Latihan Dasar Penanggulangan Bencana STKS Bandung 2008

Selesailah sudah LATSAR PB (latihan Dasar Penanggulangan Bencana) STKS Bandung 2008 pada hari Jum’at kemaren. Cuapeeeekkkk buanggeeettt soalnya kegiatan 4 hari tuh full abis dech. Mulai dari hari Selasa pagi berangkat yang diawali dengan Upacara Pembukaan di Lapangan STKS. Dilanjutkan dengan beangkat ke tempat tujuan yaitu PUSDIK BEKANG (Pusat  Pendidikan dan Pelatihan Bekal dan Angkutan)  Cimahi dengan menggunakan truk dan bus TNI AD. Kegiatan yang teramat padat dan menguras tenaga, sampai-sampai waktu buat mandi aja tidak sempet (baik cowo maupun cewe “pasti bau banget he he”) . Waktu 3 hari kerja itu rasanya dah kaya 3 tahun (halah, terlalu didramatisasi) tapi memang aku akui pengalaman ini tak akan terlupakan. Pandangan pertama dengan para Tentara pelatih juga enak kuq, mereka tuh lucu-lucu abiss (bisa bercanda ria maksudnya). Meskipun lucu-lucu tapi mereka tuh udah disiplin banget (salut dech ma mereka). Nah, di sinilah kami mendapatkan pelatihan kedisiplinan serta latihan Penanggulangan Bencana yang nantinya diharapkan kami semua bisa menjadi mahasiswa yang juga bisa membantu menanggulangi bencana, apalagi di akhir acara kami juga telah dikukuhkan sebagai anggota TAGANA (Taruna Siaga Bencana) STKS Bandung oleh Dirjen BANJAMSOS (Bantuan dan Jaminan Sosial) DEPSOS RI. Kami juga berkesempatan bertemu dengan penggagas TAGANA Indonesia, Bpk Andi (Panggilan akrab) yang merupakan Direktur Penanggulangan Bencana DEPSOS RI.  Beliau juga berkenan memberikan materi tentang Penanggulangan Bencana, dan yang paling seru pada saat Beliau memberikan materi, diselingi dengan kuis seputar Penanggulangan Bencana yang tiap pertanyaannya dihadiahi sebesar 50 ribu rupiah, alhasil kami semua semangat menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang dilemparkan (sayang aku ga dapat he he). Diakhir acara juga kami melakukan simulasi Penanggulangan bencana dan mendirikan tenda dengan cepat yang disaksikan oleh Dirjen Banjamsos serta para tamu undangan yang dikomandoi oleh Bpk. Andi sendiri. Wuuuh pokoknya seru abis dech

About these ads
Comments
9 Responses to “Latihan Dasar Penanggulangan Bencana STKS Bandung 2008”
  1. Chairul Anwar Tanjung says:

    mhn bantu,saya butuh buku panduan dan latihan dasar untuk penanganan bencana.
    Saya ingin memberikan latihan dasar kepada adik2 untuk kesiapan jasmani dan mental mereka ketika bencana datang.
    daerah saya sering mengalami longsor jika hujan.

    bantu saya…….?

    • bocahbancar says:

      Hhmm….Sebenarnya saya pernah membaca beberapa buku mengenai penanggulangan bencana di Perpustakaan STKS Bandung yang merupakan sumbangan dari DEPSOS…

      Jika Ada soft copynya, Insyaaallah secepatnya akan saya kirim kan ke email Anda..

      Salam semangat selalu

  2. Baskoro says:

    Untuk semua anggota TAGANA:

    Are You Ready !

    Salam,
    Baskoro
    Pemerhati CBDM
    ————————————
    Yes….

    I’m Ready…(Semangat ’45)

  3. bocahbancar says:

    Owh…
    Gitu yaw..
    Thankz dech buat koreksinya..
    Moga para pembaca lainnya bisa memperoleh informasi yang benar mulai saat ini hehe..

  4. jrit says:

    bos, pa andi bukan direktur Penanggulangan Bencana DEPSOS RI tapi Direktur Bantuan Sosial Korban Bencana Sosial (eselon II) sekarang klo dulu pa andi Kepala Sub Direktorat Tanggap Darurat (eselon III) yang bertanggung jawab ke Direktur Bantuan Sosial Korban Bencana Alam (eselon II).
    Kedua Direktur tersebut satu level dan bertanggungjawab ke Direktur Jenderal Bantuan dan Jaminan Sosial (eselon I), pa andi memang penggagas TAGANA yang diadopsi dari konsep Community Base Disaster Management (CBDM) atau penanggulangan bencana berbasis masyarakat, basiiiiiiiis aja kan lagi tren…..
    konsep tersebut pertama kali dicetuskan oleh pa purnomo dan dimatangkan oleh pa andi sampai sekarang pa andi didaulat menjadi PANGLIMA TAGANA dalam tanda petik, walau secara langsung pa andi tidak berkecimpung tapi ide dan gagasan selalu menjadi inspirasi yang lainnya.
    pa purnomo sekarang menjadi sekretaris utama (eselon I) di badan nasional penanggulangan bencana kepalanya Syamsul Ma’arif

  5. jrit says:

    nee klo mao liat blog kita, maen-maen atuh n kase masukan

  6. Teguh Aditya says:

    Sapa yang gak tau Latsar ngacung

  7. bocahbancar says:

    Yupz..
    Pasti ikut dunk,bahkan dah kutunggu-tunggu low,pelatihan nyatanya TAGANA kaya apa..
    Jadi harapannya bz langsung terjun jika ada bencana..
    Eh btw km klaz pa ne..
    Lam knal aja n tetep ZEMANGAT..

  8. angga says:

    hai…saya jg ikutan lo,di peleton 1
    emg bner cpeknya 4 hari itu,kayak 4 tahun,,tpi hasil yg di terima jg ga bgtu ngecewain amat
    krena itu semua tujuan akhirnya kpd diri qt jg!!!
    yah….cobalah tman2 jgn berfikir dri segi jeleknya,tp berfikir dri segi positifnya…
    ntar kalo ada pelatihan TAGANA lg,,ikutan yah,,,
    ga bakal rugi kok,malahan kalo qt terapin di kehidupan sehari2,,selai dpt pahala,mgkin jg ntar d lokasi ktmu ma jodoh..hahahahaha…….
    (IF THERE IS A WILL,THERE IS A WAY)

Tinggalkan Jejak ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: