah enak korupsi jadi lupa segala galanya.
    —————————————————————–
    Bukannya sedikit Pak tapi memang kurangnya sosialisasi dan penanaman akan kesadaran bahwa perbuatan ini salah..

  28. diazhandsome says:

    jujur, gw masih belom tau gimana itu korupsi…

    berarti kalo kita gak solat gitu, namanya korupsi ya??

    trus kalo kita pipis di tempat umum, berarti kita korupsi bau dong? aduuhh… gw gak tau apa itu korupsi… :roll:
    ————————————————————-
    He he he he..

    Korupsi..

    Yang jelas korupsi itu pasti merugikan orang lain dan masyrakat..

    Mengambil hak yang bukan haknya..Waduh malah bingung nich..

  29. yups bnr banget tu
    segalanya harus dimulai dari diri sendiri

    saya sih takut dgn korupsi….
    kalau ga ketahuan bikin ketagihan
    ———————————-
    Siipp..

    Iya jangan sampai Mbak kejujuran Cinta, bagaimanapu jujur adalah masih mulia…

  30. Setuju pak. Cuman KKN itu bukan budaya lho. Budaya itu sesuatu yang agung. Sesuatu yang perlu dilestarikan. KKN harus disingkirkan jauh jauh dari muka bumi Indonesia. Jadi KKN bukan budaya..!!!
    ——————————————————————-
    Iya iya memang bukan budaya..

    Saya di sini menggunakan kata itu hanya untuk memperlihatkan kepada teman-teman semuanya kalo KKN itu sudah sangat mengakar..

    maka mari kita berantas dimulai dari sendiri.. KKN bukan budaya,,sangat setuju

  31. memandang dari kejauhan dan merenung….:)
    ——————————————-
    Mmm…Silahkan tapi jangan kelamaan yaw..

    Karena harus mulai dari diri sendiri sekarang..OK

  32. dolla says:

    sepakat, bangkitlah negeri ku, harapan itu masih ada.
    ————————————————–
    Setuju, Harapan itu memang masih akan tetap ada Maz…

  33. Kiki gajah says:

    astagfirullah.. tadi pagi kaget langsung lihat komenmu.. oooow ternyata ikut bugiakso Blog competition juga toh… hyahahhaha *kiki sih iseng2 aja… abis biasanya pesimis… ikut lomba blog biar tulisan kita selalu terartur dan ada ide baru… begituuu

    semangaat yaa
    —————————————————————–
    Lowh kok kaget gitu..???(saya kaget juga low hihihii)

    Iyah Gapapa menulis untuk menyuarakan apa yang ada di benak kita..

    Ga jelek kok…Semangatz..

  34. Regina says:

    Adalah sangat mudah mengatakan, hayo…. basmi korupsi sampai ke akar-akarnya..

    tapi pada saat kita ditantang untuk membasmi korupsi mulai dari diri sendiri…

    hayo….
    sapa yang mau maju duluan… :D
    ————————————————————–
    Betul di mana-mana kita menyerukan basmi KKNbut jika tidak memulai dari diri sendiri maka nantinya kita juga akan seperti itu kan..

    Saya Mbak Regina mau duluan..LOL

  35. Yups bener sobat

    Harus dimulai dari diri sendiri dan dimulai dari sekarang
    —————————————————
    Nah ini baru kawanku Maz Bujanglahat alias Maz Bayu..(^_^)

  36. Ainuddin says:

    Tak dapat dinyana, korupsi memang telah menjadi karakter pengenal bagi bangsa ini. Korupsi sejatinya adalah bentuk lain dari paham kleptokrasi yang tak berprikemanusiaan itu. Ini soelah sudah menjadi identitas bangsa. Tercatat, Indonesia masuk nominasi sepuluh besar negara terkorup di dunia.

    Tapi bukan tidak mungkin perilaku ini bisa dibabat habis. Tapi kalau hanya dengan edukasi, saya rasa ini belum cukup. Apalagi jika edukasi yang dilakukan hanya sekedar formalitas belaka. Yang terpenting sebetulnya selain edukasi, adalah tindak nyata atas perilaku ini yang memang memiliki efek jera. Dan hukuman mati, menurut saya, seperti yang ada di China, patut di praktekkan juga di negeri ini.

    Memang terdengar sangat ekstrim dan tak berprikemanusiaan, tapi mau bagaimana lagi. Penjara sama sekali tidak melahirkan rasa takut bagi para pelaku koruptor. Koruptor yang sudah cukup kaya, bisa saja melakukan grafitasi dan selanjutnya kemudian dia bebas lagi bernyanyi.

    Jadi intinya, hukum berat para koruptor. Jika sudah begitu, orang akan berfikir dua ribu kali untuk korupsi, berniat pun tidak. Karena dia tahu dan sadar betul konsekwensi dari perilaku ini. Termasuk kita yang muda muda, ini jelas adalah lapis moral yang dapat menjaga perilaku kita yang mungkin ada kecenderungan mau mengarah kesana.

    Ok, sekian dulu Mas Bocahbancar
    —————————————————————-
    Salam Maz Ainuddin..

    Wah terima kasih atas pandangan Anda yang kritis itu..

    Intinya itu Hukuman berat ya..

    Sebenarnya bisa Maz dilakukan tentunya dengan tindak tegas dari Pemerintah juga yang ga tebang pilih..

  37. aerapianggis says:

    Bangsa kita dah terlalu kreatif untuk masalah2 curang dan mencurangi.
    Saya sangat sepakat bahwa komponen mendasar yaitu individu2 harus memulai dari pribadi masing2 untuk berkomitmen menghapus KKN, disaat yang bersamaan lingkungan juga harus berkomitmen memberantas KKN dan negarapun harus lebih serius lagi memberantas “budaya” hitam ini.

    Satu lagi, pemerintah harus tegas dan tidak pandang bulu. Hukuman bagi tikus2 negara ini harus seberat beratnya. Saat ini kita butuh efek jera yang bikin trauma (kalo perlu sebelum Guantanamo ditu2p dikirim kesono dulu tikus2 tersebut). Contoh nyatanya adalah negara Cina yang sangat tegas dan serius dalam memberantas KKN (walaupun mungkin kita gak perlu se ekstrem mereka).

    Nice info gan….
    —————————————————————–
    OK lah dimulai dari diri sendiri kemudian dibantu dengan komponen-komponen yang ada di masyarakat terutama pemerintah..

    Wah terima kasih diskusi Anda bikin lebih hidup…

    Semangat…

  38. Novian says:

    hoho, sip. thanks for visiting my blog. OK, salam kenal juga. wah artikelnya mantap.
    ————————————————————-
    OK..Makasih sudah mampir ke sini. Kenapa tidak ikut berdiskusi Novian..???

  39. The Dexter says:

    Korupsi waktu yang sering kita lakukan dengan ngeblog mencuri waktu kerja atau bahkan molor kerjanya gara-gara ngeblog juga harus kita kurangi. Hayoooooooooo ngaku….
    ——————————————————————
    He he he he ini juga patut menjadi koreksi buat kita semua..

    Alhamdulillah saya tidak pernah seperti itu Maz…

    Salam…

  40. Thief says:

    1 hati bersih KKN
    —————–
    Siiip Makasih..Sepakat..(^_^)

  41. Reza Fauzi says:

    iya, sekarang dimana-mana ada kkn yah, jadi susah diberantas kalo ga mulai dari diri sendiri.
    btw ikut kontes blog juga ya mas? semoga menang ya :)
    ——————————————————————-
    Ya Maz, betul mulailah dari diris endiri OK..

    Iyah nich ikut juga but saya tidak berharap untuk menang, yang saya harapkan adalah kawan -kawan blogger bisa mendengar suara saya dan kita bisa saling bertukar pikiran..Bukankah itu lebih indah dari hadiah emas dan sejenisnya..???

    Tapi saya tidak menolak doanya, Ammiiinn. Semoga Allah mendengar doa Maz Reza..

    Semangatz Maz..LOL

  42. arhan says:

    tembak mati aja koruptor kelas kakap, biar kapok!

    hehe, ekstrim yah. memang mestinya begitu. kalo ga ya, tetep menjamurrrr…

    coba ada capres yg berani bilang gitu, haha. kayaknya lgsng ada sniper nyusup kamarnya deh, hihi…

    salam kenal juga ;)
    ——————————————————————-
    Masalahnya nanti kita terkena Pelanggaran Hak Asasi Manusia Maz..

    Sebenarnya kalau dipenjara yang benar-benar diperlakukan seperti tahanan yang bisa kok jera, tapi dipenjara kok malah bisa telfon-telfonan sambil transaksi..Hhh…

    Ayo semangat semuanya, mulailah dari diri sendiri..LOL

  43. ayip_eiger says:

    Saat kita menyaksikan praktek KKN memang tragis benar, dan merasa orang tersebut ga menggunakan rasionalitas dalam berpikir dan bertindak. Namun, jika kesempatan itu diberikan kepada kita, bukan hal yang tidak mungkin praktek KKN pun tidak sadar kita lakukan.

    Inti dari keinginan melakukan praktek KKN adalah karena harta. Jadi, mulailah hidup dengan mindset “harta bukan tujuan hidup”. Biasakan itu dari sekarang. Seperti misalnya, mahasiswa yang lulus seharusnya mencari kerja bukan mencari uang. Rezeki adalah takaran yang sudah di atur oleh yang di atas.
    —————————————————————–
    Itu karena sudah menjadi kebiasaan dari kecil Maz, makanya betul kalau kita berkeinginan berubah mulai dari sekarang dan merubah mindset kita Insyaallah..

    Semangat…

  44. dunianyawira says:

    yah..meskipun korupsi itu sudah sama tuanya dengan prostitusi tapi bukan tidak mungkin untuk diberantas :)
    bener mas, semua memang harus dimuali dari sendiri..
    —————————————————————–
    Bebarengan kali ya….

    Siip lah Semangatz…

  45. antokoe™ says:

    KKN yang bikin negara kita remuk. KKN boleh tapi yang profesional, bukan hubungan kekerabatan/perkoncoan, tapi berdasarkan kebutuhan profesional.
    ———————————————————————
    Yach kalo bisa mah KKN dibumihanguskan saja Maz..

    Menurut saya..

  46. piNk says:

    kok ndak ada shout box ny ya?:)
    ga bs komen gmn?~o.O

    salam knal jg :)
    ———————————
    Iyah nich emank di WP itu ga bisa pasang Shoutbox..

    Iyah, aku mau comment kan tapi kok ga bisa sich, bingung Euy…

    Makasih yaw udah mampir in My BLOG…

  47. roemly says:

    thank dah mampir di blogku.. salam kenal juga ya..
    ————————————————
    Yups sami sami Maz..(commenntnya kok ga nyambung yaw he he he)

  48. Boy Macklin says:

    bener yang paling mudah itu merubah diri sendiri… kadang mau keluar dari KKN itu juga susah… dah mau insap malah di tarik lagi… jujur salah… ga jujur tambah dosa… KKN salah… ga KKN juga ga lancar… paling ga enak posisi seperti ini yah… indonesia sudah seharusnya seperti bangsa yang kaya…. menikmati kekayaan alam… bukan korup…

    paling enak… jadi komentator… hehehehehehehe……
    —————————————————————–
    Nah permasalahnnya memang kompleks seperti itu Maz, paling ga muali sekarang juga kita mulai dari diri sendiri dan yang paling penting menanamkan kepada anak-anak..

  49. yummy says:

    coba ja kalo tiap orang di indonesia punya pikiran kaya gini…so pasti indonesia bisa jadi lebih bagus lagi….
    ga papa lah…kata abang kan SEMANGAT!
    —————————————————————-
    Ya makanya kita bisa berkampanye dimulai dari BLOG ini Dex..(bukan kampanye partai low)..

    Semangat lagi…Hohohoho(^O^)

  50. devi says:

    hay kakak kelas…

    eh bneran kakak klsQ ga ya?

    makaciy ya udah sering ngasih coment di blogQ…kayaknya km pengikut setia blogQ deh hehehehe bcnda dink….

    sukses tyuz ya buat karierna…

    salam bwt teh icha n yg laen…
    ————————————————————–
    Hai juga Dex Restaviani..

    Ya dunk bisa dicek kok aku lulusan SMPN 1 BJN tahun 2004..

    Yupz makasih yaw atas doane..

    OK insyaallah disalamin…

  51. Andre says:

    hmm..semoga bisa benar2 terjadi..
    ———————————
    Ya tentunya dibarengi dengan usaha kita juga dunk…

  52. achoey says:

    Yup
    Mulai dari diri kita
    Maka yakinlah Indonesia kan terbebas dari KKN
    Jika setiap insan berusaha menjauhinya

    Mantap sobat
    Harapan itu masih ada :)
    ———————————————–
    Siiip dah dimulai dari diri sendiri ya Maz Achoey…

    He he he Siip lagi dah…(^_^)

  53. boyin says:

    emang sulit kalo dalam situasi kayak pak direktur itu..kalo terlalu lurus ntar malah dia yang ditendang ntar…
    ——————————————————————
    Nah..Susah kan, but seharusnya kita harus memulai dari diri kita sendiri beserta dengan resikonya..

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: